Pesona Kaliurang Yang Mengagumkan

Jogja enggak hanya punya Malioboro, tetapi juga Kaliurang. Siapapun wisatawan yang menginjakkan kaki ke sini bakalan jatuh cinta dan menanam rindu yang dalam agar kembali suatu saat nanti. Kaliurang adalah tempat wisata yang memberikan pesona alam pegunungan yang memikat dengan udara yang sejuk berkisar suhu antara 20 – 25 derajar celcius. Membuat kita ingin menghirup lebih banyak napas dari yang biasa kita lakukan di padatnya kota. Membawa kita ke tempat kedamaian tinggal.

responsive
Wisata kaliurang, instagram @satrioadhiguna

Kaliurang berada pada ketinggian kurang lebih 900 meter dari permukaan laut. Dari tempat ini, kita bisa bebas memandangi gunung Merapi yang sangat gagah dan kokoh menjulang menembus awan. Kadang, Gunung Merapi ini bersembunyi di balik kabut-kabut yang cukup tebal. Tapi, keindahan pemandangan gunung tersebut, enggak bakal mudah tertutupi oleh apapun. Karena, Gunung Merapi dan Kaliurang memang wataknya indah dan akan selalu memberikan itu.

Menariknya, sebelum kamu berada di lokasi, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan tetapi dengan pemandangan yang bakal bikin kamu kembali ke masa yang paling lalu. Perjalanan itu akan menampilkan gambar pemandangan yang pernah kita buat di waktu kecil dulu. Yaitu, Gunung dengan jalan yang berada di tengah dan bentang alam di kanan dan kiri jalan serta rumah penduduk.

Kaliurang adalah objek wisata yang cukup legendaris. Sudah ada sejak zaman Belanda ketika berada di Indonesia. Katanya, dulu tempat ini dipakai untuk istirahatnya para nyonya dan meneer Belanda. Apa aja yang bisa kamu temui selain pemandangan Gunung? Terus baca.

Tempat Menarik Kaliurang Yang Enggak Boleh Dilewatkan

Saat kamu berada di sini, ada beberapa spot yang sudah terkenal dan mesti kamu kunjungi, antara lain;

  1. Gardu Pandang

Kalau kamu kurang puas melihat kaki Gunung Merapi yang menjulang tinggi, kamu harus mencoba untuk mengunjungi Gardu Pandang. Dari tempat ini kamu bisa lebih jelas melihat Gunung Merapi dan mengabadikannya dalam foto. Hanya saja pada sore hari, biasanya gunung Merapi ini tertutup awan. Lokasi Gardu Pandang berada di tepi kali Boyong yang masih berada di kawasan Kaliurang.

  1. Goa Jepang

Seperti yang kita tahu dari namanya, goa Jepang ini adalah salah satu peninggalan tentara Jepang pada masa itu yang digunakan untuk tempat tinggal sementara, tempat berlindung, dan bersembunyi dari serangan sekutu. Goa Jepang ini memiliki 25 pintu yang tentunya saling terhubung satu dengan yang lain. Salutnya, Goa Jepang ini terjaga dan terawatt dengan baik dan menjadi Goa peninggalan Jepang yang masih dalam kondisi orisinil.

  1. Museum Vulkanik Merapi

Kalo kamu penasaran mengenai Gunung Merapi dari sejarah sampai kejadian demi kejadian yang pernah memberi duka pada waktu lalu, sebaiknya kamu pergi mengunjungi museum ini. Di sini kamu bakalan dapat informasi apapun mengenai Gunung Merapi. Dari proses terjadinya letusan sampai yang terjadi setelah letusan. Museum ini bisa kamu temui di Jl. Boyong Harjobinangun, Kec. Pakem, Sleman.

Baca Juga : Taman Menteng, Taman Indah di Jantung Ibukota

  1. Telogo Putri

Air terjun satu ini memang sudah disukai wisatawan sejak dulu. Kamu bisa melihat keindahan alam dan air dalam satu tempat pada waktu yang bersamaan. Tempatnya memiliki udara yang seju menyejukkan dan segar menyegarkan. Di tempat ini juga menyediakan wahana yang menantang, seperti flying fox. Tempatnya bagus, cocok untuk dijadikan area foto-foto. Harga tiket masuk Telogo Putri ini berkisar Rp. 2.500 per orang.

  1. Taman Wisata Plawangan Turgo

Kalau kamu pecinta alam, Taman Wisata Plawangan Turgo tempat yang tepat. Di sini menyediakan olahrga lintas alam yang seru, yaiut hutan tropis yang tertata rapi dengan berhias batuan akibat atau hasil letusan Gunung Merapi. Nah, di tempat ini kamu bakal menemukan rombongan monyet lucu yang kadang menjahili kamu.

