Wahana Rekreasi Keluarga Kebun Binatang Bandung

Bandung kota priangan. Bandung kota wisata yang memberikan banyak sekali pengalaman – pengalaman baru dalam berwisata di Bandung. Kalau di ranca upas ada Rusa, di Kampung Gajah ada gajah mak di Kebun Binatang Bandung kamu bisa melihat berbagai jenis binatang selain keduanya.

responsive
Burung kebun binatang bandung, instagram @riski_nurhasanah

Kebun Binatang Bandung bukan kebun binatang biasa. Selain sebagai kebun binatang, objek wisata alam bandung yang satu ini juga menjadi cagar alam, pendidikan, Iptek dan tempat pelestarian aneka kekayaan alam. Jadi selain rekreasi, kamu bisa belajar untuk lebih mencintai alam ini.

Kebun Binatang Bandung

Kebun binatang yang berdiri pada lahan seluas 14 hektar ini berada dekat dengan ITB ( Institut Teknologi Bandung) atau lengkapnya di Jalan Kebun Binatang No 6 Taman Sari Bandung Jawa Barat Indonesia – Telpon (022) 2507302.

Lingkungannya benar – benar masih alami dan asri. Pohon – pohon tua yang besar – besar juga masih terawat dengan baik. Pokoknya kamu bisa benar –benar mengenal alam lebih dekat di Kebun Binatang Bandung ini.

Dari 14 hektar luas Kebun Binatang Bandung 55,20 % nya digunakan sebagai cagar tanaman, 18,25 % nya sebagai cagar hewan, 4,7 % untuk tempat atau wahan wisata air dan 2,4 % nya untuk ruang publik dan sisanya sebagai ruang kosong.

Sejarah Kebun Binatang Bandung

Kebun binatang Bandung ini sudah berdiri sejak 1930. Jadi sudah sekitar 85 tahun. Luar biasa. Didirikan oleh kelompok pecinta binatang yang menamai diri mereka dengan Bandung Zoological Park (BZP). Setelah dibangun selama kurang lebih 3 tahun dengan saran dan prasarana yang ada kala itu akhirnya kebun binatang Bandung diresmikan pada tanggal 12 april 1933 oleh Gubernur Jendra Hindia Belanda waktu sesuai dengan surat keputusan no 32.

Kebun binatang bandung ternyata mengalami masa kelam, saat Indonesia dijajah oleh Jepang. Kebun binatang Bandung yang semula bernama Bandung Zoological Park itu tidak terurus dan jadi terbengkalai. Namun setelah Jepang terusir akhirnya kebun Binatang Bandung direhabilitasi kembali dan mulai dibuka kembali pada tahun 1957. Satu tahun sebelumnya Bandung Zoological Park sudah dibubarkan dan diganti menjadi yayasan marga satwa Taman sari,atas inisiatif R.Ema Bratakoesoema.

Wisata Menarik Lainnya : 10 Restaurant Romantis Di Jakarta Yang Mesti Kamu Kunjungi Bersama Kekasih Hati

Koleksi Satwa Kebun Binatang Bandung

Elang kebun binatang bandung, instagram @alanfengxian

Kebun Binatang Bandung memiliki satwa sebanyak 213 jenis, 79 diantaranya merupakan jenis – jenis hewan yang sudah dilindungi karena langka dan bisa punah jika tidak dilestarikan. Kebanyak satwa atau binatang yang akan kamu jumpai di kebun binatang Bandung adalah satwa – satwa asli Indonesia. Jadi kamu bisa lebih memahami kalau Indonesia dulunya kaya akan satwa. Ada juga jenis – jenis satwa dari luar negeri sebagai tambahan untuk melengkapi jenis – jenis satwa yang bisa kita lihat dan pelajari.

Koleksi Tumbuhan Kebun Binatang Bandung

Flora di Kebun Binatang Bandung sama menariknya dengan satwanya. Banyak sekali tumbuhan – tumbuhan yang bisa kamu amati secara langsung. Ada yang sudah berusia ratusan tahun juga loh. Ada juga yang besar sampai besar sekali. Pokoknya kamu bisa mengenal alam lebih dekat deh selama di Kebun Binatang Bandung.

Fasilitas Kebun Binatang Bandung

Sebagai kebun binatang modern di objek wisata alam Bandung ini kamu bisa bermain juga karena disedikan berbagai macam wahan permainan, ada taman bermain, flying fox, kolam perahu dan panggung.

Fasilitas pendukung lainnya seperti toliet, masjid, tempat makan bahkan museum untuk mengenal hewan – hewan lebih dekat juga ada.

Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung

Harga tiket masuk Kebun Binatang Bandung adalah Rp 25.000 per orangnya. Kalau mau harga lebih murah kamu bisa datang secara berombongan namun minimal 30 orang. Untuk rombongan pelajar kamu akan mendapatkan diskon 50 %. Untuk pembimbing, guru ataupun pendampingnya juga akan dapat potongan harga tiket masuk 20 %.

Jam Operasional Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung beroperasi atau mulai dibuka sejak pukul 07.00 pagi sampai pukul 18.00 petang.

Itulah informasi mengenai kebun binatang bandung, wahan yang sangat cocok untuk keluarga saat kamu di Bandung dan ingin mengenal alam lebih dekat. Semoga informasi ini bermanfaat.