Pantai Parangtritis, Pantainya Manusia Abadi.

Pantai Prangtritis adalah pantainya Jogja yang amat tenar sampai belahan Negara mana pun. Tempat ini cocok untuk kamu yang sedang menikmati liburan atau berwisata dan berburu matahari tenggelam. Karena soal sunset di pantai ini, enggak diragukan lagi keindahannya. Kamu bakal nahan napas sejenak saat menyaksikan panorama yang mempesona itu dari pantai ini.

responsive
Pantai parangtritis, instagram @tirtaperwitasari

Ngomongin Pantai Parangtritis enggak bakal ketinggalan mengenai legenda tempat ini. Konon katanya, di pantai Parangtritis ini adalah tempat atau gerbang kerajaan gaib Ratu Kdiul. Siapa ia? Menurut legenda yang pernah dikisahkan, bahwa Ratu Kidul ialah manusia abadi yang menguasai pantai atau laut selatan ini. Dulu, ada sebuah penginapan yang amat populer untuk dijadikan view pantai selatan ini, namanya Hotel Queen of The South. Dari penginapan itu kita bisa lebih jelas menikmati panorama alam dan maha indah ciptaan Tuhan berupa pantai ini. Tapi, sayangnya penginapan itu sudah jarang dibuka. Entah karena apa.

Hal Yang Tersembunyi Di Pantai Parangtritis

Kalau kamu mengunjungi pantai ini, ada sebuah reruntuhan candi yang tersembunyi. Belum banyak orang yang tahu, memang. Tempat ini berada di sebelah timur tebing. Nama candinya ialah Candi Gembirawati. Tepatnya, kurang lebih beberapa ratus kilometer dari bibir pantai Parangtritis. Kalau kamu mau ke sini, kamu bisa melewati jalan menanjak dekat Hotel Queen Of The South, kemudian kembali berjalan setapak ke arah barat kurang lebih 100 meter. Di sana, tempatnya indah dan sangat khas. Udara yang sejuk bercampur debur ombak yang menggetarkan membuat kamu betah berlama-lama dan tentunya berfoto.

Fasilitas Yang Disediakan Pantai Parangtritis

Seperti yang kita tahu, ombak lautnya pantai ini sangat ganas, tak hayal kita para wisatawan yang sedang berlibur dilarang untuk mandi di pantai ini. Yap. Untuk kewaspadaan dan agar tak terjadi hal yang diinginkan. Tapi, enggak perlu khawatir, karena pantai parangtritis ini memiliki beberapa wahana yang enggak kalah seru dan menghibur, antara lain;

ATV pantai parangtritis
  1. Kereta Kuda

Kalau kamu ingin bersantai mengelilingi sekitar pantai Parangtritis, coba untuk menyewa kereta kuda beroda dua ini. Kamu bisa menyusuri pasir pantai yang disapu ombak, menuju tempat gugusan karang yang sangat indah, atau menciptakan bayangan siluet dari matahari tenggelam untuk mengabadikan foto atau moment indah kebersamaan kamu dan teman, keluarga atau pasangan.

  1. ATV (All Terrain Vehicle)

Untuk kamu yang berjiwa petualang dan menyukai adrenalin, coba untuk menyewa ATV ini. Dengan membayar Rp. 50.000 – Rp. 100.000 aja, kamu bisa menyusuri dan melesat cepat melintasi gundukan pasir pantai yang menantang selama setengah jam. Motor roda empat ini sangat seru untuk kamu coba.

  1. Bermain Layang-layang

Bermain layang-layang di pantai bukan hal yang mengherankan lagi. Apalagi di pantai Prangtritis. Sensasi menerbangkan laying-layang di pantai ini membuat kamu akan bernostalgia dan pergi masa paling lalu. Saat kamu masih berusia tak lebih dari anak SMP. Apalagi kalau bermain laying-layang bersama anak kamu.

  1. Penginapan yang terjangkau

Di kawasan pantai Parangtritis ini menyediakan berbagai macam penginapan atau hotel dengan harga yang juga bervariasi. Ada yang terletak di bukit dengan view pemandangan pantai dan lain sebagainya.

