Gudeg Pawon, Kuliner Jogja yang Hanya Bisa Dijumpai Setiap Dini Hari

Jogja memang dikenal dengan kota gudeg. Berbagai macam jenis gudeg sudah sangat dikenal di Jogja. Ada Gudeg Yu Djum, Gudeg Yu Mar bahkan saat ini gudeg sudah mulai dikemas ke dalam bentuk kalengan layaknya sarden.

responsive

Akan tetapi ada satu gudeg fenomenal yang selalu diburu oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Namanya gudeg pawon. Untuk dapat menikmati dan merasakan sensasi rasa yang ditawarkan oleh gudeg pawon kamu harus rela untuk datang ke lokasi pada pukul 10 malam. Karena memang jam bukanya adalah malam hari sampai pagi hari saja. Sehingga gudeg ini memang hanya bisa dijumpai setiap dini hari saja. Gudeg ini dijual langsung ditempat dimana gudeg ini dibuat yaitu di pawon.

Gudeg pawon jogja, instagram @inawatiadji

Tantangan selanjutnya yang akan kamu jumpai untuk menikmati gudeg pawon adalah sabar mengantri karena setiap malam selalu banyak orang yang datang untuk bisa menikmati gudeg pawon. Oh ya pawon itu adalah dapur. Gudeg pawon ini memang gudeg yang bisa kamu ambil langsung dari pawon alias dapurnya langsung. Jadi untuk mencari aman sebaiknya kamu datang satu atau dua jam sebelum buka agar kamu dapat antrian yang pertama.

Lokasi gudeg pawon ini cukup sulit untuk dicari karena kamu harus masuk ke perkampungan. Untuk rute mudahnya dari jalan Kusumanegara Jogjakarta, kamu ambil jalan menuju arah janturan. setelah itu ambil arah selatan dan lurus terus sampai kamu menjumpai kampus UTY bahasa Inggris. Sekitar 300 meter dari kampus kamu akan menjumpai papan nama bertuliskan Gudeg Pawon.

Cari Hotel di Jogja? 10 Hotel Murah Jogja Yang Cocok Untuk Backpacker

Bagi kamu yang ingin menikmati gudeg pawon sangat disarankan untuk makan malam terlebih dahulu karena antrian yang sangat panjang akan membuat kamu lapar duluan. Serius. Motif orang – orang datang ke gudeg pawon lebih untuk memenuhi rasa penasaran mereka akan cita rasa makanan yang selalu habis dalam waktu yang cepat. Buka pukul 10 malam dan sudah bisa habis sekitar pukul 1 pagi. Namun ada juga yang memang datang ke gudeg pawon untuk mengisi kembali perut mereka yang memang sudah keroncongan dan butuh untuk diisi kembali. Walaupun tengah malam tetap saja gudeg pawon selalu saja dipenuhi oleh orang – orang.

Antrian gudeg pawon, instagram @gudegpawonyogya

Saat ini gudeg pawon dijual dengan harga mulai dari 18.000 sampai 22.000 per porsinya. Resep gudeg pawon masih terjaga sampai hari ini. Untuk yang ingin mendapatkan gudeg dengan daging kamu harus rela untuk antri lebih lama lagi karena permintaannya cukup tinggi.

Untuk yang membawa kendaraan, tak perlu khawatir karena tempat parkir yang disediakan luas dan aman. Tarifnya juga masih murah, cukup 1.000 per motor. Jadi tenag saja dan nimatilah gudeg pawon dengan tenang.

Untuk yang berkunjung ke Jogjakarta hanya dalam waktu sehari dua hari mungkin akan kesulitan untuk menikmati gudeg pawon karena keterbatasan waktu. Jadi ketika kamu berkunjung ke Jogja selama minimal satu minggu, sangat disarankan untuk mencoba gudeg pawon agar kamu bisa menikmati pengalaman yang tidak akan terlupakan dari Jogjakarta.

Untuk para mahasiswa yang berasal dari luar Jogja, jangan sampai kamu meninggalkan Jogja kembali tapi tidak pernah merasakan gudeg pawon. Kamu pasti akan mengalami penyesalan yang sangat dalam. Selagi kamu masih di Jogja sempatkanlah untuk mencoba kuliner Jogjakarta yang satu ini.

Sudah tak sabar kan untuk bisa menikmati gudeg pawon, buruan datang saja ke lokasinya dan sekali lagi datanglah lebih awal jika tidak ingin mengantri terlalu lama. Atau boleh saja datang pas jam buka kalau memang ingin merasakan sensai ketika sedang antri.