11 Wisata Kuliner Jogja Yang Bakal Bikin Kamu Balik Lagi

Yogyakarta. Saat kamu memutuskan untuk berlibur dan menikmati kota pelajar ini, saat itu pula secara enggak sadar Jogja diam-diam menanam “rindu” dalam diri kamu agar nantinya kamu punya keinginan untuk balik ke tempat ini lagi. Seperti yang semua orang tahu, Jogja enggak diragukan lagi kepopulerannya oleh dunia, secara di tempat ini penuh dengan budaya, adat, keindahan alam, dan pastinya kuliner yang lezatnya bukan lelucon.

Angper telah mengumpulkan beberapa data mengenai wisata kuliner di Jogja, yang bakal bikin kamu balik lagi. Dan rata-rata, siapapun yang pernah ke sini, menyetujui akan hal itu. Berikut, wisata kuliner Jogja yang bakal buat kamu ketagihan;

Baca juga: Bong Kopitown, Sensasi Makan Di Dalam Penjara

  1. Gudeg Yu Djum

Gudeg yu djum, instagram @putrifitrania

Gudeg adalah makanan paling wajib dicicipi di Jogja. Buat yang belum tahu, gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka muda dan santan. Warnanya coklat karena dibuat dengan daun jati secara bersamaan. Gudeg memiliki beberapa jenis, gudeg kering, gudeg basah, dan gudeg Solo. Tapi, di Gudeg Yu Djum ini, hanya menyediakan gudeg kering yang dicampur dengan nasi, sambal krecek (kulit sapi), tempe bacem, telur, ayam dan lain-lain. Gudeg Yu Djum sangat legendaris di Jogja. Ia sudah berdiri sejak tahun 1942. Dan, rumah makan ini ternyata sudah diwariskan secara turun temurun, loh. Soal rasa, gudeg ini gurih, manis, pedas tercampur menjadi satu. Dijamin kamu bakalan nambah deh. Gudeg ini sudah di-export ke Eropa. Nyatanya, Raditya Dika mengiyakan lezatnya cita rasa tempat dan makanan ini. Oh, ya. Menu andalan Gudeg Yu Djum selain gudeg tentunya, juga memiliki aneka minuman, seperti teh, jus jeruk dan lain-lain.

Ada beberapa lokasi, karena Gudeg Yu Djum ini memiliki banyak cabang.

Jl. Kaliurang Km 4,5 Karang Asem CT/III 22, telp; +62-274-515-968 (timur MM UGM)
Jl. Wijilan No. 167 Yogyakarta (timur Alun-alun Utara)
Jl. Kaliurang Km 5 Koncoran Gg. Sri Kraton 2 Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto Km 9 No. 6A Jogja (dekat Bandara Adisucipto)
Jl. Dagen No. 2C (Malioboro)
Jl. AM Sangaji No. 93 Monjali Yogyakarta
Jl. Wates Km 12 Kalakan, Bantul
Harga menu makanan berkisar mulai dari Rp. 8.000 – Rp. 100.000 rupiah.

  1. Raminten

The house of raminten, instagram @listiaatiaa

Restoran House Of Raminten yang berlogo Ibu-ibu memakai pakaian Jawa adalah tempat makan enak yang murah meriah dengan suasana Jawa banget. Mulai dari lagu-lagu yang diputar, ornament dan desain klasik khas Jawa sampai bau wewangian kemenyan yang khas. Tapi, kemenyan di sini bukan jadi hal mistis, ya, ini sekedar wewangian aja. Enggak cuma itu, di Raminten ini juga seluruh pelayan berbusana kemben dan batik. Alhasil, makan di sini, berasa seperti Raja Kraton. Soal rasa, Raminten enggak pernah main-main. Semua makanannya menggugah selera. Salah satunya, sego kucing. Nasi biasa dengan lauk sambal khas Jawa, teri, kerupuk renyah. Rasanya bener-bener khas, pedas sambelnya bikin nagih. Menu yang di sediakan beragam, seperti menu pada angkringan; sego kucing, nasi liwet, ayam, sate telur puyuh, sate usus dan beraneka minuman, seperti; jamu godoghan, aneka macam susu, dan minuman dari bahan-bahan rempah untuk menyegarkan tubuh.

Raminten memiliki tiga cabang yang berlokasi di:

Jl. Magelang Km 7,5 Melati (Dekat Lapangan)
Jl. Kaliurang Km 15,5 (Setelah kampus UII)
Jl. Fardinan Muridan Noto No. 7, Gondo Kusuman, Kota Baru,No. telepon (0271) 586928
Harga yang ditawarkan berkisar mulai dari Rp. 2.000 – Rp. 20.000. Buka 24 jam.