  1. Berbagai macam oleh-oleh atau souvenir

Di sini juga kamu bisa mendapatkan oleh-oleh khas Jogja atau Bantul. Mulai dari makanan sampai cinderamata. Mulai dari toko-toko sampai warung makan dan lain sebagainya.

  1. Tempat Ibadah

Enggak perlu khawatir untuk sarana ibadah. Di area parkir terdapat satu musholla yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan ibadah yang dilengkapi dengan tempat wudhu juga kamar mandi.

Di Pantai Parangtritis ini, kalau kamu kurang puas mengabadikan matahari terbenam, kamu juga bisa bermalam di sini untuk mendapatkan matahari terbit atau sunrise. Karena biasanya, pada malam hari di pantai Parangtritis ini sudah banyak didatangi penjual jagung bakar yang membuka lapak di sekitar pantai.

Jadi, kurang nikmat dan seru apalagi malam harimu di sini sambil menikmati jagung bakar dan bulan, bintang yang amat terang benderang daripada yang terlihat di kota?

Wisata Menarik Lainnya: Indahnya Tarian Lumba – Lumba Di Pantai Lovina

Membongkar Misteri Hilangnya Pengunjung Di Pantai Parangtritis

Dulu, banyak kabar yang memberitakan hilangnya beberapa wisatawan di Pantai Parangtritis ini karena hal-hal mistis. Namun, para praktisi ilmu kebumian membantah mengenai perihal itu. Bahwa, hilangnya beberapa wisatawan itu akibat terseret rip current, yang memiliki kecepatan sampai kurang lebih 80 km per jam. Arus balik itu enggak cuma kuat, tapi tragisnya, mematikan juga.

Arus balik ini apa, ya? Arus balik itu aliran air gelombang atau ombak yang membentur pantai dan kembali lagi ke laut. Arus itu bisa kuat karena biasanya adalah dampak akumulasi pertemuan dua atau lebih gelombang yang datang. Oleh karena itu, arus balik ini terjadi bisa begitu cepat. Bahkan menurut para ahli, enggak lebih dari satu detik. Dan yang harus kamu tahu, arus balik ini enggak cuma ada di satu tempat, tapi ia juga bisa berpindah-pindah tempat. Jadi, tetap hati-hati, ya. Karena itu, petugas pantai Parangtritis sering mengingatkan untuk berhati-hati dan enggak boleh mandi terlalu jauh dari bibir pantai.

Lokasi Pantai Parangtritis

Kamu bisa menemui Pantai Parangtritis di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul Yogyakarta atau lebih tepatnya terletak sekitar 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta.

Ada dua cara untuk mencapai pantai ini;

Pertama, dari jalur Jogja menuju Jl. Parangtritis kemudian Kretek dan sampai ke Pantai Parangtritis.

Kedua, dari Jogja ke Imogiri kemudian Parangtritis.

 Tips Berwisata di Pantai Parangtritis

Kalau kamu penasaran dan memilih berwisata di sini, sebaiknya;

  1. Bawa sandal jepit. Kenapa? Karena jalan berpasir untuk menuju pantai dan ombak cukup panas di telapak kaki.
  2. Bawa Topi dan kacamata hitam agar kulit kamu enggak terlalu gosong juga menghindari sengatan atau silaunya terik matahari pada siang hari.
  3. Tentu saja bawa peralatan mandi agar kamu enggak kerepotan lagi untuk mencari dan membeli peralatan tersebut.

Harga Tiket Yang Ditawarkan

Harga tiket masuk Pantai Parangtritis yang ditawarkan terbagi menjadi berbagai macam, di antaranya;

  • Per Orang; Rp. 3.000 rupiah.
  • Motor; Rp. 1.000 rupiah.
  • Mobil; Rp. 5.000 rupiah.
  • Parkir Motor; Rp. 2.000 rupiah.
  • Parkir Mobil; Rp. 5.000 rupiah.

Dibuka 24 jam. Tapi, pintu masuk dijaga pada jam; 07.00 – 21.00 Wib.