10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Di Jogja memang ada banyak sekali tempat wisata, tapi setelah disortir, kami menemukan 10 tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Tempat ini disortir berdasarkan tingkat keramaian pengunjung setiap bulannya, tingkat kepuasan pengunjung, dan informasinya yang paling banyak dicari oleh para netizen.

responsive

Menurut perhitungan kami, estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi semua tempat ini adalah sekitar 5 hari. So, kalau kamu sedang merencanakan trip ke Jogja dalam 5 hari, maka kamu harus membaca artikel ini sampai habis.

  1. Candi Borobudur
Candi borobudur, sumber: Pinterest

Menurut lokasi, Candi Borobudur memang bukan terletak di Jogja. Tapi kalau kamu datang ke Jogja tanpa mengunjungi Borobudur, maka kamu termasuk orang-orang yang merugi. Candi ini terletak di Kabupaten Magelang – Jawa Tengah. Perjalanan menuju candi ini dari Jogja hanya membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam saja.

Candi Borobudur wajib untuk dikunjungi karena merupakan salah satu situs keajaiban dunia. Disini kamu akan menemukan keindahan arsitek zaman dulu yang tetap kokoh walaupun usianya sudah berabad-abad.

  1. Pantai Indrayanti
Pantai indrayanti, sumber: naturalsunrisetour.com

Pantai ini merupakan salah satu destinasi populerdi Yogyakarta. Lokasinya terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Kab. Gunungkidul. Kalau kamu berangkat dari kota Jogjakarta menggunakan mobil, maka kamu akan menempuh waktu sekitar 2 jam.

Banyak orang mengatakan kalau Pantai Indrayanti ini merupakan pantai paling romantis yang ada di Jogja. Ini disebabkan karena di sekitar pantai ada banyak café yang cocok dijadikan spot tongkrongan dengan pemandangan pantai.

  1. Candi Prambanan
Candi prambanan, sumber: klikhotel.com

Selain Borobudur, di Jogja juga ada candi lain yang tidak kalah menarik. Yaitu Candi Prambanan. Lokasi Candi Prambanan tidak begitu jauh. Candi Prambanan menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Jogja. Untuk bisa mencapai lokasi ini kamu hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja.

Candi Prambanan merupakan salah satu candi terbesar milik Indonesia. Keindahan bangunan bersejarah ini akan membuat kamu kagum. Konon, sejarah Candi Prambanan masih belum bisa dipastikan kebenarannya. Ada banyak versi cerita yang beredar di kalangan masyarakat. Namun tidak ada satupun yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Ini disebabkan karena candi ini sempat terbengkalai berpuluh-puluh tahun lamanya.

  1. Pantai Parangtritis
Pantai parangtritis yogyakarta, sumber: telusurindonesia.com

Yuk kembali ke pantai. Di Jogja memang ada banyak tempat wisata berupa pantai. Pantai Parangtritis salah satu pantai yang paling terkenal di seluruh Indonesia. Kalau kamu datang ke Jogja tapi ga ke pantai ini, itu tandanya kamu kuper. Hehee..

Selain menikmati sunset, disini kamu juga bisa having fun bermain pasir pantai, menyewa ATV, atau berkeliling dengan menunggang kuda. Paling enak nih kalau sudah capek bermain di pantai ini, selanjutnya kamu bisa menikmati makanan laut di pantai Depok. Lokasi pantai Depok sangat dekat dengan pantai Parangtritis karena berada bersebelahan.

  1. Malioboro
Malioboro jogja, sumber: instragram (octriaa.dh)

Ini dia salah satu icon kota Jogja yang paling terkenal. Kalau datang ke Jogja, pastinya tidak mau dunk melewati tempat wisata yang satu ini. Malioboro adalah tempat wisata yang tidak pernah bosan untuk dikunjungi. Disini kamu akan merasakan suasana yang Jogja banget.

