10 Wisata Alam Bandung Yang Indahnya Enggak Terbantah

Bandung bukan lagi kota yang asing bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Selain kuliner yang nikmat dan unik, Bandung juga didukung keindahan alam yang masih alami dan terjaga. Enggak heran kalo para turis memasukkan Kota Hujan ini dalam jadwal yang mesti dikunjungi. Oleh karena itu, Angper sudah mengumpulkan beberapa data mengenai wisata alam di Bandung yang terkenal dan banyak dikunjungi. Berikut, 10 wisata alam Bandung yang indahnya enggak terbantah;

responsive

Baca juga: 10 Tempat Kuliner Di Bandung Yang Paling Rame Dikunjungi

  1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu, instagram @irmanismail11

Seperti yang kita tahu, wisata alam Bandung satu ini punya legenda cinta terlarang yang amat terkenal, yaitu dikisahkan seorang pemuda bernama Sangkuriang yang ingin menikah dengan Dayang Sumbing, ibu kandungnya sendiri. Yang mana, si ibu memang awet muda. Dayang Sumbing yang mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anaknya, meminta 1 syarat yang berat, yaitu membuat danau beserta perahunya dalam waktu singkat, semalam saja. Singkat cerita, Sangkuriang gagal memenuhi syarat itu dan tidak jadi menikah. Lantas, Sangkuriang marah besar dengan menendang perahu yang telah dibuatnya itu. Dan, kemudian perahu itu jatuh terbalik menjadi sebuah gunung yang bernama Gunung Tangkuban Perahu.

Apa kamu percaya dengan legenda itu? Dari yang kita lihat memang bentuk gunung itu serupa dengan perahu yang terbalik. Soal keindahan dengan ketinggian 2.084 m, Gunung Tangkuban enggak akan mengecewakan kamu. Jalan untuk mencapai lokasi juga sangat mudah. Wajar saja, bila wisata satu ini enggak pernah sepi dikunjungi.

Gunung Tangkuban Perahu ini berlokasi di 20 Km sebelah utara dari Bandung.

Harga tiket masuk mulai dari Rp. 7.000 (untuk kendaraan bermotor)

  1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey, instagram @nanorepz

Kalau kamu ke Bandung, wajib mengunjungi tempat wisata alam satu ini. Hawa dingin di lokasi, pemandangan kawah yang bertanah putih dan ditambah warna air di kawah putih ini bisa berubah-ubah warna tergantung dengan cuaca dan suhu. Enggak cuma itu, di kawah putih ini memiliki kabut tebal yang juga bisa berubah-ubah tiap beberapa menit. Sehingga menjadikan wisata alam satu ini memberikan pengalaman baru yang indah untuk dinikmati dan sayang dilewatkan begitu saja. Dan, tempat wisata satu alam ini mudah dicapai dengan kendaraan umum atau pribadi. Karena jalan menuju Kawah Putih Ciwidey sudah diperbaiki.

Kawah Putih Ciwidey berada di Jl. Raya Soreang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Buka mulai jam 07.00 – 17.00 Wib.

  1. Tebing Keraton

Tebing Keraton Bandung, instagram @tari_ds

Tempat wisata satu ini, sangat hangat untuk dibicarakan karena keindahan yang luar biasa berbeda dengan yang lainnya. Tebing Keraton ini sudah lama ada, tapi baru-baru ini warga Bandung menjadikanya spot wisata. Di sini kita bisa melihat hutan dan kabut lebat serta pemandangan kota Lembang. Cocok dikunjungi saat matahari tenggelam atau terbit, karena view dari Tebing Keraton sangat indah. Dengan ketinggian 1250 mdpl, kita leluasa melihat matahari perlahan-lahan tenggelam dibalik hamparan pohon-pohon pinus yang berbaris rapih kemudian ditutup dengan udara segar nan sejuk.

