10 Tempat Wisata Di Bogor Paling Memikat

Bogor atau biasa disapa Kota Hujan yang berada di sebelah Selatan Jakarta itu, punya beberapa tempat keren yang tidak kalah menarik dikunjungi wisatawan domestik atau mancanegara di antara kota-kota lainnya. Karena, Bogor yang sudah lama dikenal Belanda dengan nama Buitenzorg, yang memilki arti “tanpa kecemasan atau aman tenteram” punya daya pikat khas tersendiri mengenai sejarah dan kebun raya legendarisnya itu.

responsive

Berikut, inilah tempat wisata di Bogor paling memikat dari AngkutKoper.com

  1. Istana Bogor
Istana bogor, sumber instagram @iamhael

Seperti halnya monas untuk Jakarta, seperti itulah arti Istana Bogor. Memasuki tempat wisata Bogor satu ini, kita bisa merasakan tubuh tiba-tiba menjadi segar. Karena, lingkungan di sini masih sangat asri dan sejuk. Ada banyak karya seni di dalamnya, seperti keramik, lukisan-lukisan yang berjumlah kurang lebih berkisar 480-an juga patung-patung yang berjumlah berkisar 200-an.

  1. Kebun Raya Bogor
Kebun raya bogor, sumber: instagram @gunturpgst

Destinasi wisata paling hijau yang menyegarkan mata memandang adalah Kebun Raya Bogor ini. Gimana enggak, ada lebih dari 15 ribu berbagai macam jenis pohon dan tanaman yang tumbuh subur di

kebun ini. Dan tempat wisata satu ini pula adalah kebun botani paling tua di Asia. Jadi, di Kebun Raya Bogor ini, bukan cuma dijadikan wisata bersenang-senang aja, melainkan juga dipakai sebagai pendidikan untuk observasi bermacam-macam jenis tanaman tadi. Kebun Raya Bogor ini sangat cocok untuk kamu yang sedang meneliti sekaligus berlibur. Satu hal lagi, ada danau indah di belakang kebun ini yang bagus untuk berfoto-foto. Airnya bening bersatu dengan tumbuhan hijau di sekitarnya. Udaranya yang segar bakal manjain napas kamu dalam satu waktu. Kebun Raya Bogor ini berlokasi di Jalan Ir. Haji Jukamu No. 13 Kota Bogor. Harga tiket masuk berkisar 14 ribu/orang.

  1. Prasasti Batu Tertulis
Prasasti batu bertulis, sumber: sepanjangjk.wordpress.com

Pernah denger nama Surawisesa? Enggak? Surawisesa itu salah satu anak dari Prabu Siliwangi pada zaman Kerajaan Pajajaran. Nah, Prasasti Batu Tertulis inilah peninggalan Kerajaan Pajajaran sewaktu dipimpin anak Prabu Siliwangi, Surawisesa. Di prasasti batu ini, ada beberapa kalimat yang ditulis dengan bahasa Sunda Kuno yang tujuannya mengenang ayah tercinta, Prabu Siliwangi. Enggak cuma itu aja, di tempat ini, ada pula Batu Tapak, yaitu bekas telapak kaki Surawisesa dan meja batu untuk menaruh sesajen pada zaman itu. Jadi, tempat wisata ini cocok untuk kamu yang ingin mengenal lebih dalam mengenai sejarah zaman Kerajaan Pajajaran.

  1. Kampung Budaya Sindangbarang
Kampung budaya sindangbarang bogor, sumber: instagram @jannatayoga

Seperti namanya, tempat wisata ini seperti perkampungan tua atau pada masa paling lampau yang sudah berdiri sekitar abad ke 12. Nah, menurut sejarah, Kampung Budaya Sindangbarang ini adalah keraton tempat tinggal salah satu istri Prabu Siliwangi dulu. Di sini, kita bisa menikmati berbagai macam pertunjukan budaya dan kesenian sunda, seperti tari-tarian tradisional, calung dan anklung gubrag. Dan yang menjadi ciri khasnya adalah rumah-rumah sunda yang berjejer dengan rapih. Kita bisa ngerasain suasana pedesaan yang amat kuat. Oh, ya, Kampung Budaya Sindangbarang ini berlokasi di Jl. Endang Suma Wijaya RT02 RW08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Jawa Barat.

  1. Situ Gede
Situ gede bogor, sumber: instagram @adikazan

Tempat wisata enggak kenal waktu adalah Situ Gede ini. Maksudnya, orang-orang yang mengunjungi Situ Gede enggak cuma pada saat liburan panjang aja, tapi bisa juga setiap hari. Situ Gede ini adalah wisata refreshing yang cocok setelah sibuk bekerja. Situ atau setu itu berarti telaga atau danau. Nah, di danau kecil ini, kita bisa bersantai di gazebo kayu melihat pemandangan air yang jernih atau memancing, berperahu dan berjalan-jalan. Satu lagi, di sini adalah tempat orang-orang biasa melakukan pembuatan sinetron ftv. Udaranya seger, bisa ngisi semangat kita yang hampir redup. Situ Gede berlokasi persis di tepi hutan Dramaga.

