5 Makanan Khas Bogor Penggoyang Lidah, Nomor 4 Wajib Kamu Coba

Bogor adalah kota hujan. Kota yang terkenal dengan puncaknya. Kota yang sejuk dan menyegarkan. Senang rasanya saat bisa berlibur ke Bogor. Setiap kota pastinya mempunyai makanan khas. Termasuk Bogor. Bogor di dominasi oleh makanan bernuansa sunda karena masih masuk wilayah jawa Barat. Nah, bagi kamu yang berkunjung ke Bogor kamu wajib mencoba makanan khas Bogor yang bisa menggoyah lidahmu karena kenimatan rasanya.

responsive

Mungkin kamu mau tahu: 10 Tempat Wisata Di Bogor Paling Memikat

Langsung saja saya akan paparkan 5 makanan khas Bogor yang bisa menggoyang lidah untuk kamu semua.

  1. Roti Unyil
Roti unyil bogor, instagram @frozendessert_

Mendengar kata ‘Unyil’ pasti yang muncul adalah sosok boneka tangan yang sering muncul di televisi. Namun kali ini yang dibahas adalah makanan khas Bogor yang memiliki bentuk dan ukuran yang mini sehingga diberi nama roti unyil.

Tapi jangan salah, walaupun roti ini berbentuk unyil, rasa yang akan keluar ketika si unyil masuk ke dalam mulut akan membuat kamu tidak ingin berhenti untuk memakannya. Ada berbagai pilihan rasa yang bisa kamu nikmati. Fla Coklat, Kismis, Abon, Pisang Keju, Srikaya, Fla Jagung dan Sosis keju merupakan aneka rasa yang bisa kamu nikmati dari makana khas Bogor yang satu ini.

Kalau kamu mau merasakan semua pilihan rasa yang ada, sebaiknya datanglah dipagi hari agar kamu tidak kehabisan. Kamu benar benar wajib coba roti yang satu ini.

  1. Keripik Mbah Gugel
Keripik mbah gugel

Makanan khas Bogor berikutnya adalah keripik mbah gugel. Ini tidak ada hubungannya dengan mbah gugel yang bisa menjawab semua pertanyaan kita loh ya. Keripik ini hampir sama denga keripik maicih. Ada beberapa level rasa pedas yang bisa kamu rasakan. Makanan Khas Bogor yang satu ini sangat cocok dicoba buat para pecinta makanan pedas yang sedang berkunjung ke Bogor.

Mbah gugel tidak hanya menyediakan keripik singkong saja ternyata, tapi ada juga basreng alias baso goreng. Basreng ini juga dibuat dengan level yang bertingkat sehingga bisa kamu pilih sesaui dengan seberapa kuat kamu bisa melawan rasa pedas yang menggigit lidah.

  1. Asinan Sedap Gedung Dalam
Asinan sedap gedung dalam, instagram @adriana_shanti

Bicara soal Bogor maka tidak bisa melupakan makanan khasnya yang satu ini, yaitu asinan. Asinan adalah salah satu makanan khas yang sangat identik dengan Bogor. Asinan Sedap Gudang Dalam menawarkan rasa asinan yang gurih dan memanjakan lidah. Ada dua varian asinan yang bisa kamu pilih. Ada asinan buah dan asinan sayur. Keduanya memiliki sensasi tersendiri dan hanya bisa kamu ketahui kalau kamu sudah mencobanya.

Untuk yang sudah begitu penasaran dengan makanan khas Bogor yang satu ini kamu bisa langsung meluncur ke Asinan Sedap Gudang Dalam yang berlokasi di Jalan Siliwangi No. 27C atau di Jalan Pajajaran No. 1 Komplek Ruko V, Bogor.

Yang membuat asinan sedap gudang dalam wajib kamu cicipi adalah rasanya belum berubah sejak pertama kali dibuka pada tahun 1978. Mantap.

  1. Pangsit Pengantin
Pangsit pengantin bogor, instagram @nyonyokecil

Dari namanya mungkin pangsit ini ditujukan untuk mereka yang baru menikah. Alias pasangan pengantin yang masih mesra – mesranya. Biasa, namanya juga pasangan baru. Pangsit pengantin adalah makanan khas Bogor yang maknyos dan wajib sekali kamu coba saat kamu berada di Bogor.

Pangsit ini terdiri dari suun (sejenis bihun namun teksturnya lebih kasar) yang didampingi dengan toping ayam cincang, irisan bawang, irisan rollade, dan tentu saja pangsit. Kuahnya terbuat dari kaldu ayam yang dituangkan saat masih panas. Benar – benar bisa memberikan rasa segar dimulut dan bersemangat untuk segera menghabiskan kuliner khas Bogor yang satu ini. Apalagi kalau kamu berani menambahkan sambal yang terbuat dari cabe rawit. Rasanya akan semakin maknyos.

Kalau kamu sudah tidak sabar untuk dapat merasakan pangsit pengantin ini segeralah ajak pasanganmu untuk menikmatinya bersama karena menurut cerita yang berkembang, dahulunya pangsit ini memang disajikan untuk pasangan muda yang memang sedang dimabuk asmara. Ohhh, romantis bangettt…

  1. Ngo Hiang Gang Aut
Ngo Hiang Gang Aut, instagram @stanzazone

Ngo Hiang Gang Aut atau yang lebih dikenal dengan Ngo Hiang adalah salah satu makan khas Bogor yang sudah tidak asing untuk masyarakat sekitar. Walaupun bagi kita masih terdengar sangat asing. Ngohiang ini memiliki tekstur yang hampir mirip dengan batagor.

Ngohiang disajikan dengan kentang goreng yang gurih, ditambah acar lobak dan bermandikan saus kacang yang sangat lembut. Membuat cita rasa Ngo Hiang akan sulit kamu lupakan.

Kalau ingin menikmati seperti apa itu Ngo Hiang kamu bisa menjumpainya dijalan besar Surya Kencana. Namun karena jalan ini satu arah kamu harus pelan – pelan, takutnya kamu kelewatan kan susah untuk muter baliknya.

Itulah 5 makanan khas Bogor yang bisa menggoyang lidah dan recomended banget untuk kamu coba saat sedang berkunjung ke Bogor.