Waduk Sermo, Waduk Terbaik Se-Indonesia

Waduk Sermo. Lagi-lagi masih berada di kawasan Kulonprogo nih. Waduk Sermo ini menyajikan pemandangan yang enggak kalah indah dengan objek wisata lainnya. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan alam, bendungan dengan air yang sangat jernih terkelola dan terjaga, perbukitan hijau yang mengelilingi dan lain sebagainya. Udara yang sejuk, suasana yang tenang menenangkan, membuat kita lebih sering ingin mengambil banyak oksigen dari yang biasa kita lakukan di padatnya dan sibuknya rutinitas Ibukota. Waduk Semo ini sudah cukup tenar di daerah Jogja bahkan luar kota Jogja.

responsive

Ternyata, waduk Sermo ini adalah sebuah bendungan dari aliran sungai Ngrancah yang jernih mengalir membelah perbukitan Menoreh atau Puncak Suroloyo. Waduk Sermo ini sangat luas memang. Bayangkan saja, luasnya kurang lebih sekitar 157 hektar. Dan menurut petugas penjaga objek wisata satu ini, kedalamannya mencapai lebih dari 60 meter-an. Cukup dalam, bukan?

Taman bambu air waduk sermo, instagram @edha_edhot_72

Kamu bisa menikmati dan berkeliling waduk Sermo ini yang sudah disediakan akses jalan beraspal sepanjang kurang lebih 21 km. Baik dengan berjalan santai, menggunakan sepeda motor atau sepeda. Tapi, kami yakin hal itu enggak akan cukup buat kamu puas. Jadi, kamu bisa menikmati langsung air jernih waduk Sermo dari dekat dengan menyewa perahu bermotor yang disediakan warga setempat dengan membayar biaya yang cukup terjangkau, yaitu Rp. 100.000 rupiah per 5 orang sampai 10 orang selama kurang lebih 1 jam. Dengan waktu segitu sudah cukup untuk mengelilingi luasnya waduk Semo ini, kok. Mulai tertarik?

Ada lagi hal lain yang bisa kamu lakukan di Waduk Sermo ini. Setelah berkeliling atau menikmati objek wisata dengan keindahan alam perbukitan hijau dan air yang jernih yang sudah barang pasti menguras tenaga kamu, bukan? Di Waduk Sermo ini sudah menyediakan beberapa tempat makan yang berada di dermaga kapal. Tips dari kami jika kamu ke sini ingin menikmati pemandangan alam dan berwisata kuliner juga, sebaiknya sebelum mengelilingi waduk Sermo, kamu memesan makanan terlebih dahulu. Kenapa? Agar setelah selesai berkeliling, makanan yang kamu pesan sudah disediakan dan tinggal disantap saja. Karena, tempat makan di sini menyajikan makanannya memerlukan waktu yang enggak sebentar. Jadi, begitulah solusinya.

Waduk Sermo ini cocok dinikmati untuk kamu yang sedang berlibur bersama keluarga, teman-teman atau sahabat. Datanglah ke waduk ini saat sore hari yang cerah, agar kamu bisa menikmati panorama matahari orange yang memantul ke air jernih Waduk Sermo sehingga menciptakan view paling dalam keindahannya. Juga di malam hari, langit akan diisi dan dihiasai tanpa malu-malu dengan hamparan bintang seperti ketombe paling ingin kamu pelihara. Serius. Semesta punya cara untuk membuatmu terpukau dan kagum dengan pesona indahnya.

Sejarah Objek Wisata Waduk Sermo

Waduk Sermo dibangun pada masa orde baru. Yak, tentu saja pada masa pemerintahan Presiden Bapak Soeharto. Seperti yang kami beritahu di atas, waduk ini dibangun dengan membendung Kali Ngrancah. Dan tahukah kamu biaya pembangunan waduk ini? Mencapai sekitar kurang lebih Rp. 22 Milyar rupiah, dengan memakan waktu pembangunan sekitar kira-kira 2 tahun 8 bulan. Dulunya, sebelum dibangun, waduk Sermo ini adalah pemukiman penduduk dan lahan pertanian. Jadi, saat tempat ini diputuskan untuk dibangun Waduk Sermo, penduduk yang berjumlah kurang lebih 107 kepala keluarga akhirnya difasilitasi Pemerintah untuk transmigrasi Bedol Desa. Begitulah singkat ceritanya. Oh, ya. Waduk ini diresmikan Presiden Soeharto pada tanggal 20 November 1996. Sekarang, waduk ini menjadi waduk terbaik se-Indonesia. Jadi, apa kamu masih enggak penasaran dengan waduk ini?

Wisata Menarik Lainnya: Nasi Goreng Mafia, Nasi gorengnya Yakuza, God Father, Gangster dan Preman

Fasilitas Yang Disediakan Objek Wisata Waduk Semo

Camping waduk sermo, instagram @arbi.marhen

Di tempat wisata ini, pengelola sudah menyediakan berbagai penunjang untuk memberi kemudahan kamu dalam menikmati Waduk Semo, antara lain; penyediaan perahu bermotor untuk mengelilingi waduk, tempat makan dengan menu khas daerah ini, tempat pemancingan yang terkenal dengan ikan setan merah. Ikan yang banyak ditemukan di Waduk Sermo.

Lokasi Objek Wisata Waduk Sermo

Waduk Sermo bisa kamu temui di Desa Hargowillis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta – Indonesia.

Jika kamu berangkat dari Jogja untuk ke lokasi; Jogja – Jl. Wates – Kota Wates – Waduk Sermo.

Jalannya memang berkelok-kelok dan sekitar 32 km dari kota Jogja. Cukup jauh dan melelahkan memang, tetapi di sepanjang perjalanan menuju tempat ini, kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang indah, seperti perbukitan hijau lengkap denga udara sejuk memanjakan napas.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Waduk Sermo

Harga tiket masuk objek wisata ini bervariasi, antara lain;

Rp. 2.000 rupiah per orang

Rp. 3.000 rupiah untuk biaya parkir mobil

Rp. 2.000 rupiah untuk biaya parkir motor

Rp. 5.000 rupiah untuk biaya parkir bus

Rp. 0, rupiah di waktu petang (sudah tidak ada petugas)

Penasaran mengenai objek wisata satu ini? Atau ada yang sudah pernah ke sini? Sila berbagi pengalaman kamu di kolom komentar. Salam wisata.