Punya Banyak Nyali? Uji Di Pantai Timang Ini

Pantai Timang ini adalah tempat terbaik bagi masyarakat sekitar untuk mencari hasil laut. Bagi masyarakat di sekitar, pantai ini terkenal dengan hewan laut yang bernilai mahal dan menjanjikan, yaitu Lobster. Sedikit sekali pengunjung yang tahu soal Pantai Timang ini. Karena tempat ini sulit untuk ditemukan. Enggak heran, kalau di Pantai Timang ini, suasana alam masih kental, suara merdu dari gemuruh ombak dan tentunya masih bersih dari sampah pengunjung seperti pantai terkenal pada umumnya.

responsive
Pantai timang, instagram @afiqarshad

Tetapi, pergi ke objek wisata selalu punya tetapi. Selain sulit ditemukan, untuk mencapai Pantai Timang ternyata enggak begitu mudah. Kamu mesti melewati jalan yang cukup sulit; jalan bebatuan yang belum diaspal. Di Pantai Timang kamu bakal ngerasain dan melihat hamparan pasir putih yang bersih dan lembut, tumbuhan pandan subur yang berjejer di sekitar pantai serta batu karang berukuran raksasa dengan tebing-tebing yang menjulang. Air laut di Pantai Timang ini warnanya amat biru, jernih dan menyegarkan.

Hal Yang Menarik Di Pantai Timang

Perlu kamu tahu, ada hal yang menarik di pantai ini yang mungkin enggak bisa kamu temui di pantai lain. Ada sebuah batu karang raksasa di arah barat pantai Timang ini yang dinamai masyarakat sekitar dengan nama Pulau Panjang atau Pulau Timang. Nah, untuk mencapai ke Pulau Panjang atau Pulau Timang itu, kamu harus menyebrang dengan menggunakan gantole tradisional atau semacam kereta gantung. Dan yang enggak bakal kamu sangka, kereta gantung itu bukan terbuat dari peralatan atau teknologi modern melainkan terbuat dari bambu dan kayu, yang kemudian dirangkai dengan tambang tali plastis dan diikat dengan sangat kuat. Tenang saja, kereta gantung ini bisa menopang dan menarik berat badan kamu dengan jarak kurang lebih 50 – 100 meter menuju ke arah Pulau Timang. Cukup menantang, bukan? Pertanyaan dari kami; apakah kamu berani? Bisakah menyalakan nyali untuk melewati air laut dan ombak di ketinggian yang lumayan?

Wisata Menarik Lainnya: Taman Menteng, Taman Indah di Jantung Ibukota

Saat kamu menaiki kereta gantung ini, kamu bakal merasakan sensasi seperti terbang tetapi terkena percikan air laut atau ombak yang cukup besar dan bergemuruh. Dan pastinya, kamu enggak bisa menghindar dari basah. Juga di kereta gantung ini, enggak ada jaminan keselamatan dan asuransi apapun yang bisa kamu temui seperti di tempat-tempat lain. Karena, objek wisata pantai Timang ini belum resmi. Punya banyak nyali? Uji di sini.

Fasilitas di objek wisata pantai TImang ini juga belum ada. Kamu enggak bisa menemukan penginapan atau hotel, tempat parkir mobil dan lain sebagainya. Wajar saja, Pantai Timang ini sebenarnya hanya tempat singgah untuk mencicipi dan menguji seberapa besar nyali kita.

Lokasi Pantai Timang

Pantai Timang bisa kamu temui di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta – Indonesia.

Kalau kamu dari kota Jogja, bisa melewati; Kota Jogja – Wonosari – menuju ke arah Pantai Baron – Pertigaan Mulo – menuju ke arah Pantai Siung – Pasar Dakbong – Pantai Timang (dari pasar Dakbong, jalan belum diaspal alias berbatu. Cocok untuk kamu yang suka off road).

Harga Tiket Masuk Pantai Timang dan Biaya Lain-lain

Seperti yang kami katakan di atas, Pantai Timang ini belum resmi dijadikan objek wisata. Jadi, enggak ada biaya tiket masuk. Hanya saja, bagi kamu yang ingin menyebrangi atau mencoba kereta gantung, kamu mesti membayar kepada warga sekitar sebesar;

Paket naik kereta gantung untuk 10 orang; Rp. 1.500.000 rupiah.

Ingin menguji nyali kamu dengan menaiki kereta gantung itu? Datang saja ke tempat ini. Selamat berwisata ke Pantai Timang. Semoga menyenangkan, ya.