8 Wisata Alam Bogor Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Menjadikan Bogor sebagai destinasi wisata alam adalah pilihan yang enggak terbantah. Seperti yang kita tahu, Kota Hujan ini memiliki udara yang segar, berwatak alam dan menenangkan. Enggak heran, kalau Bogor menjadi salah satu tempat wisata paling serind dan banyak dikunjungi saat liburan. Nah, untuk kamu yang berlibur di Bogor, jangan melewatkan wisata alam ini. Apa aja? Berikut, 8 wisata alam Bogor yang wajib kamu kunjungi.

responsive
  1. Gunung Gede

Gunung gede, instagram @b_andi1970

Gunung Gede adalah tempat wisata alam yang bukan asing lagi, khususnya pagi pendaki. Gunung Gede memberikan sajian alam dari ciptaan Tuhan yang enggak main-main indahnya. Mulai dari matahari terbit sampai matahari terbenam. Mendaki Gunung Gede bukanlah untuk mengalahkan atau menaklukan gunung itu sendiri, tetapi mengalahkan atau menaklukan diri sendiri. Sebisa mana kemampuan kita berjuang. Nah, Gunung Gede itu salah satu guru buat diri. Gunung Gede memiliki ketinggian 1.000 – 3.000 meter di atas permukaan laut.

Gunung Gede berada di Jl. Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

  1. Gunung Pancar Bogor

Gunung pancar bogor, instagram @sameena.yasmin

Apa yang ada dipikiran kamu setelah membaca ini? Yap. Pemandangan nan eksotis dari Gunung emang enggak bisa dipungkiri. Segala-galanya nampak indah ketika kita berada di tempat tinggi dan sekaligus membuat kita merasa lebih kecil dari Maha Karya Tuhan yang lainnya. Di Gunung Pancar Bogor, kamu enggak cuma nikmati pemandangan itu aja, kamu bisa menikmati air panas yang punya kadar belerang cukup tinggi dengan membayar Rp. 10.000 saja. Baik untuk kesehatan kulit. Gunung Pancar memiliki ketinggian 300-800 mdpl. Ada beberapa hewan lucu yang bisa kamu temui di sini jika beruntung, seperti; ayam hutan merah, kera, owa, burung, jalak dan elang. Kamu bisa ke Gunung Pancar Bogor ini dengan kendaraan pribadi.

Gunung Pancar Bogor bisa kamu temui di Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Jawa Barat, Indonesia.

Harga tiket masuk;

  • 2.000/orang
  • 1.500/kendaraan mobil
  • 1000/roda dua.
  1. Goa Gudawang Bogor

Goa gudawang, instagram @daniibibink

Goa Gudawang cukup luas dan menarik untuk dikunjungi. Air, stalaktit dan stalakmit sudah pasti mudah kamu temui di wisata alam satu ini. Menariknya, ada tiga goa di sini, antara lain; Goa Simasigit; goa yang pendek sekitar 20 meteran. Goa kedua, yaitu Goa Simenteng; untuk memasuki goa ini enggak perlu lampu lagi, karena di dalam sudah ada penerangan lengkap dengan tangga-tangga. Goa ketiga, yaitu Goa sipahang; untuk memasuki goa ini sebaiknya menyewa guide. Kenapa? Soalnya goa satu ini banyak jalan berliku-liku dan cukup panjang sekitar 750 meter atau hampir 1 km. Tapi, soal keindahan Goa Gudawang Bogor enggak pernah bercanda.

Goa Gudawang Bogor bisa kamu temui di Desa Argapura Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Harga tiket masuk;

  • 7.000/orang
  • 3.000/parkir motor
  • 10.000/parkir mobil
  • 50.000 – 100.000/guide.
  1. Telaga Warna Bogor

Telaga warna yang ada di bogor, instagram @hidayati1649

Wisata alam satu ini cukup tua, berdiri sekitar tahun 1981. Telaga Warna Bogor sangat wajib dikunjungi. Udara yang segar, pemandangan yang enggak terbantah keindahannya dan tempat yang terjaga. Oh, ya, jika kamu berpikir telaga warna adalah air telaga yang berwarna-warni adalah bukan hal yang tepat. Dikatakan telaga warna, karena telaga ini dikelilingi oleh beragam jenis tumbuhan, pepohonan yang memiliki berbagai macam warna. Nah, sehingga air seperti terkesan berwarna-warni seperti warna-warninya pepohonan atau tumbuhan tadi. Kamu yang ingin berkunjung ke sini, bisa mengelilingi telaga warna dengan perahu yang bisa menampung 5-7 orang. Satu hal lagi, buat kamu yang membawa makanan ke tempat ini, hati-hati, ya. Kenapa? Ada bermacam-mcam jenis monyet lucu yang suka mengambil makanan.

