Goa Pindul Jogja, Tempat Paling Wajib Dikunjungi!

Welcome to Jogjakarta! Kalau kamu ke Yogyakarta ga datang ke Goa Pindul Jogja, berarti kamu belum dapat sertifikat kalau kamu pernah datang ke Jogja! Hehe..

responsive

Goa pindul adalah wisata paling seru yang ada di Jogja. Paling seru kalau datang kesini bareng temen-temen. Karena disini kita akan bermain air menggunakan ban besar yang sudah disediakan oleh pengurus sekitar.

Wisata goa pindul, sumber: panduanwisata.id

Spesifikasi Wisata Goa Pindul Jogja

Di wisata goa pindul ini kamu bukan cuma bisa mengunjungi goa pindul saja, tapi kamu juga bisa menikmati wisata sungai oyo dan goa gelatik. Di sana sudah ada yang akan memandu kamu untuk mengunjungi lokasi-lokasi ini. Kamu juga bisa memilih mau ke goa pindul saja, ke sungai oyo saja, atau bisa juga sekaligus semuanya.

Kalau kamu mau mengunjungi semua tempat ini, ada baiknya kamu sampai ke lokasi sekitar jam 2. FYI, kalau kamu berangkat dari Jogja, kamu akan menempuh waktu perjalanan kurang lebih selama 2 jam.

Kalau kamu wisatawan domestik, kamu akan dikenakan biaya sekitar 30.000 – 35.000 untuk 1 lokasinya. Kalau kamu bule, kamu akan dikenakan biaya sekitar 50.000 perlokasinya.

Info penting terkait: 10 Hotel Murah Jogja Yang Cocok Untuk Backpacker

Persiapan Menuju Goa Pindul

Kalau kamu mau ke Goa pindul sebaiknya kamu persiapkan mental kamu, karena disini kamu akan mengalami sedikit pelonjakan emosi yang akan membuat kamu bahagia 😀

Selain mendapatkan kebahagiaan yang berlebih, disini adrenalin kamu juga terpacu karena kamu akan ditantang oleh pemandu wisata untuk melompati tebing yang tingginya mirip gedung-gedung tinggi yang ada di Jogja. (FYI: Di Jogja ga boleh bangun gedung tinggi-tinggi banget).

Oke, yang harus dipersiapkan untuk datang ke Goa pindul adalah baju renang atau baju yang sudah disiapkan untuk dipakai basah-basahan. Bajunya ga harus baju renang beneran kok. Kaos oblong dan celana pendek hawai aja sudah cukup.

Selain itu kamu juga persiapkan handuk, peralatan mandi, dan baju ganti untuk nanti kamu pakai setelah mandi. Buat yang ngerokok, jangan lupa dibawa persediaan rokoknya. Karena tempat ini cocok banget untuk dinikmati sambil menghisap sebatang rokok 😀

Goa pindul jogja, sumber: goapindul.com

Keindahan Alam Goa Pindul

Sungguh menyesal orang-orang yang datang ke Jogja tapi tidak berkunjung ke Goa Pindul. Di Goa Pindul kamu akan menemukan keindahan alam yang luar biasa.

Kalau kamu pernah menonton film Sanctum, di goa pindul kamu akan merasakan seakan-akan menjadi Josh pemeran utama film ini yang menyelusuri Goa bawah tanah yang berada di Papua New Guini.

Di dalam goa kamu akan menemukan 3 zona, yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Di zona gelap ini merupakan area kegelapan abadi dimana tidak pernah sama sekali disentuh oleh cahaya matahari. Disini kamu akan menemukan banyak kelelawar bergelantungan di langit-langit Goa.

Di dalam Goa kamu juga akan menemukan pemandangan yang luar biasa, dimana di salah satu area di dalam Goa terdapat lobang di bagian langit-langit yang membuat area ini seakan-akan disenter dari langit. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut:

Sejarah Dan Legenda Goa Pindul

Goa Pindul merupakan tempat wisata yang tergolong masih baru. Karena tempat wisata ini baru di resmikan oleh bupati Gunungkidul pada tahun 2010.

Awalnya Goa ini adalah sebuah Goa yang tidak terawat yang berisi ribuan ekor kelelawar. Lalu penduduk sekitar dan dibantu oleh mahasiswa yang sedang KKN di desa Beji bekerjasama untuk membersihkan tempat ini dengan cara menyusuri sungai bawah tanah di dalam Goa.

Menurut legenda, warga setempat mempercayai sebuah kisah tentang perjalanan Joko Singlulung yang menyusuri hutan lebat , sungai, dan Goa-Goa yang ada di Jogja. Perjalanan Joko dimulai dari pantai sekitar Jogja, menyusuri 7 Goa untuk mencari ayahnya sampai pada suatu saat kepala Joko Singlulung terbentur dengan sebuah batu besar yang ada di dalam Goa. Lalu kemudian penduduk di kala itu menamai Goa ini dengan sebutan Goa Pindul yang berasal dari bahasa jawa yaitu “Pipi Gebendul” yang berarti pipi bengkak karena terbentur.

Itulah review lengkap dan sedikit guide tentang wisata Goa Pindul. Kalau kamu punya informasi lain tentang wisata Goa Pindul Jogja ini, silahkan tinggalkan komentar kamu agar bisa bermanfaat untuk yang lain.