  1. Bakpia Pathok 25

Bakpia Pathok 25, instagram @endaaputraa

Untuk kamu yang berada di Jogja, bakpia juga adalah oleh-oleh wajib yang harus kamu beli. Bakpia adalah kue yang terbuat dari kacang hijau dibalut tepung dan dipanggang. Kuliner ini memang sudah legendaris sejak tahun 1942. Sekarang, ada berbagai macam rasa bakpia, mulai dari kacang hijau, nanas, coklat, ubi ungu dan kumbu hitam. Nah, untuk menambah pengalaman kamu yang pasti bakal seru, coba kamu membeli kuliner satu ini langsung dari pabriknya. Jadi kita bisa melihat proses pembuatannya dari mentah sampai matang.

Lokasinya berada di Jl. AIP II KS Tubun NG I/504 atau ada juga yang di Jl. Mataram, Jogja.
Harga berkisar mulai dari Rp. 17.500 – Rp. 22.000 rupiah.

  1. Sate Klatak Pak Pong

Sate Klatak Pak Pong, instagram @riani03

Kalau kamu hobi makan sate kambing, Angper sangat merekomendasikan agar mencicipi kuliner itu di sini. Karena, sate satu ini berbeda dengan yang lainnya. Selain memang rasanya enak, yang menggunakan bumbu khas, sate ini juga unik. Pada umumnya, tusuk sate dengan menggunakan kayu, tapi Sate Klatak Pak Pong ini menggunakan jeruji besi sepeda. Katanya kalau pake jeruji besi sepeda, tingkat kematangannya rata dan rasanya menjadi khas.

Sate Klatak Pak Pong berlokasi di Jl. Imogiri Timur Km 7 Wonokromo, Bantul, Jogjakarta.
Harga berkisar Rp. 12.000 – Rp. 20.000 rupiah/porsi.

  1. Angkringan Lik Man

Kopi Jos Angkringan Lik Man, instagram @altoand

Setelah berada di Jogja, kamu enggak bakal asing lagi dengan yang namanya Angkringan. Tiap sudut kota Jogja, angkringan ini pasti ada. Maklum, tempat makan ini cocok untuk pelajar. Selain tempatnya asik untuk nongkrong, di angkringan ini, semua harga murahnya enggak bercanda. Tapi, untuk Angkringan, Angkringan Lik Man inilah yang paling spesial dan legendaris. Inilah angkringan pertama di Jogja yang sudah ada sejak tahun 1969. Menu makanannya hampir sama seperti menu angkringan lainnya; nasi kucing, sate telur, sate usus dan beraneka gorengan. Tapi, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi “Kopi Joss” di angkringan ini. Kopi Joss yaitu, Kopi yang dicelupkan bara arang. Gunanya untuk menetralisir kafein pada kopi. Rasanya dijamin mantap deh.

Angkringan Lik Man ini berlokasi di kawasan stasiun Tugu, Yogyakarta.
Harga berkisar mulai dari Rp. 5.000 – Rp. 20.000 rupiah saja. Buka dari jam 08.00 malam – habis.

  1. Kalimilk Jogja

Kalimilk Jogja, instagram @calvinaffendy

“Neneners” itulah sebutan unik bagi pelanggan kuliner satu ini. Di Jogja memang banyak sekali yang menjual aneka susu. Tapi, kami memilih Kalimilk Jogja karena tempat ini memang sangat popular di sana. Tempatnya juga nyaman, dengan desain semi terbuka, kita bisa merasakan kesejukan dan keramahan Jogja. Beberapa menu yang ada di Kalimilk Jogja, di antaranya; beraneka rasa susu mulai dari coklat, cookies, durian dan beberapa snack. Ada dua porsi yang ditawarkan di sini, porsi jumbo atau gajah dan porsi medium. Apa kamu sudah tertarik menjadi “Neneners”?

Kalimilk Jogja berlokasi di Jl. Kaliurang Km 4,9, Yogyakarta.
Harga berkisar mulai dari Rp. 8.000 – Rp. 12.000 rupiah. Jam buka 11.00 – habis.

  1. Waroeng SS (Spesial Sambal)

Menu Waroeng SS, instagram @helianaang

Buat kamu yang doyan atau penggemar berat pedas, masukan list ini untuk segera dikunjungi. Ada 28 varian sambal di tempat makan ini dan semuanya bakal manjain lidah kita. Mulai dari sambal belut (smack down), yaitu sambal yang terbuat dari cabe segar dan dicampur dengan belut goreng. Rasanya gurih-gurih crispy. Dan inilah yang sebenernya cocok untuk teman makan nasi. Enggak cuma sambal belut, di sini juga ada sambal terasi Lombok hijau, sambal terasi segar, terong goreng, sambal plencing jawa, tahu dan lele goreng dan minuman seperti teh manis dan lain-lain.