  1. The Jungle Water Adventure
The jungle water adventure bogor

Tempat wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga dan orang-orang tercinta untuk seru-seruan. Di The Jungle ater Adventure ini, ada berbagai macam wahana air yang menyenangkan dan menegangkan, seperti Kiddie Pool, Slide Pool dan Tube Slide yang jalur lintasannya cukup panjang sekitar 100 meter dengan ketinggian 200 meter. Dan enggak kalah mengasyikan, di sini memiliki tempat bersantai di tengah-tengah kolam berenang. The Jungle Water Adventure berlokasi di Jalan Bogor Nirwana Boulevard Dreded Pahlawan, Perumahan Bogor Nirwana Resident, Jawa Barat. Di buka mulai dari jam 10.00 pagi sampai 06.00 malam. Harga tiket masuk tempat wisata ini berkisar 80 ribu sampai 100 ribu.

  1. Taman Wisata Matahari
Taman wisata matahari, instagram @djati_pramitasari

Kalau kamu berwisata bersama anak-anak, Taman Wisata Matahari adalah tempat yang tepat. Ini adalah tempat wisata yang edukatif untuk anak-anak. Ada berbagai macam outbond di sini yang tentunya mengedukasi. Mulai dari wahana sawah dan kebun sayur. Enggak cuma itu, buat kamu yang suka tantangan dan ngetes nyali, di tempat ini ada berbagai wahana menantang adrenalin yang sudah pasti buat kamu berteriak histeris, seperti arung jeram, flying fox dan wahana rumah hantu. Taman Wisata Matahari ini berlokasi di Jalan Raya Puncak KM. 77-78, Cilember, Jogjogan, Cisarua, Jawa Barat.

  1. Taman Riung Gunung
Taman riung gunung bogor, instagram @erina_alibasjah

Ini adalah tempat wisata yang cocok kalau kamu ingin berjalan-jalan menikmati harum daun teh hijau. Menyegarkan napas dan menyejukan tubuh. Dan kamu ingin berlama-lama di Taman Riung Gunung ini, ada banyak penginapan yang bisa kamu ambil, yang mana di tempat ini terdapat kolam berenang, area berkemah bersama keluarga dan terapi ikan yang menenangkan. Tentunya dalam konsep hijau alam yang terbuat dari daun teh. Taman Riung Gunung ini berlokasi di tepi jalur puncak pada km 40. Harga tiket amat terjangkau, berkisar 5 ribu/orang.

  1. Air Terjun Bidadari

Tempat wisata ini menjadi paling banyak dikunjungi saat masa liburan.

Air terjun bidadari sentul, instagram @saajooh

Air Terjun Bidadari ini mempunyai tinggi berkisar 75 meter yang bersumber dari mata air hutan lindung. Nampak sangat cantik karena lingkungan sekitar dibuat senyaman mungkin, salah satunya dengan jembatan, kolam berenang dan perahu tangan. Ditambah, dengan adanya flying fox, tempat wisata ini memudahkan mata kita melihat pemkamungan sekitar yang sangat indah. Di katakan Air Terjun Bidadari, menurut orang sekitar, sehabis hujan ada pelangi di air terjun itu yang dipercayai sebagai bidadari turun dari surge untuk mandi di telaga. Tempat wisata ini terletak di sekitar Sentul Paradise Park. Harga tiket masuk berkisar mulai dari 25 ribu sampai 40 ribu. Di buka mulai dari jam 08.00 pagi sampai 05.00 sore

  1. Air Panas Ciparay
pemandian air panas ciparay bogor, sumber: dolanmu.com

Bersantai dan berendam di air panas adalah jawaban yang tepat untuk menenangkan diri. Lingkungan di Air Panas Ciparay ini, terasa sangat alami. Tumbuhan hijau di sekitarnya, udara segar dan semilir angin yang menyatu dengan pohon menambah suasana yang tenang dan damai. Tempat wisata di berlokasi di Kawasan Taman Nasional Halimun, Kampung Ciparay, Desa Gunung Sari, Kec.Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Harga tiket masuk berkisar 4 ribu/orang.

Nah, itulah tadi 10 tempat wisata di Bogor yang paling memikat. Semoga dapat membantu kamu yang sedang memilih tempat-tempat wisata yang ingin kamu kunjungi di Bogor.