Menyalakan Nyali di Goa Jomblang

Objek wisata satu ini masih berada di kawasan Gunungkidul. Seperti yang kita tahu, Gunungkidul memang terkenal dan enggak pernah menyerah memberikan tempat-tempat wisata yang menyajikan panorama eksotis nan indah dan dapat dinikmati dari sudut pandang manapun dan apapun. Mulai dari mata memandang, hidung menghirup napas sampai seluruh tubuh yang dijatuhkan ke air laut. Tetapi, kali ini kita akan membahas salah satunya yang antimainstream; Yak. Goa. Buat kamu yang suka tantangan, adrenalin atau susur goa, jangan sampai melewati objek wisata satu ini.

responsive

Goa Jomblang adalah Goa yang memiliki bentuk vertical alias garis lurus. Goa ini tercipta karena adanya suatu hal, kejadian atau peristiwa yang membuat tanah amblas sampai ke dasar bumi beserta tumbuhan atau hutan lebat di atasnya. Jadi, karena fenomena alam itulah terbentuk sumuran yang menganga. Kalau orang Jawa, biasa menyebutnya dengan ungkapan “luweng”. Enggak heran kalo tempat wisata ini juga disebut Luweng Jomblang. Goa ini memiliki ketinggian yang beragam, mulai dari berkisar 40 meter sampai 80 meter dari puncak atau bibir ke paling dasar Goa.

Goa jomblang, instagram @kokowahyu01

Kalau kamu tertarik untuk susur objek wisata satu ini, ada beberapa lintasan yang harus kamu lewati di Goa Jomblang ini untuk sampai ke paling dasar. Lintasan pertama, yang biasa disebut lintasan VIP atau lintasan yang paling pendek dengan jarak hanya berkisar 15 meter berupa slope. Lintasan ini bisa dilalui hanya dengan berjalan kaki. Selanjutnya, di lintasan kedua, kamu akan dibantu tali sepanjang kurang lebih 20 meter, yang tentunya mesti memiliki atau menguasai teknik tali tunggal, biasa disebut dengan Single Rope Technique (perlengkapannya terdiri dari; chest harness, seat harness, ascender, auto descender, footlop, jammer, carabiner, dan lain sebagainya).

Atau bagi kamu yang masih pemula, untuk memudahkan susur Goa Jomblang ini, kami sarankan untuk mengambil paket cave tubing yang telah disediakan oleh sekelompok para penikmat caving di Goa Jomblang ini. Agar kamu mendapat pendamping ahli dari penelusur goa yang sudah berpengalaman. Nanti, ketika kamu menjelajah Goa ini, kamu wajib mengenakan perlengkapan, seperti satu set SRT, sepatu boot, helm, lampu kepala, coverall dan lain sebagainya.

Setelah Kamu berada di dasar Goa, kamu akan melihat hutan purba yang hijau dan rimbun. Beberapa tumbuhan, seperti aneka lumut, semak, paku-pakuan dan lain sebagainya. Udara di sini sejuk lagi meneduhkan. Jika kamu beruntung, aka nada cahaya matahari menembus tumbuhan dan turun ke lubang goa, menimpa batu kordin putih dari tetesan air di langit atap Goa selama ribuan tahun. Cahaya inilah yang dinamakan “cahaya surgawi”. Enggak heran, Goa Jomblang ini menjadi area uji adrenalin yang telah diakui dunia. Pernah di tahun 2011, Goa Jomblang ini diselenggarakan event “Amazing Race America.”

Wisata Menarik Lainnya: Bukit Bintang Jogja; Melihat Bintang Lahir di Bawah Langit

Biasanya susur Goa Jomblang ini dilanjutkan sekaligus dengan susur Goa Grubug yang masih berada sejalur dengannya. Kamu akan dibawa melewati lorong gelap sepanjang 300 meter. Tapi dalam kegelapan itu, kengerian kamu tiba-tiba hilang diganti oleh pemandangan berbagai ornament indah dan cantik yang menghiasi lorong Goa Grubug ini.

Tips Berwisata di Goa Jomblang

Ada beberapa tips yang bisa kami berikan untuk kamu yang ingin berkunjung ke sini, antara lain;

  1. Persiapkan stamina dan energy yang benar-benar cukup.
  2. Jangan membawa rombongan yang berjumlah lebih dari 25 orang. Karena, menjelajah goa ini dibatasi sampai 25 orang saja, enggak boleh lebih. Peraturan itu dibuat untuk menjaga ekosistem dan kondisi Goa.
  3. Disarankan sampai ke dasar Goa pada pukul 10.00 – 12.00. Karena, itu adalah waktu terbaik dan pas untuk menikmati keindahan Goa ini saat matahari sedang cerah-cerahnya (baca; enggak turun hujan).

Alamat Objek Wisata Goa Jomblang

Goa Jomblang bisa kamu temui di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta – Indonesia.

Jika kamu dari Jogja bisa melewati; Kota Jogja – Terminal Giwangan – Wonosari – Kecamatan Semanu.

Biaya Masuk Objek Wisata Goa Jomblang

Enggak ada biaya tiket masuk objek wisata satu ini. Kecuali, jika kamu menggunakan jasa tour, dikenakan biaya sebesar Rp. 450.000 rupiah. Biaya itu sudah termasuk biaya antar jemput kamu dari jalan Wonosari – Semanu, makan siang, minum, peminjaman alat-alat atau perlengkepan masuk Goa dan keamanan yang terjaga.

Cat; Gratis bagi kamu atau kenalan teman anak mahasiswa pecinta alam (MAPALA) dan memiliki peralatan SRT lengkap. Tapi, sebelumnya, kamu harus mengajukan izin ke kepala desa setempat. Kepala dukuh akan dengan senang hati menyambut kamu dengan minuman hangat. Kamu juga boleh menitipkan barang-barangmu di sini dan membersihkan tubuh sehabis susur Goa.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk menjelajah Goa Jomblang ini? Sebelum itu, nyalakan nyali kamu yang cukup, agar segala-galanya bisa dilalui dengan aman. Selamat berwisata di Goa Jomblang, ya…