Telaga Warna bisa kamu kunjungi di desa tugu utara kecamatan Cisarua  Bogor Jawa Barat.

Harga tiket masuk Rp. 2.000/orang.

  1. Taman Riung Gunung

Wisata taman riung gunung, instagram @eza_pir

Untuk kamu yang sedang berlibur di Bogor, luangkan waktu buat mengunjungi Taman Riung Gunung ini. Tempatnya sejuk, udaranya seger, berasa lebih hidup dari hidup sebelumnya. Tempat wisata alam ini memiliki pegunungan dengan keindahan yang eksotis, juga ditunjang berbagai fasilitas liburan agar enggak buat kamu bosen. Fasilitas itu, antara lain; Teawalk (pengalaman berkeliling di kebun the berudara segar), café dan resto lesehan, kolam renang, flying fox dan outbond, bermacam-macam sarana bermain anak, terapi ikan, camping area dan penginapan dengan harga terjangkau.

Taman Riung Gunung berlokasi di desa Tugu Selatan.

Wisata Menarik Lainnya: Pantai Pok Tunggal, Pohon Langka dan Segala Keindahan Di Dalamnya

  1. Curug 7 Cilember

Curug 7 cilember, instagram @bampi912

Dinamai Curug 7 Cilember, karena memang tempat wisata alam ini memiliki 7 air terjun yang indah nan menawan dengan ketinggian kurang lebih 40 meter. Curug 7 Cilimber ini berada di ketinggian 800-900 mdpl. Keren deh tempatnya. Selain air terjun, Curug 7 Cilember ini memiliki perbukitan dan hamparan tanaman pinus yang terjaga dengan baik.

Jl. Raya Puncak Cisarua Km. 10, Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Harga tiket masuk;

  • 6000/orang dan biaya tambahan jika membawa;
  • 4000/roda dua
  • 8.000/roda empat
  1. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Air panas tirta sanita, instagram @diana_jcb

Di tempat wisata ini memiliki sumber air panas yang sangat baik. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng sangat cocok buat kamu yang ingin menenangkan diri atau meyehatkan badan. Tempatnya tenang, nyaman dan damai. Pemandangan di tempat wisata alam satu ini terlihat jelas bukit kapur putih dengan tekstur sangat indah. Ada beberapa fasilitas juga yang disediakan pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng ini, antara lain; outbond, flying fox, lintasan tali panjat yang cukup tinggi dan menantang dengan membayar Rp. 25.000/orang. Oh, ya, buat kamu yang ingin ke tempat wisata alam Bogor satu ini, sebaiknya datang lebih awal saat liburan. Karena seringkali ketika masa liburan, pemandian Air Panas Sanita Ciseeng ini penuh.

Pemandian Air Panas TirtaSanita Ciseeng bisa kamu jumpai di Desa Ciseeng, Kec. Parung, Bogor.

Harga tiket masuk, antara lain;

  • 5.000/orang dewasa.
  • 6.000/ pada akhir pekan.
  • 3.500/anak
  1. Puncak Bogor

Villa puncak bogor, instagram @villasaraswatipuncak

Buat kamu yang liburan di Bogor, jangan sampe enggak ke sini. Puncak Bogor adalah langganan para wisatawan luar. Gimana enggak, selain emang udara yang seger banget, tempat ini juga memberikan keindahan panorama alam yang amat cantik. Mulai dari perkebunan the yang dulunya dibangun oleh pemerintah colonial Belanda dan tumbuhan hijau lainnya yang bakal meneduhkan sepanjang mata memandang. Di kawasan puncak juga memiliki rekreasi menarik, antara lain; Taman Safari, Kebun Bunga dan masjid indah dengan arsitektur yang khas.

Nah, mana yang sudah kamu kunjungi? Jika ada yang belum, angkut kopermu selagi ada waktu untuk liburan.