Air Terjun Maribaya Bandung, Air Terjun Penuh Mitos

Bandung lagi – lagi Bandung. Kota Paris van Java ini memang gudangnya wisata alam. Banyak sekali wisata alam Bandung yang begitu asri dan masih terawat sampai hari ini. Salah satu objek wisata alam yang sering jadi favorit wisatawan selain Trans Studio Bandung dan Kawah putih adalah air terjun maribaya Bandung ini.

responsive

Maribaya Bandung ini sendiri merupakan bagian dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang berlokasi di jalan Maribaya, Lembang, Bandung barat. Kalau kamu dari kota Bandung jaraknya kurang lebih hanya 15 km saja. Kalau kamu sudah berada di kota lembang, jarak ke Maribaya Bandung hanya tinggal 5 km saja.

Pesona Air Terjun Maribaya Bandung

Saat pertam menginjakkan kaki di Maribaya Bandung kamu akan disambut dengan gemericik suara air terjun yang sangat enak di telinga. Udaranya juga sangat sangat menyegarkan sekali, pepohonannya juga masih sangat rindang. Air terjunnya juga masih sangat jernih tidak terkontaminasi oleh sampah – sampah.

Air Terjun Maribaya, instagram @lenny_ajjah

Pesona maribaya Bandung yang menenangkan ini benar – benar bisa membuat kamu betah berada di Maribaya. Kalau kamu mau foto – foto banyak view – view yang sangat keren dan eksotis. Air terjun maribaya Bandung yang masih alami ini sangat cocok sekali untuk kamu yang ingin berlibur bersama keluarga. Apalagi kalau kamu adalah tipe orang yang super sibuk, pergi ke air terjun maribaya bandung benar – benar bisa membuat otak kamu refresh dan segar kembali karena pesona alamnya memang sungguh memukau dan membelalakan mata.

Ada sebuah jembatan di depan air terjun, namanya jembatan maribaya. Melihat air terjun dari jembatan maribaya ini, gimana rasanya? Pastinya hanya akan kamu ketahui kalau sudah pernah pergi ke maribaya Bandung ini. Makanya buruan deh datang ke mari kalau ingin tahu rasanya seperti apa.

Apa Yang Bisa dilakukan di Maribaya Bandung

Untuk kamu yang suka sekali dengan tracking atau berjalan – jalan sambil menikmati pesona alam, kamu pasti akan senang sekali melakukan tracking di Maribaya Bandung ini. Banyak hal yang bisa kamu amati selama melakukan tracking. Tracking ini dimulai dari taman raya Djuanda.

Tempat yang akan kamu lalu pertama kali dari gerbang taman Djuanda adalah gua Jepang dan gua Belanda. Gua peninggalan jaman penjajahan dulu. Kalau kamu mau masuk ke dalam gua jangan lupa bawa senter yah, atau boleh juga sewa sama si mamang yang nyewain senter.

Wisata Menarik Lainnya: Pantai Parangtritis; Pantainya Manusia Abadi.

Kalau lelah bisa istirahat dulu sambil minum kopi atau minum bandrek haneut ditambah jagung bakar ataupun bala – bala dan gorengan lainnya yang merupakan makana khas bandung banget.

Setiap hari libur dan akhir pekan banyak sekali yang memilih untuk datang ke Maribaya Bandung dengan jalur tracking ini jadi pastinya akan sangat ramai kalau kamu tracking dihari – hari itu.

Selain tracking kamu juga bisa piknik di maribaya bandung ini. Tinggal kamu sewa tikar dan buka bekal yang sudah dibawa dari rumah. Pokoknya piknik ditemani pemandangan alam dan air terjun akan sangat indah dan berasa sedang di masa sebelum semua serba canggih seperti sekarang ini.

Mitos dan Asal Muasal Maribaya Bandung

Konon ceritanya di kaki Gunung Masingit ada sebuah desa yang terledak diantara dua sungai. Diperkampungan itu ada seorang gadis yang sangat cantik. Gadis itu bernama Maribaya. Karena kecantikannya, banyak pemuda yang terpikat dan terpesona kepada Maribaya.

Sang ayah Eyang Raksa Dinata merasa khawatir kalau nantinya, kecantikan dari Maribaya bisa mendatangkan malapetaka bagi desa. Akhirnya, dia memutuskan untuk bertapa di Gunung kangkuban perahu demi memperoleh wangsit. Selesai bertapa dan memperoleh wangsit sang ayah pulang kembali untuk menjalankan wangsit tersebut.

Perintahnya adalah dia harus menumpkan bokoh, dari lokasi ditumpahkannya bokoh itu muncullah sumber air panas bercampur belerang. Setelah itu sang Eyang Raksa akhirnya merawat tempat itu sebagai tempat pengobatna. Saking ramainya akhirnya dia mendapatkan berkah juga dari sumber air panas tersebut.

Harga Tiket masuk Maribaya Bandung

Untuk harga tiket masuk per orangnya adalah Rp 8.000. kalau kamu mau mandi dan berendam di pemandian air panasnya kamu harus membayar lagi sebesar Rp 5.000 bagi yang sudah dewasa dan Rp 2.500 bagi yang masih anak – anak.

Jam Buka Maribaya Bandung

Lokasi wisata alam Bandung yang mempeson dan indah ini buka setiap harinya mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Itulah ulasan mengenai Air terjun Maribaya Bandung yang sangat mempesona sekali. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin berwisata di Bandung. Selamat berwisata dan bersenang – senang.