Danau Cinta nan Romantis Situ Patenggang Bandung

Situ patenggang merupkan sebuah danau yang menjadi bagian dari objek wisata Bandung Selatan. Danau ini mempunyai kisah yang sangat romantis. Mau tahu kisah romantis seperti apa yang ada di situ patenggang? Kamu wajib baca artikel ini sampai selesai.

responsive

Legenda Situ Patenggang

Konon situ patenggang dibuat oleh seorang pria untuk memenuhi keinginan dari wanita yang dicintainya agar bisa berlayar bersama mengarungi danau ini. Nama situ patenggang sendiri mempunyai arti yang romantis. Situ itu artinya danau dan patenggang itu berasal dari kata pateang – teangan yang artinya saling mencari.

Situ patenggang bandung, instagram @hugo.tan

Legenda yang ada di Situ Patenggang adalah kisah cinta antara Ki Santang dan Dewi Rengganis. Dua orang yang saling jatuh cinta namun sudah sangat lam tidak bisa bertemu. Namun mereka terus berjuang untuk dapat bertemu kembali dan saling mencari satu sama lainnya. Akhirnya usaha dan kerja keras mereka sebagai bukti rasa cinta yang sangat dalam membuahkan hasil. Mereka berhasil bertemu kembali disebuah batu besar yang ada di Situ Patenggang. Batu itu kemudian dikenal dengan nama Batu Cinta.

Sang Dewi Rengganis meminta kepada Ki Santang untuk membuatkan sebuah perahu yang bisa mereka gunakan untuk berlayar bersama. Akhirnya perahu yang Ki Santang Buat berubah menjadi sebuah pulau yang kemudian oleh warga sekitar diberi nama Pulau Asmara atau lebih dikenal juga dengan Pulau Sasaka.

Sampai hari ini legenda cinta itu masih dipercaya. Menurut para warga kalau ada pasangan yang berkeliling dipulau asmara dan sampai di Batu Cinta maka cinta mereka akan menjadi cinta yang abadi.

Lokasi Situ Patenggang Bandung

Oke, sekarang lupakan sejenak kisah cintanya dan kamu pastinya ingin tahu dimana Situ Patenggang berada kan? Lokasi dari Situ Patenggang adalah di Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Kamu bisa sampai ke Situ Patenggang dalam 2 jam saja dari arah kota bandung.

Kebanyak wisatawan datang ke Situ Patenggang dan Kawah Putih Ciwidey secara bersamaan. Dan waktu yang paling favorit bagi para pengunjung untuk datang ke sini adalah akhir pekan. Oh roamtis sekali.

Kegiatan Wisata Di Situ Patenggang

Menikmati pemandangan danau yang sangat indah dan romantis sudah pasti menjadi hal yang pertama kali kamu dan psanganmu lakukan saat sampai di Situ Patenggang. Namun tidak hanya kegiatan itu saja yang bisa kamu lakukan. Ada kegiatan – kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan.

  1. Mengelilingi Pulau Asmara
  2. Menaiki perahu dan berkunjung ke Batu Cinta
  3. Memancing
  4. Berjalan – jalan di kebun teh yang luas
  5. Berkeliling Situ Patenggang dengan Perahu Warna – Warni
  6. Bermain sepeda air
  7. Dan piknik dipinggir danau

Sungguh kegiatan – kegiatan yang akan membuat kamu berasa sedang di dunia yang penuh dengan kisah – kisah cinta.

Harga tiket Masuk Situ Patenggang

Harga tiket masuk untuk kamu yang ingin datang ke Situ Patenggang ini adalah Rp 15.000 per orangnya untuk wisatawan domestik dan Rp 50.000 per orangnya untuk wisatawan Mancanegara.

Kalau kamu menggunakan kendaran secara pribadi ataupun rombongan tarif yang harus di bayar adalah :

  • Rp 3.500 untuk motor
  • Rp 11.500 untuk mobil
  • Rp 22.000 untuk Bus

Selain harga masuk, untuk menggunakan fasilitas di dalam Situ Patenggang yang ingin kamu gunakan selama berwisata kamu harus membayar uang sewa sebesar:

  • Rp 150.000 untuk satu perahu
  • Rp 15.000 untuk satu orang per perahu
  • Rp 40.000 untuk perahu angsa
  • Rp 10.000 untuk tikar
  • Rp 600.000 untuk penginapan

Namun harga – harga di atas masih bisa berubah kapan saja. Kamu bisa juga kok melakukan tawar menawar harga dengan pemilik dari perahu. Kalau akhir pekan biasanya harga sewanya relatif lebih mahal lagi.

Gimana ulasan dan kisah cintanya? Romantis bukan? Kalau kamu sudah gak sabar seperti apa romantisnya Situ Patenggang, buruan berangkat dan berwisat ke Situ Patenggang.