  1. Taman Bermain Anak-anak

Kaliurang enggak cuma bisa dinikmati anak-anak muda, tetapi semua. Wisata ini juga cocok untuk liburan kamu dan keluarga serta anak-anak. Karena, di sini terdapat taman bermain anak-anak yang cukup luas sekitar 1 hektar. Permaianan yang ada di sini, antara lain; mobil-mobilan, ayunan dan lain-lain. Tempatnya sejuk, udaranya segar karena banyak tumbuhan yang rindang.

  1. Museum Ulen Sentalu

Museum ini sekarang sudah cukup dikenal wisatawan. Museum Ulen Sentalu adalah museum budaya Jawa yang berbentuk layaknya kastil di tengah-tengah hutan yang rimbun. Arsitektur museum ini benar-benar indah untuk dinikmati. Kamu bisa melihat di dalamnya terdapat lorong yang mirip seperti Gua memanjang dengan berbagai macam koleksi lukisan Keraton Yogyakarta. Di museum ini kamu bisa mengetahui sejarah Keraton, batik-batik kuno sampai berbagai macam patung-patung yang amat khas. Menariknya, setelah berkeliling di museum ini kamu akan ditawari minuman hangat kuno yang merupakan racikan dari Gusti Nurul, putri keraton Jogja. Mitosnya, bisa membuat awet muda. Percaya?

Kaliurang jogja, instagram @fajrink

Selain hal-hal di atas, ada berbagai macam fasilitas yang disediakan objek wisata Jogja satu ini, yang bertujuan memberi kamu kemudahan. Apa aja? Baca lagi.

Fasilitas Wisata Kaliurang

Untuk mendukung sarana dan prasarana, wisata ini menyediakan;

  1. Tempat Ibadah

Jika kamu ingin beribadah, Kaliurang menyediakan masjid dan gereja di sekitar kawasan. Jadi, enggak perlu khawatir jika ingin mencari tempat ibadah untuk melakukan ibadah, khususnya sholat.

  1. Tempat Makan

Mengunjungi objek wisata tentunya bakal menguras energy kamu. Nah, di Kaliurang ini menyediakan banyak warung makan yang bisa dengan mudah kamu temui. Kalau kamu makan di sini, kuliner tradisional yang wajib kamu coba khasnya Jogja yaitu jadah tempe. Jadah tempe ini rasanya gurih, manis dan legit. Cocok dijadikan oleh-oleh atau buah tangan. Selain kuliner itu, warung-warung makan di sini biasanya menyediakan jajanan lain, seperti es, jagung bakar, roti bakar dan lain sebagainya.

  1. Penginapan

Kalau kamu khawatir akan pulang terlalu larut malam untuk mengemudi atau kurang puas menikmati objek wisata satu ini, ada banyak penginapan yang bisa kamu pilih di kawasan Kaliurang ini. Mulai dari harga Rp. 100.000 rupiah sampai dengan 2.500.000 rupiah. Bervariasi.

Tips Berlibur di Kaliurang

Berikut beberapa tips untuk kamu yang memilih berlibur di sini;

  1. Persiapkan energi dan stamina. Karena jika kamu ingin melihat puncak Gunung Merapi, kamu harus mengakrabi ratusan lebih anak tangga.
  2. Bawa pakaian hangat. Karena, udara di kawasan objek wisata ini cukup dingin, apalagi saat sore dan malam hari.
  3. Perhatikan barang-barang bawaan. Karena, seringkali ada monyet liar yang nakal dan suka mengambil dan membawa barang wisatawan.
  4. Lebih seru jika datang pada malam tahun baru. Karena, kamu bisa menikmati dan merayakannya di sini dengan pesta kembang api yang pastinya seru dan enggak mainstream.

Lokasi Wisata Kaliurang

Kaliurang bisa kamu temui di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Wisata Kaliurang dibuka pada jam 08.00 – 16.00 Wib.

Harga tiket yang ditawarkan bervariasi, antara lain;

  • Dewasa; Rp. 3.000 rupiah
  • Anak-anak; Rp. 2.000 rupiah
  • Motor; Rp. 2.000 rupiah
  • Mobil; Rp. 5.000 rupiah
  • Bus; Rp. 20.000 rupiah

Nah, tertarik untuk mengunjungi tempat wisata satu ini? Ayo angkut kopermu dan berwisatalah…