Pura Luhur Uluwatu – Pura Dengan Pesona Cantik Di Atas Tebing Terjal

Pura Luhur Uluwatu

Bali memang sangat kaya akan objek wisata yang mengagumkan. Salah satunya adalah pura – pura peribadatan umat Hindu di Bali. Selain sebagai tempat beribadah, Pura – pura di Bali memiliki panorama alam yang tampil dengan pesona cantik. Salah satu Pura yang bisa memikat anda karena pemandangannya yang indah dan cantik adalah Pura Luhur Uluwatu.

responsive
Wisata Pura Luhur Uluwatu, instagram @tourismandbeauty

Pura Luhur Uluwatu berada di atas tebing dengan ketinggian 97 meter diatas permukaan laut yang menghadap ke arah Samudra Hindia. Terletak di Desa Pecantu, Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung, Bali. Dengan pesona alamnya yang sangat indah. Dibawah Pura Luhur uluwatu kita bisa melihat desiran ombak pantai pecantu yang menghantam tebing – tebing karang membuat mata tak lelah untuk memandang buih – buih putih yang lembut hasil dari hempasan ombak dengan karang.

Sejarah Berdirinya Pura Luhur Uluwatu

Dari cerita rakyat yang beredar, Pura Luhur Uluwatu sudah ada sejak abad XI oleh Mpu Kuturan. Konon Pura ini dibuat sebagai tempat untuk memuja dewa Rudra dan memohon keselamatan dari sang Dewa. Mpu Kuturan sendiri diyakini telah mewariskan banyak hukum – hukum, aturan, tata tertib dan adat istiadat kepada masyarakat di desa sekitar Pura Luhur Uluwatu ini.

Empat abad berselang, sekitar tahun 1550 an Pura Luhur Uluwatu dijadikan tempat Ngeluhur? Moksa ( menyatu kembali kepada kehariban dewata) oleh pendeta suci selanjutnya, yaitu Dang Hyang Nirartha. Itulah awal mula Pura Uluwatu mendapatkan nama tambahan Luhur menjadi Pura Luhur Uluwatu.

Menurut kepercayaan orang Hindu Bali Pura Luhur Uluwatu adalah pura penting yang merupakan bagian dari Pura Sad Kayangan sebagai pelindung dari 9 mata angin. Pura Luhur Uluwatu juga memiliki beberapa pura Pesanakan, yaitu Pura yang memiliki kaitan dengan Pura Induk. Pura pesanakan dari Pura Luhur Uluwatu ada Pura Bajurit, Pura Parerepan, Pura Dalem Pangleburan, Pura Kulat dan Pura Dalem Selonding.

Pura Luhur Uluwatu memiliki kedudukan yang saling berhadapan dengan Pura Andakasa, Pura Batur dan Pura Besakih. Pura Luhur Uluwatu benar – benar sangat diyakini sebagai tempat untuk meminta karunia untuk menata tatanan kehidupan di muka bumi. Pura Luhur Uluwatu ini berdiri dengan dua konsepsi, yaitu konsepsi Sad Winayaka ( termasuk salah satu dari Pura Sad Kahyangan untuk melestarikan Sad Kertih (Atma Kerti, Samudra Kerti, Danu Kerti, Wana Kerti, Jagat Kerti dan Jana Kerti)) dan konsepsi Padma Bhuwana ( pura untuk memuja Dewa Siwa Rudra, Tuhun yang menguasai arah barat daya ).

Baca juga: Indahnya Tarian Lumba – Lumba Di Pantai Lovina

Kegiatan yang sering dilakukan di Pura Luhur Uluwatu

Menikmati sunset di sore hari adalah salah satu kegiatan yang tidak boleh terlewatkan saat kamu menginjakkan kaki di Pura Luhur Uluwatu. Sunset di Pura Luhur Uluwatu merupakan salah satu dari dua sunset terbaik yang ada di Bali.

Kegiatan pura luhur uluwatu, instagram @laachicha

Banyak juga peselancar yang surfing di pantai pecantu yang bisa kita saksikan dari atas Pura Luhur Uluwatu. Pemandangan dan panorama alamnya yang indah mempesona menunjukkan kebesaran Tuhan memang selalu tidak ada tandingannya.

Setiap hari di malam hari pukul 19.00 – 21.00 WITA selalu diadakan pertunjukan tari Kecak di Pura. Tari kecak sendiri adalah tari tradisional Bali yang menceritakan kisah Epik Ramayana dimana Hanoman berjuang melawan rahwana untuk menyelamatkan Dewi Shinta.

Kamu juga bisa bermain dengan monyet – monyet yang berkeliaran bebas di Pura Luhur Uluwatu. Monyet – monyet ini dipercaya sebagai pelindung dari Pura Luhur Uluwatu. Tapi kamu harus bisa menjaga barang – barang berharga yang kamu bawa karena kadanga monyet – monyet di sana suka usil dan mengambil barang – barang yang kamu bawa.

Untuk memasuki kawasan Pura Luhur Uluwatu kamu harus memakai pakaian khusus, yaitu sarung bagi yang memakai rok atau celana di atas lutut dan selendang untuk kamu yang memakai rok dan celana di bawah lutut. Ini bertujuan sebagai bentuk penghormatan untuk menjaga kesucian dari Pura Luhur Uluwatu.

Tiket Masuk Pura Luhur Uluwatu

Harga tiket yang harus kamu keluarkan untuk menikmati pesona keindahan di Pura Luhur Uluwatu adalah Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 1.500 untuk anak – anak.

Akomodasi dan Transportasi Pura Luhur Uluwatu

Untuk akomodasi dan transportasi menuju Pura luhur uluwatu tidak terlalu sulit. Perjalanan yang harus ditempuh sekitar satu jam dari bandara Internasional Ngurah Rai. Kamu bisa memakai jasa taksi, motor atau mobil sewaan.

Kamu yang mau menginap di sekitar Pura Luhur Uluwatu juga sangat banyak pilihan hotel – hotel dan penginapan mulai dari yang berbintang hingga yang biasa bisa kamu pilih. Restorant juga banyak dengan berbagai hidangan khas Bali dan Internasional.

Itulah ulasan singkat dari Pura Luhur Uluwatu Pura dengan pesona cantik diatas tebing yang bisa Angper bagikan untuk kamu – kamu semua. Ternyata banyak sekali destinasi wisata Indonesia yang penuh dengan pesona pesona yang luar bias. Sangat wajib untuk kamu kunjungi.