Tebing Keraton ini berada di dalam kawasan Tahuran Djuanda, desa Ciburial, Kabupaten Bandung (kawasan Bandung Utara) atau lebih tepatnya berada di kampung Ciharagem Puncak.

  1. Situ Patenggang

Situ Patenggang, instagram @erwin_nugraha81

Ini merupakan wisata alam Bandung yang berupa danau. Konon, menurut legenda Situ Patenggang ini berasal dari bahasa sunda yang berarti “saling mencari”. Diceritakan, dahulu kala ada sepasang kekasih bernama Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka hilang satu sama lain. Masing-masing dari mereka saling mencari dan akhirnya dipertemukan di danau ini. Karena rasa syukurnya, Ki Santang membuatkan danau dan perahu untuk berlayar bersama. View yang ditawarkan Situ Patenggang memang enggak diragukan lagi keindahannya. Dari ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, menghasilkan pemandangan eksotis, udara yang segar, bau basah, air jernih dan pepohonan rindang. Mitosnya, jika kamu ke danau ini, kisah cinta kamu akan abadi. Seperti Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Situ Patenggang berlokasi di Kawasan Ciwidey, 35 Km dari Kota Bandung.

Tiket masuk berkisar Rp. 18.000/orang.

  1. Curug Malela

Curug Malela, instagram @ariefsput

Ini adalah air terjun yang berasal dari sungai sebelah utara Gunung Kendeng, Gunung berapi yang berada di sebelah utara Ciwidey. Air terjun setinggi 60 meter dan lebar 70 meter ini berhasil menyuguhkan pemandangan eksotis. Kita bebas menikmati dan mencicipinya dengan berenang atau menikmati langsung tumpahan air terjun. Enggak cuma satu aja, tetapi 5 air terjun. Suasana yang menenangkan menambah khas Curug Malela ini.

Lokasinya berada di desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Gununghalu Kabupaten Bandung Barat.

  1. Cimanggu

Air panas cimanggu, instagram @nina_mitmaina

Untuk kamu yang jenuh dengan rutinitas dan ingin menenangkan pikiran, Pemandian Air Panas Cimanggu ini pilihan yang tepat. Cimanggu ini menjadi tempat wisata alam popular orang-orang Bandung. Udaranya sangat sejuk, dingin dan fresh karena berdekatan dengan kawasan taman alam hutan lindung. Keindahan alamnya masih alami dan terjaga. Selain pemandian air panas, ada berbagai wahana lainnya, seperti; Flying fox, Playing Ground, Hi-Rope, penyewaan kuda, Atv roda 4 serta outbound. Di sini juga menyediakan penginapan yang berornamen klasik.

Cimanggu berlokasi di Jl. Raya Ciwidey, Patenggang Km 13, Patengan, Rancabali, Kab Bandung, Jawa Barat.

  1. Dago Pakar

Dago Pakar, instagram @ainii_03

Ini tempat wisata alam Bandung yang cocok dinikmati dengan berjalan kaki. Dago Pakar atau Taman Hutan Raya Djuanda adalah wisata alam dengan ketinggian 800 sampai 1350 M di atas permukaan air laut. Di tempat ini, kita bisa merasakan keheningan dan sejuknya udara sambil mengenal peninggalan sejarah pada zaman Jepang dan Belanda. Ada Goa Belanda, Goa Jepang dan Bandung purba. Dago pakar memiliki berbagai jenis tumbuhan, seperti pohon pinus, kaliandra, bambu, teklan, kayu manis dan lain-lain. Enggak Cuma tumbuhan, di sini terdapat hewan-hewan lucu yang berkeliaran, seperti musang, tupai, kera, burung kutilang, burung kepondang dan ayam hutan.

Dago Pakar berlokasi di Jl. Dago Pakar Permai Blok I No. 9 Ciburial, Cimenyan, Jawa Barat.

Harga tiket masuk Rp. 7.500/orang dan parkir Rp. 5.000 (untuk kendaraan bermotor) – Rp. 10.000 rupiah (untuk kendaraan roda empat).

