Wisata Kebun Terbaik Indonesia, Kebun Raya Bogor

Bogor yang identik dengan hujan yang intensitasnya sangat sering serta puncak yang selalu jadi favorit saat liburan ternyata memiliki kebun terbaik di Indonesia. Kebun ini adalah kebun yang sudah ada sejak peresmian pertam kalinya pada tahun 1817. Jadi sudah berusia 2 abad lebih. Sungguh kebun buatan yang sangat luar biasa.

responsive
Kebun raya bogor indonesia, instagram @kartikapuspitasari

Kebun Raya Bogor memiliki luas lahan sebesar 87 Hektar dengan ditumbuhi oleh 5.000 jenis pohon dari seluruh negara tropis, 500 jenis pohon palem, 3.000 varietas anggrek. Jumlah ini terus bertambah tentu saja sampai mencapai 15.000 koleksi pohon dan aneka tumbuhan. Dengan jumlah itu kebun raya bogor menjadi pelabuhan untuk 3.504 jenis tumbuhan dalam 1.273 genus dan 199 species.

Kebun Raya Bogor

Kebun raya Bogor pada awalnya hanya sebuah kebun biasa yang dibuat oleh Sir Thomas Stamford Raffles untuk mengingatkan dirinya pada sosok sang istri. Awal mulainya pembuatan kebun ini oleh Raffles adalah pada tahun 1811 – 1816. Ketika itu sebagai Gubernur Jendral Hindia Belanda, Raffles mendatangkan aneka tumbuhan dari Kebun Raya Gardens Kew kemudian ditanaman di kebun raya Bogor ini.

Akhirnya Kebun Raya Bogor terus diperluas setiap tahunnya dan diresmikan menjadi kebun raya Bogor pada Tahun 1817 dengan nama s’Lands Plantetuin te Buitenzorg berkat jasa seorang ahli Botani asal Jerman Prof. Dr. C. G. C. Reindwart. Awalnya Kebun raya Bogor ini hanya dijadikan sebagai pusat introduksi berbagai tanaman ekonomi penting pertanian dan kini berfungsi sebagai tempat konservasi tanaman dan sebuah pusat penelitian untuk taksonomi dan utilisasi pabrik. Dibidang Hortkultura, Kebun Raya Bogor juga berperan sebagai tempat untuk melakukan studi mengenai adaptasi tanaman, penanaman dan pengembangan tanaman.

Suasana kebun raya bogor, instagram @rizkidarm

Salah satu hasil dari pembibitan yang dilakukan di Kebun Raya Bogor adalah Pengembangbiakan Bibit Kelapa Sawit yang sekarang menjadi induk bibit kelapa sawit se Asia Tenggara. Amazing!

Istana Raya Bogor

Di dalam kebun seluas 87 hetar ini juga ada sebuah istana yang dahulunya digunakan sebagai temapt tinggal Raffles saat menjadi Gubernur Jendral Hindia Belanda. Istana Bogor dibangun oleh Gubernur Jendral Van Imhoff.

Kemudian pada tahun 1954, Istana Kebun Raya Bogor menjadi bangun bersejarah sebagai Gedung pertemuan Konferensi Bogor. Konferensi yang mengawali adanya Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955.

Rute Wisata Kebun Raya Bogor

Kalau kamu kebingungan mau mulai darimana unutk menelusuri Kebun Raya Bogor ini. Coba ikuti rute yang akan diberikan berikut ini ya.

Start dari Tugu Reffles -> Taman Teisjmann -> Makam kuno Belanda -> Kolam depan Istana Bogor -> Melihat bunga bangkai (Amorphophalus titanum) -> Jembatan Gantung Merah ->Taman Astrid -> Taman Air, Taman Mexico dan Patung Sapi -> Museum Zoologi -> Finish di Garden Shop Kebun Raya.

Cobalah untuk mengikuti rute di atas agar kamu tidak kebingungan saat berwisata di Kebun Raya Bogor.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Tarif yang harus kamu bayar saat berwisata di Kebun Raya Bogor adalah sebagai berikut :

  1. Tiket Masuk Rp 14.000 per orang
  2. Tiket Khusus Wisatawan Asing Rp 25.000 per orangnya
  3. Kendaraan roda empat untuk berkeliling Rp 30.000
  4. Tiket Parkir roda dua Rp 5.000
  5. Tiket Sewa Sepeda keliling Rp 5.000

Tarif bisa saja berubah kapan saja tergantung dari kebijakan pengelola Kebun Raya Bogor. Dengan tiket itu, kamu juga sudah bisa masuk ke dalam Museum Zoologi serta mendapatkan Asuransi dari Jasa Raharja yang di distribusikan oleh Pemkot Bogor.

Pada hari libur, kamu tidak diperbolehkan membawa kendaraan masuk ke dalam Kebun Raya Bogor.

Aturan Berwisata Di Kebun Raya Bogor

Taman yang ada dikebun raya Bogor sungguh sangat indah dan masih alami sejak pertama kali dibangun dahulu. Ada juga pohon sawit yang pertama kali dibangun di sini. Jadi jangan sampai ketika berwisata ke Kebun Raya Bogor kamu membuang Sampah sembarangan, merusak tanaman dan melakukan tindakan Vandalisme. Tidak perlu melakukan semau hal itu karena itu akan merusak keindahan Kebun Raya Bogor yang sudah dijaga dengan baik sampai hari ini.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan selam di Kebun Raya Bogor. Jadi kamu tidak akan bosan berada di sana. Kamu bisa berfoto dengan banyak latar tempat yang mempesona serta melihat aneka anggrek dan tanaman – tanaman yang sudah berumur ratusan tahun.

Menarik sekali bukan berwisata di Kebun Raya Bogor? Jangan lupa kunjungi juga taman kaktus , taman bersejarah Taman Teysmann, sebuah taman bergaya Eropa yang dibangun tahun 1889 sebagai penghargaan kepada Johannes Teysmann, salah seorang kurator Kebun Raya Bogor.

Selamat berkeliling dan nikmatilah pesona alam dan aneka jenis tumbuhan dan pepohonan di Kebun Raya Bogor.