Gedung Sate Bandung Yang Penuh Kejutan

Gedung sate? Pasti sudah sering sekali kan kamu mendengar nama itu. Gedung ini sudah sangat dikenal di seluruh Indonesia. Gedung sate ini bukan museum yang membahas tentang sate lho ya. Bukan juga gedung yang bentuknya menyerupai sate. Gedung sate ini adalah gedung bersejrah yang ada di Bandung. Usianya sudah sekitar 1 abad. 100 tahun. keren.

responsive

Keunikan dan Ciri Khas Gedung Sate Bandung

Gedung sate bandung adalah sebuah bangunan peninggalan sejarah yang sekarang ini menjadi salah satu objek wista pilihan yang ada di Bandung. Apa sih yang unik dari gedung sate Bandung ini? Keunikannya adalah adanya ornamen yang mirp dengan sate dipuncak gedung sate Bandung ini. Jumlahnya ada 6 ornamen menyerupai sate yang sedang ditusuk dalam satu tusukan. 6 ornamen ini ternyata memilik makna 6 juta golden. Jadi pembangunan gedung ini dahulu menghabiskan dana 6 juta golden. Pastinya angka yang cukup besar waktu itu.

Gedung sate bandung, instagram @davidandrianto_

Sampai hari ini Gedung sate Bandung masih berdiri dengan kokhnya dan terawat dengan baik sekali. Selain sebagai tempat wisata yang indah dan penuh sejarah ternyata gedung yang dibangun sejak tahun 1920 ini ternyata sampai sekarang masih dipakai sebagai kantor pusat pemerintahan provinsi Jawa Barat.

Sejarah Gedung Sate Bandung

Gedung sate dahulunya bernama Gouvernements Bedrijven (GB) dan dianggap sebagai Gedung Putihnya Bandung. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Johanna Catherina Coops, puteri sulung Walikota Bandung, B. Coops dan Petronella Roelofsen, mewakili Gubernur Jenderal di Batavia, J.P. Graaf van Limburg Stirum pada tanggal 27 Juli 1920.

Banyak arsitek yang bekerja dalam pembangunan gedung sate Bandung ini. Gaya arsitek yang diangkat oleh para arsitek yang membangun Gedung Sate Bandung ini adalah gaya Indo Eropa. (Indo Europeeschen architectuur stijl). Hal ini juga yang mengakibatkan banyak arsitektur gedung Sate Bandung mirip dengan arsitektur Borobudhur yang sangat menawan.

Dalam buku yang ditulis oleh D. Ruhl yang berjudul Bandoeng en haar Hoogvlakte 1952, dia mengatakan bahwa Gedung sate merupakan gedung terindah di Indonesia.

Pesona Gedung Sate Yang Mempesona

Pesona gedung sate memang sangat indah dan tampil dengan begitu gagah mempesona. Kalau kamu berkunjung pada malam hari ke gedung sate Bandung kamu akan makin terpesona dibuatnya karena ada banyak lampu yang sudah dipasang sedemikian rupa agar keindahan gedung sate makin terpancar.

Hal lain yang membuat gedung Sate makin menarik adalah adanya taman yang masih terawat dengan sangat baik di sekitar gedung seta Bandung ini. Kamu bisa berfoto – foto dan menikmati gedung sate Bandung dari taman ini.

Kamu diperbolehkan juga untuk masuk ke dalam gedung sate Bandung apabila mendapatkan ijin dari pengeloloanya. Untuk mendaptkan ijinnya cukup mudah. Tinggal kamu ikuti prosedur dan aturan yang sudah diterapkan. Maka kamu bisa masuk ke Gedung Putihnya Bandung ini. Namun karena ini masih digunakan sebagai pusat pemerintahan Jawa Barat kamu harus tetap menjaga sikap saat di ijinkan masuk ke dalamnya.

Wisata Menarik Lainnya: Mengakrabi Ombak Besar di Pantai Krakal

Jam Buka Gedung Sate Bandung

Untuk Jam buka gedung sate sebagai objek wisata adalah pada hari libur dan akhir pekan saja. Sekali lagi kalau ingin masuk kamu harus mendapatkan ijin terlebih dahulu.

Lokasi gedung Sate Bandung

Gedung Sate Bandung ini terletak di Jalan Diponegoro no. 22 Bandung. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena berada di pusat Kota Bandung.

Misteri Gedung Sate Bandung

Sampai hari ini masih banyak misteri – misteri dan desas desus yang beredar mengenai Gedung Sate Bandung ini. Hal – hal yang dianggap angker dan mistis menurut warga sekitar masih banyak bermunculan di Gedung sate ini.

Lorong Rahasia

Gedung sate Bandung menurut para warga sekitar memiliki sebuah lorong rahasia bawah tanah. Lorong ini adalah lorong yang menghubungkan Gedung Sate Bandung dengan Gedung Pakuan Bandung.

Arsitek Gedung Sate

Sampai hari ini siapa arsitek sebenarnya yang membangun gedung sate masih menjadi misteri, apakah memang benar Ir. J.Gerber atau ada arsitek lain dibalik pembangunan gedung yang menuai banyak pujian dari para arsitek dalam maupun luar negeri.

Pohon Angker dan Sosok Penghuni Gedung Sate

Misteri selanjutnya adalah pohon besar yang ada di halaman belakang gedung sate dianggap sebagai pohon yang berpenghuni oleh warga serta munculnya seorang kakek Botak berjenggot panjang yang misterius di dalam Gedung Sate yang menghilang dalam sekejap mata.

Selain kakek misteri konon sering juga muncul seorang sosok pemuda dengan penampilan kuno dari dalam gedung sate kala mulai gelap.

Namun terlepas benar atau tidaknya misteri – misteri tersebut gedung sate Bandung tetap menjadi gedung bersejarah yang memukau dan perlu untuk terus dijaga sebagai warisan Bangsa.