11 Makanan Khas Bandung Wajib Kamu Coba

Bandung? Kota yang kaya akan kreatifitas. Banyak anak muda di bandung yang sudah sukses di usia muda karena kreatifitasnya yang selalu jempolan. Bandung adalah kota yang sangat kaya dengan objek wisata alamnya. ada kampung gajah, ranca Upas, kebun teh Malabar, Tangkuban perahu dan lain sebagainya. Lantas bagaimana nih makanannya? Tentu saja Bandung juga sangat kaya akan makanan khasnya. Apa sajakah makan khas Bandung yang enak – enak itu dan wajib kamu cicipi? Ayo baca artikel ini sampai selesai ya.

responsive

11 Makanan Tradisional Khas Bandung

Makanan – makanan yang khas dari Bandung kebanyakan adalah aneka jajan tradisional. Namun jangan salah, walaupun makanan khas Bandung ini tradisional, cita rasanya tak kalah dengan makanan bintang lima.

  1. Seblak
Seblak

Seblak adalah makanan khas Bandung pertama yang wajib kamu coba. Saat ini seblak sudah mulai digandrungi oleh orang – orang karena rasa pedasnya yang nagih. Lagi – lagi rasa pedas memang menjadi andalan masakan orang sunda.

Seblak ini terbuat dari kerupuk yang ditumis dengan irisan cabe dan bumbu masak seperti biasanya. Yang membuat seblak enak adalah tekstur kenyalnya sangat pas dipadukan dengan pedasnya cabe. Pokoknya kalau makan seblak itu bakalan bikin kamu jadi sehah. Alias kepedesan. Tapi pengen lagi.

  1. Surabi Bandung
Surabi Bandung

Tak lengkap rasanya kalau ke Bandung belum menikmati Surabi bandung. Rasanya seperti ada yang kurang gimana gitu. Surabi ini adalah makanan khas bandung yang terbuat dari adonan tepung beras dan dimasak diatas tungku arang. Cara memasak dengan tungku arang inilah yang membuat surabi memiliki citarasa yang khas.

Toping yang biasa dipakai adalah gula merah. Namun demi memenuhi keinginan anak muda sekarang akhirnya makanan khas Bandung yang satu ini berinovasi dengan menambahkan aneka toping lain selain gula merah. Kamu bisa merasakan surabi Bandung dengan rasa coklat, keju, susu, telur bahkan sosispun sudah ada. Buruan deh coba daripada penasaran.

  1. Cilok dan cireng
Cilok, instagram @2elsignature

Cilok dan cireng adalah makanan khas yang terbuat dari aci. Cilok itu singkatan dari Aci Dicolok (ditusuk) sedangkan cireng itu singkatan dari Aci Digoreng. Unik bukan. Biasa saking kreatifnya dan gak mau ribet – ribet ngasih nama kebanyakan kuliner Bandung disingkat singkat seperti itu.

Bentuknya biasanya adalah bulat. Sampai hari ini juga sepertinya cilok dan cireng masih bulat. Untuk Cilok terbuat dari Aci yang direbus sampai matang setelah itu ditusuk seperti sate dan siap dimakan dengan tambahan bumbu kacang ataupun saus. Sedangkan cireng terbuat dari adonan tepung tapioka yang dibentuk bulat, direbus juga lalu dipotong setelah itu digoreng.

  1. Misro dan Combro
Combro, instagram @lylaandalucia

Ini juga pemberian namanya pakai singkatan. Singkatan dari misro adalah amis di jero ( manis di dalam). Untuk Combro adalah Oncom di jero (Oncom di dalam). Perbedaan misro dan combro adalah rasanya. Kalau misro itu manis karena yang ada di dalamnya adalah gula. Sedangkan combro itu pedas karena isinya adalah oncom. Dua makanan khas Bandung ini terbuat dari singkong yang diparut kemudian dibentuk bulat dan ditengahnya diisi gula atau oncom. Setelah itu digoreng dan siap disantap.

  1. Batagor
Batagor bandung

Lagi – lagi masih dari jajanan ataupun makanan tradisional. batagor ini sekarang bisa dijumpai dimana saja namun kalau mau merasakan rasa batagor yang sebenarnya maka Bandunglah jawabannya. Tahu gak batagor itu singkatan apalagi? Batagor itu adalah singkatan dari Bakso tahu goreng. Rasanya makin nikmat saat sudah dituang dengan bumbu kacang. Mangnyoss.

Baca juga: Maja House Bandung – Resto Wajib Saat ke Bandung

  1. Bajigur dan Bandrek
Minuman bandrek bandung

Kali ini bukan makana tapi minuman. Bajigur dan Bandrek adalah minuman yang sangat cocok diminum disaat dingin karena terbuat dari rempah alami. Bajigur terbuat dari jahe dan vanilli sedangkan bandrek terbuat dari jahe ditambah lada serta gula jawa. Pedasnya benar – benar cocok dimulut dan menghangatkan perut.

  1. Colenak
Colenak bandung, instagram @fathiinzhr

Dicocol enak itulah colenak. Masih nama yang terbuat dari singkatan. Colenak ini terbuat dari tape singkong yang dibakar. Disajikan dengan parutan kelapa dan saus gula merah. Cocol ke saus gula, masukan kemulut dan kamu akan bilang enakkk.

  1. Es Goyobod
Es goyobod

Minuman khas Bandung yang terbuat dari santan dengan isi kolang kaling, ketan hitam, olahan sagu yang dipotong kecil kecil, kelapa muda, tape dan buah alpukat. Masih ditambah dengan susu kental dan es serut rasanya benar – benar menyegarkan dan sangat pas diminum disaat panas.

Nah itulah 11 makanan khas Bandung yang wajib kamu coba. Kalau kamu baca Cuma ada 8 maka coba baca lagi yah. Ayo buruang angkut kopermu ke Bandung dan nikmati makana khas dari Bandung ini. Kalau ada makan lain yang kamu rekomendasikan, bagi infonya di kolom komentar yah.