Malioboro terletak di nol kilometer kota Jogja. Setiap harinya lokasi ini selalu ramai dikunjungi baik wisatawan lokal maupun manca. Disini kamu bisa membeli cinderamata, oleh-oleh, atau kamu juga bisa belanja baju sepuasnya. But, kalau kamu belanja di Malioboro, kamu harus pintar-pintar menawar, karena tidak jarang ada pedagang yang suka menaikkan harganya terlalu tinggi karena melihat calon pembeli yang bukan orang asli Jogja.

  1. Goa Pindul
Goa pindul jogja, sumber: goapindul.com

Tempat wisata yang satu ini lagi ngetrend di Jogja. Selain menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, di Goa Pindul kamu juga bisa berwisata air dengan teman-teman atau keluarga.

Di Goa Pindul ada beberapa paket wisata yang ditawarkan. Disini kamu bukan hanya bisa menikmati Goa Pindul saja. Kamu juga bisa menyelusuri sungai oyo atau Goa-Goa lainnya seperti Goa Gelatik, Goa Sriti, Goa Emas, dan Goa Asri. Lokasi goa-goa ini saling berdekatan, kamu bisa mengunjungi semuanya dalam satu waktu. Perlokasinya kamu akan dikenakan biaya sekitar 35.000 saja.

  1. Air Terjun Sri Gethuk
Air terjun sri gethuk, sumber: instagram (heryfosil)

Setelah kamu menikmati wisata Goa Pindul, selanjutnya kamu bisa mampir ke wisata air terjun Sri Gethuk. Lokasi air terjun inipun tidak jauh dari lokasi wisata Goa Pindul. Disini kamu akan dimanjakan dengan air terjun yang mengalir deras tanpa memandang musim.

Suara gemuruh air terjun Sri Gethuk memecah heningnya alam sekitar Gunungkidul. Sri Gethuk terletak di areal persawahan. Kalau bicara tentang wisata Gunungkidul, tentunya tempat wisata yang satu ini tidak boleh terlewatkan.

  1. Pantai Pok Tunggal
Pantai pok tunggal, sumber: instagram (milan2707b)

Ini dia, pantai yang paling perawan di Jogjakarta. Disebut perawan karena keindahan alam di pantai ini masih jarang disentuh oleh wisatawan. Pantai Pok Tunggal terletak di antara pantai Indrayanti dan pantai Siung. Disini kamu akan menemukan pasir yang masih sangat putih dan panorama yang luar biasa.

  1. Museum Affandi
Museum affandi, instagram (sha.eir)

Sekarang, mari lupakan sejenak wisata alam. Khususnya untuk kamu pecinta seni, maka kamu wajib untuk mengunjungi Museum Affandi. Museum ini mempamerkan karya-karya seni dari sang maestro Affandi. Ada banyak sekali lukisan-lukisan indah yang menempel di dinding-dinding museum. Museum Affandi terletak di pusat kota, tepatnya tidak jauh dari kampus UIN Sunan Kalijaga.

  1. Bukit Bintang Jogja
Bukit bintang jogja, sumber: instagram (wahyupintoko)

Alright, setelah kamu menikmati 9 tempat wisata di Jogja diatas, sebaiknya kamu menutupnya dengan mengunjungi Bukit Bintang Jogja di malam hari. Dari sini kamu bisa melihat indahnya kota Jogja dari ketinggian sambil menikmati secangkir kopi panas. Bukit Bintang Jogja terletak di Gunungkidul. Tidak sulit untuk menemukan lokasi ini. Arahkan saja kendaraan kamu ke Gunungkidul, nanti dengan sendirinya kamu akan menemukan lokasi ini. ada banyak café-café yang berdiri ditepi-tepi jurang. Kamu bisa memilih salah satu café yang cocok untuk ditongkrongin sambil menikmati kota Jogja dari atas bukit.

Baca juga: Hotel murah jogja

Kesepuluh tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi ini bisa kamu nikmati semuanya dalam waktu 5 hari. Sebenarnya ada banyak sekali surge-surga tersembunyi di Jogja. Lain waktu kita akan membahasnya. Kalau kamu punya tambahan tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, kamu bisa menambahkannya di kolom komentar dibawah.