Penting! Ternyata Pantai Indrayanti itu…

Inilah pantai paling tenar dan banyak dikunjungi wisatawan yang sering disebut-sebut sebagai pantai romantis dan memiliki keindahan paling dalam. Pantai Indrayanti ini lagi-lagi masih berada di kawasan Gunungkidul. Tepat di sisi timur pantai Sundak dan dibatasi perbukitan karang.

responsive

Di pantai Indrayanti ini kamu bakal disambut dengan suara paling merdu yang membuat getaran di dada kiri alias dalam hati, yaitu ombak laut. Kamu juga bisa merasakan hamparan pasir putih yang lembut, seperti menginjakkan kaki di spons besar. Dan enggak ketinggalan, perbukitan bebatuan karang, air laut biru yang jernih lagi bersih, seakan-akan memanggil nama kita untuk mengajak menjatuhkan diri ke dalamnya. Berenang, mengakrabi diri dengan air laut biru, deru ombak dan segala-gala keindahan di dalamnya. Rasanya segar menyegarkan. Di sinilah salah satu tempat tawa bahagia, keseruan, keindahan tinggal.

Pantai indrayanti gunung kidul, instagram @alfiemey

Hal lain yang mesti kamu coba adalah berdiri di bukit atau ketinggian. Meski jalannya agak melelahkan, ekstrim dan menantang. Sebelum berada di sana, kamu terlebih dulu berjalan menuju bukit di arah timur, menerobos semak-semak dan perdu serta harus memanjat bebatuan karang. Tapi, setelah sampai, rasa lelah kamu akan ditukar lebih banyak dengan pemandangan melihat bentang Samudera Hindia yang sangat luas terhampar dan sepanjang mata memandang. Dari ketinggian ini, suara ombak menghajar batu karang masih terdengar dan malah lebih besar. Lebih jelas. Di langit, sesekali kamu akan mendengar nyanyian burung Camar yang melintas. Kadang burung-burung itu membawa ilalang untuk membuat sangkar. Inilah tempat paling tepat untuk melihat langit berganti warna buah jeruk alias senja paling menor keindahannya.

Meskipun sudah banyak pengunjung, lingkungan sekitar pantai Indrayanti ini bersih dan masih alami. Benar-benar dijaga dan terkelola dengan baik. Karena, pihak pengelola pantai Indrayanti ini, sudah membuat peraturan yang mesti ditaati untuk kepentingan bersama, berupa; enggak segan-segan menjatuhkan denda dan hukuman kepada pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Dan, peraturan itu sepertinya berhasil mencapai tujuan. Pantai Indrayanti bersih dari sampah.

Ngomong-ngomong kenapa namanya Pantai Indrayanti, ya? Begini…

Pantai Indrayanti ini ternyata diambil dari nama pemilik tempat makan atau restaurant yang ada di sekitar pantai ini. Papan nama berbentuk setengah lingkaran, berwarna hitam dengan huruf balok, tepat di pintu masuk sebuah restaurant ini terpampang huruf dan kata yang jelas dan mudah dibaca bagi siapapun yang melihat. Yak. Indrayanti. Dari kata itulah, orang-orang mengenal pantai ini menyebut dan menamainya dengan Pantai Indrayanti. Sayangnya, nama Pantai Indrayanti ini menjadi polemic. Karena, pemerintah Kabupaten Gunungkidul sebenarnya sudah memberi nama pantai ini dengan nama Pantai Syawal. Tetapi, mau bagaimana lagi. Orang-orang, wisatawan yang pernah atau ingin datang ke sini, sudah akrab mengenalnya dengan Pantai Indrayanti bukan Pantai Syawal.

Fasilitas Objek Wisata Pantai Indrayanti

Ada beberapa fasilitas yang akan menunjang atau memudahkan kamu selama berwisata di Pantai Indrayanti ini, antara lain untuk kamu yang ingin menghabiskan atau berlibur ke pantai Indrayanti ini, ada beberapa tempat makan yang mesti kamu cicipi hidangannya dan tentunya sangat menggugah selera. Kamu bisa memilih menu makanan tradisional, seperti gudeg, nasi goreng, soto, bakso dan lain sebagainya. Seperti pantai-pantai lainnya, enggak heran lagi kalau makanan atau menu kuliner yang disediakan didominasi oleh makanan dari olahan hasil laut. Dan tentunya masih segar.

Selain itu, jika kurang cukup sehari berlibur di sini atau enggak memungkinkan untuk pulang, kamu bisa memilih atau mendapatkan penginapan-penginapan yang rata-rata semuanya memberikan view atau menghadap ke pantai. Menjadikan istirahatmu makin menyenangkan.

Bukan hal tabu lagi, berada di pantai dan memburu matahari tenggelam atau senja yang sebentar itu. Indahnya lagi, pada malam hari Pantai Indrayanti menghadiahkan suasana yang lain dari yang lain. Terdapat dan memand sudah disediakan gazebo-gazebo yang berbaris rapih di bibir pantai yang diterangi dengan kerlap-kerlip sinar lampu. Inilah yang menjadi tempat romantic yang sering dibicarakan wisatawan atau pengunjung yang pernah menginjakkan kaki di Pantai Indrayanti ini. Apalagi, jika dinikmati bersama pasangan hidup kamu, sambil menyantap makan malam dengan udara yang sejuk, suara merdu ombak dan bintang langit yang lebih banyak dibandingkan yang ada di kota. Kurang romantis apalagi? Semesta yang sempurna.

Lokasi Objek Wisata Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti ini bisa kamu temui di sebelah Pantai Sundak, tepatnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta – Indonesia (lama perjalanan kurang lebih 2 jam atau 70 km dari kota Jogja).

Kalau kamu dari kota Jogja, kamu bisa melewati rute ini; Kota Jogja – Piyungan – Pathuk – Sambipitu – Arah hutan bunder – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi – Jl. Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jl. Girisubo – Wonosari – Jl. Saptosari – Tepus – arah Pantai Sundak – Somandeng – Pantai Indrayanti atau Pantai Syawal.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Lain-lain Objek Wisata Pantai Indrayanti

  • Harga tiket masuk; Rp. 5.000 rupiah per orang (sudah termasuk 7 pantai lainnya; Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Sepanjang, Pantai Pok Tunggal dan Pantai Pulang Syawal).
  • Denda membuang sampah sembarangan; Rp. 10.000 rupiah.

Penasaran bagaimana keindahan di dalam Pantai Indrayanti ini? Selamat mengunjungi bersama keluarga, teman-teman atau pasangan hidup kamu. Hati-hati dalam perjalanannya. Selamat berwisata di Pantai Indrayanti dan semoga selalu menyenangkan, ya.