  1. Wisata Alam Maribaya

Wisata Alam Maribaya, instagram @mphiwtt

Satu lagi air terjun Bandung yang enggak boleh kamu lewati. Di wisata alam Maribaya ini menyuguhkan beberapa air terjun dengan ketinggian 25 meter yang eksotis nan indah seperti benang sutra. Untuk menyambangi tempat ini, kamu bisa dengan menggunakan mobil atau tracking dari taman Hutan Raya Djuanda. Maribaya ini sangat cocok untuk rekreasi bareng keluarga. Tempatnya sejuk, dingin sebab diselimuti pohon-pohon rindang khas Maribaya.

Lokasinya berada di Jl. Maribaya, Lembang, Bandung Barat.

Harga tiket masuk Rp 8.000 per orang.

  1. Ranca Upas

Ranca Upas, instagram @asyidqi

Tempat wisata satu ini merupakan penangkaran Rusa Jawa guna melestarikan hewan tersebut dari kepunahan. Bumi Perkemahan Ranca Upas memiliki luas sekitar 215 hektar dan berada 1700 meter di atas permukaan air laut. Di sekitarnya, merupakan hutan lindung dengan berbagai macam tumbuhan seperti, pohon Jamuju, Kitambang, Kurai, Hamirug dan Kihujan. Di Bumi Perkemahan Ranca Upas ini juga menawarkan paket wisata seperti, Pemancingan, ATV, Family Camp, Fans Game, Kid Adventure, Yout Outing dan Outdor Training yang cocok untuk mengisi liburan bareng keluarga kamu. Kita juga bisa melihat pemandangan nan eksotis dan tentunya melihat dan memberi makan (wortel) Rusa yang begitu menggemaskan. Cervus timorensis atau Rusa Jawa ini memiliki bulu berwarna coklat kemerahan dan kedua kaki berwarna lebih cerah dari anggota tubuh yang lain. Bumi Perkemahan Ranca Upas ini sudah memelihara 11 ekor Rusa Jawa dan 6 di antaranya Rusa Jantan. Tempat ini berhawa dingin nan sejuk. Di sekitar, tentu saja sudah menyediakan tenda untuk berkemah dan enggak ketinggalan, juga ada warung yang menjual berbagai macam makanan yang menghangatkan dan kolam pemandian yang menyegarkan.

Bumi Perkemahan Ranca Upas berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Harga tiket masuk Rp. 10.000/orang, Rp. 5.000/kendaraan roda 4, Rp. 2.000/kendaraan roda dua.

  1. De Ranch

De Ranch Lembang, instagram @shalsaz_

Kalau kamu mau pengalaman baru dengan mencoba memerankan koboy, jangan lupa mengunjungi De Ranch. Di sini, kamu bakalan nikmati udara sejuk yang mendamaikan sambil berkeliling menunggangi kuda ala koboy dengan mengeluarkan kocek Rp. 20.000 atau mengamati peternakan kuda. Pemandangan di sini juga bagus dan menyehatkan mata, karena banyak pepohonan hijau di sekitar yang tentu saja memberi kesegaran. Enggak cuma itu, De Ranch juga menawarkan wahana lain agar kamu enggak bosan seperti; flying fox sampai rock climbing. Tempat ini cocok dijadikan acara outbound keluarga atau sekolah.

De Ranch berlokasi di Jl. Panorama 1 No. 17 Lembang, Bandung.

Harga wahana berkisar mulai dari; Rp. 20.000 – Rp. 200.000 rupiah.

Nah, itulah tadi 10 tempat wisata alam di Bandung yang indahnya enggak terbantah. Semoga bisa membantu kamu yang sedang ingin berlibur di Kota Hujan ini. Oh, ya, kalau mau menambahkan wisata alam Bandung lainnya, silakan tulis di komentar. Terimakasih…