Taman Menteng, Taman Indah di Jantung Ibukota

Taman Menteng diresmikan pada 28 April 2007. Peresmian taman ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk menambah ruang terbuka hijau untuk warga Jakarta. Kota yang sehat itu memang harus memiliki fasilitas yang seimbang dengan tingkat kesibukan serta polusi yang sangat besar. Jakarta, siap yang tidak kenal dengan kota yang selalu dijadikan sebagai pusat untuk mencari dan memperoleh rejeki untuk para pendatang.

responsive
Taman Menteng, instagram @sultana_alhasin

Warga Jakarta saat ini sudah tidak perlu lagi bersusah payah dan mengeluarkan biaya mahal untuk sekedar refreshing karena Taman Menteng bisa membantu kamu menghilangkan kejenuhan dan penatnya hidup di ibu kota. Kata Menteng pasti sudah tidak asing juga kan? Itulah tempat Obama dulu waktu di Indonesia. Itulah Menteng.

Dahulunya Taman Menteng sebelum menjadi taman seperti sekarang ini adalah sebuah stadion sepak bola. Kawasan Menteng juga merupakan salah satu kawasan elit yang ada di Jakarta. Banyak tokoh – tokoh penting pernah memilih tinggal di Kawasan Menteng. Bapak Proklamator sekaligus Presiden pertama Indonesia juga tinggal di Menteng.

Kawasan menteng memang mengusung tema Kota Taman. Jadi jangan heran kalau di Kawasan Menteng memiliki banyak Taman Termasuk Taman Menteng. Taman Menteng sangat ramai di Kunjungi setiap hari sabtu dan minggu.

Kegiatan Di Taman Menteng Jakarta

Setiap akhir pekan banyak keluarga yang menghabiskan waktunya dengan berjalan – jalan dan bersepeda, ataupun bercengkrama dengan anak – anak tercinta di Taman Menteng ini. Selain kegiatan bermain, untuk yang dewasa, di taman Menteng ini juga disedikan lapangan basket, tempat untuk atraksi sepeda, jalan – jalan ataupun kegiatan berkumpul dengan komunitas – komunitas lainnya.

Saat Malam Taman akan semakin ramai dan banyak orang menghabiskna waktu ataupun mencari makan malam di sini. Taman Menteng buka setiap hari tanpa dipungut biaya. Jadi kamu bisa datang dan menikmati wahana permainan dan kegiatan yang ada di Taman Menteng dengan sepuasnya.

Taman Menteng, Taman Kota Sehat

Taman Menteng ini memang dibuat agak sedikit berbeda dari taman – taman kota kebanyakan. Di Taman Menteng kamu bisa menjumpai aneka tanaman hias, yang jumlah spesiesnya kurang lebih mencapai 30 spesies tanaman. Selain itu, disekitar taman juga telah dibangun 44 sumur resapan yang nantinya berfungsi sebagai resapan ari hujan.

Foto udara taman menteng, instagram @meeaku

Di Taman Menteng juga ada dua buah rumah kaca yang bisa kamu gunakan kalau ingin mengadakan sebuah event – event tertentu. Saat ini juga sudah dibangun gedung 4 lantai yang berfungsi sebagai tempat parkir untuk memindahkan kendaraan pengunjung yang dulu sering parkir di bahu jalan. Para PKL juga sudah di tertibkan agar bisa mengurai kemacetan di jalan utama di kawasan Menteng ini.

Sebuah Taman Kota dalam sebuah Kota yang padat penduduk dengan tingkat polusi udara yang tinggi memanglah sangat dibutuhkna. Di Jakarta saat ini memang masih sangat jarang ruang terbuka hijau yang bisa membuat Jakarta mendapatkan julukan Kota Sehat. Untuk itu berbagai upayapun terus dilakukan oleh pemerintah dengan memperbaiki taman – taman yang ada sebagai ruang terbuak hijau dan salah satu yang mendapat perhatian adalah taman Menteng.

Jadi kalau kamu berkunjung ke Jakarta, jangan hanya berkunjung ke Monas, Ancol, Kota Tua ataupun tempat rekreasi lainnya yang sudah sangat familir. Cobalah untuk datang ke taman – Taman kota Jakarta yang menawarkan suasana segara ala Ibu Kota. Ada taman Suropati, Taman Menteng, dan taman – taman lainnya yang saat ini masih belum terekspos namun memiliki pesona yang sangat menarik.

Jadi jakarta tidak hanya ada macet ya, ada juga loh Taman Menteng, Taman Yang Indah di ibukota yang harus kamu datangi. Selamat berwisata.