Waroeng SS memiliki beberapa cabang yang berlokasi di Jogjakarta:

Jl. Raya Mertoyudan No.477, Magelang
Jl. Kaliurang KM 3
Jl. Moses Gatot Kaca Blok B No.10 (Timur Pertigaan Babarsari)
Jl. Godean KM 5
Jl. Monjali
Jl. Glagah Sari No. 78
Jl. Pandega Marta
Harga berkisar mulai dari Rp. 4.500 – Rp. 150.000 rupiah.

  1. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti, instagram @whatvinaeat

Kuliner pedas satu ini wajib dicicipi karena menantang. Oseng Mercon Bu Narti ini sudah lama ada di Jogja sekitar tahun 1998. Rasanya bakal bikin kamu sering-sering ngelap keringet, merem-melek dan napas ngos-ngosan pada satu waktu bersamaan. Makanan pedas satu ini terbuat dari kikil, gajih, tulang muda dicampur bumbu pedas. Di tambah taburan cabe di atasnya. Mantap! Selain Oseng Mercon itu, ada menu makanan lain, seperti bebek, lele, burung dara, ayam yang bebas dipilih, mau dibakar atau digoreng.

Oseng Mercon Bu Narti berlokasi di Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan
Harga berkisar mulai dari Rp. 2.000 – Rp. 20.000 rupiah. Buka pada jam 18.00 – 20.00.

  1. Mie Telap 12

Mie Telap 12, instagram @lalaldila

Nah, kuliner satu ini sangat unik. Telap sendiri masyarakat jawa mengartikannya adalah lahap. Di sini, menyajikan hidangan persis banget seperti gambar atau bungkus aslinya. Maksudnya, saat kamu memesan mie dengan gambar potongan rendang atau telur, maka akan dihidangkan seperti itu dengan toping yang dibuat sedimikian mirip, rapih dan cantik. Jadi, kamu enggak perlu merasa iri lagi dengan iklan mie yang sering nongol di tv itu. Adapun menu minuman di Mie Talap ini, menyediakan; soda float, aneka susu dan lainya.

Mie Telap 12 berlokasi di Jl. Pandean 10B, Yogyakarta.
Harga berkisar mulai dari Rp. 8.000 – Rp. 12.000 rupiah. Buka jam 03.00 sore – 11.00 malam.

  1. Ayam Geprek Bu Rum

Ayam Geprek Bu Rum, instagram @alinech

Satu lagi kuliner cocok untuk kamu yang hobi pedas. Di Ayam Geprek Bu Rum ini, kita bebas memilih tingkat kepedasan makanan (boleh nambah cabe jika kurang pedas menurut kita). Ayam Geprek ini terbuat dari ayam tepung yang “digeprek” dan diulek bersama cabe. Rasa makanan ini gurih, pedas menyatu jadi satu. Menu makanan Ayam Geprek Bu Rum juga menyediakan tahu, tempe, telur dan sayur.

Lokasinya berada di Jl. Wulung Lor, Papringan Depok, Jogja.
Harga berkisar mulai dari Rp. 7.000 rupiah saja. Buka jam 10.00 – 16.00.

  1. Bakso Idola

Bakso Idola, instagram @nurilyuli

“Idola” begitulah kata orang Jogja mengenai bakso ini. Buat kamu pecinta bakso, di sini menyediakan beraneka macam jenis bakso. Mulai dari bakso komplit, bakso rusuk, juga ada mie ayam bakso. Rasa kuah yang gurih berkolaborasi dengan bakso dan rusuk benar-benar nyiptain kuliner yang bakal buat kita nagih untuk mengulangnya lagi. Menu minuman di Bakso Idola ini, antara lain; es teh, es jeruk dan es dawet ayu.

Lokasinya di Jl. Taman Siswa atau depan hotel Madukoro.
Harga berkisar mulai dari Rp. 10.000 – Rp. 12.000 rupiah. Buka jam 08.00 – 21.00

Baiklah, itu dulu rekomendasi dari Angper mengenai 11 wisata kuliner Jogja yang bakal bikin kamu balik lagi. Mana pertama kali yang ingin kamu datangi? Oh, ya. Jika ada saran dan tambahan lagi, tulis saja di kolom komentar, ya…