Oseng – Oseng Mercon Bu Narti Jogja Pedasnya Kaya Neraka

Masakan yang pedas memang selalu jadi favorit banyak orang. Biasanya makan pedas itu datang dari daerah jawa barat. Namun kali ini masakan pedas yang bisa meledakkan mulut datang dari kota Gudeg Jogja. Masakan jawa biasanya tidak identik dengan yang pedasnya bikin gila.

responsive
Oseng oseng mercon bu narti

Kalau kamu bukan masuk dalam tipe orang yang suka kuliner pedas, jangan deh coba – coba untuk makan Oseng Oseng Mercon ini karena dijamin kamu akan nangis karena pedasnya yang emang kaya petasan. Bisa meledak dimulut.

Sejarah Oseng – Oseng Mercon

Orang yang pertama kali memperkenalkan oseng – oseng mercon adalah bu Narti. Pertama kali berdiri pada tahun 1998. Saat itu Indonesia sedang dalam krisis ekonomi. Untuk menyambung hidup setelah ditinggal mati oleh sang Suami Akhirnya Bu Narti mencoba untuk membuat oseng – oseng yang lain dari yang lain. Berkat keuletannya itu saat ini oseng – oseng mercon sudah dikenal oleh semua orang dan menjadi salah satu kuliner khas Jogja yang wajib kamu coba. Kalau punya nyali.

Orang yang memberikan nama oseng – oseng ini dengan Oseng – Oseng Mercon adalah Cak Nun. Seorang budayawan yang sudah terkenal. Beliau sering makan oseng – oseng ini dan karena rasa pedasnya yang bisa meledak dimulut kemudian beliau memberi nama makanan ini oseng – oseng mercon.

Sensasi makan Oseng – Oseng Mercon

Hal pertama yang akan terjadi pada dirimu ketika memakan oseng – oseng mercon adalah keluar keringat yang banyak. Setelah itu mata melotot dan muka memerah dan hidung tidak hentinya mengeluarkan cairan. Pokoknya rasa pedasnya memang gak main – main.

Tahukan sama mercon? Bahasa indonesianya adalah petasan. Yang selalu ada kalau masuk bulan ramadhan dan hari raya imlek. Bagaimana bunyinya? Nah seperti itulah yang akan kamu rasakan dimulut saat kamu menyantap oseng – oseng mercon. Hanya yang tahan pedas yang bisa menghabiskan oseng – oseng mercon dalam satu porsi.

Kalau kamu melihat bentuknya kamu gak bakalan menemukan keanehan dari oseng – oseng mercon. Apalagi hanya disajikan bersama dengan nasi putih. Tapi ingat jangan nilai dari bentuknya yah tapi dari rasanya.

Selain pedas rasa lainnya juga terasa. Benar – benar makanan yang kaya bumbu. Sangat cocok disantap ketika kamu ingin berkeringat tanpa berolahraga. Hehe. Tapi ingat jangan kebanyakan kalau gak mau kesiksa nantinya.

Lokasi oseng – Oseng Mercon Bu Narti Jogja

Oseng – oseng mercon tidak ada di rumah makan mewah hanya kuliner pinggir jalan namun tidak kalah ramai dengan rumah makan besar. Lokasinya ada di Jl. KH ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta.

Kalau kamu bingung tinggal tanya penduduk sekitar oseng – oseng mercon bu Narti.

Resep Oseng – Oseng Mercon

Kali ini Angper juga akan bagikan resepnya buat kamu yang mungkin ingin mencoba sendiri memasaka oseng – oseng mercon. Berikut bahan bahan dan cara masaknya khusus untuk kamu.

Bahan – Bahan

  • 50 gram tetelan daging sapi yang sudah dicuci bersih dan di iris dengan ukuran yang kecil kecil
  • 30 ml air matang
  • 5 gram gula merah
  • 3 cm lengkuas yang sudah digepruk
  • 5 sendok makan minyak goreng
  • Garam secukupnya
  • Dan kecap

Bunbu Halus

  • 200 gram cabe rawit asli
  • 50 gram cabe merah kriting
  • 5 siung bawang putih
  • 10 butir bawang merah
  • 2 cm jahe
  • Pelengkap ; Bawang goreng

Cara membuat oseng – Oseng Mercon

  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, salam dan lengkuas sampai keluar bau harum.
  2. Masukan tetelan daging sapi lal aduk hingga merata.
  3. Kemudian tuangkan air matang dan masak hingga daging sapinya empuk.
  4. Masukan gula merah, garam dan kecap.
  5. Aduk aduk terus sampai bumbunya meresap
  6. Angkat dan siap dihidangkan

Itulah resep oseng – oseng mercon yang bisa kamu praktekan di rumah. Rasanya bagimana? Kalau masih belum puas maka kamu wajib untuk datang ke Jogja dan makan langsung oseng – oseng mercon di yang empunya resep. Dijamin bakal ketagihan.

Demikianlah ulasan mengenai kuliner pedas khas Jogja Oseng Oseng Mecon Bu Narti yang pedasnya nagih. Ayo kemasi barang kamu dan angkut koper kamu ke Jogja sekarang. Selamat berwisata.