Mengakrabi Ombak Besar di Pantai Krakal

Saat kamu berwisata ke kawasan Gunungkidul, kamu akan dibuat bingung dengan banyak pilihan yang ditawarkan, seperti berbagai pantai, goa dan air terjun. Tetapi, kali ini Angper akan membahas salah satu objek wisata pantai yang ada di kawasan Gunungkidul, yaitu; Pantai Krakal.

responsive
Pantai krakal yogyakarta

Pantai Krakal ini adalah tempat yang paling cocok untuk bermain surfing. Debur ombak yang besar, yang menantang, hamparan pasir putih dan air laut yang jernih sebiru langit. Tetapi, buat kamu yang ingin bermain surfing di Pantai Krakal ini mesti membawa papan surfing sendiri. Karena, di objek wisata Pantai Krakal ini belum menyediakan jasa penyewaan papan surfing. Satu hal yang mesti kamu perhatikan saat mengunjungi objek wisata Pantai Krakal atau ingin bermain surfing ini ialah jangan lupa menggunakan sandal atau alas kaki dikarenakan batu-batu karang di Pantai Krakal ini sangat tajam. Jika kamu ingin menikmati ombak dengan bermain surfing, waktu terbaik untuk menunggu barrel adalah saat musim kemarau, antara bulan Maret dan September. Kalau kamu khawatir dengan ombak yang terlalu besar dan ingin menikmatinya dari kejauhan, kamu bisa mengunjungi sebuah gazebo yang memang disediakan untuk para pengunjung.

Selain itu, pemandangan di bibir pantai Krakal ini banyak didominasi batu-batu karang. Hal yang paling unik, yang membedakan pantai Krakal ini dengan yang lain adalah adanya ikan-ikan berwarna-warni di balik bebatuan karang. Salah satunya, ialah Ikan Damselfish. Ikan ini berwarna kuning dengan asennya yang berwarna biru pada bagian punggungnya. Ada pula Ikan butterflyfish atau ikan kepe-kepe. Yaitu, ikan yang bercorak garis-garis berwarna biru tua dan biru muda. Kamu bisa menyelam untuk melihat ikan-ikan itu atau mencari sejenis hewan yang suka menempel di bebatuan, yaitu umbal. Hewan umbal oleh warga setempat sering dijadikan rempeyek gurih.

Ada satu hal yang sering dilupakan atau dilewatkan pengunjung, yaitu di sebelah barat batu karang Pantai Krakal ini, terdapat sebuah pantai kecil yang memiliki keindahan yang enggak kalah menariknya dari pantai-pantai lainnya. Kalau kamu mau ke pantai kecil itu, kamu mesti menyusuri perbukitan tersebut atau ada jalan yang lebih mudah yaitu menyusuri pasir putih ke arah barat.

Fasilitas Objek Wisata Pantai Krakal

Fasilitas yang disediakan objek wisata satu ini, antara lain; adanya penginapan atau hotel yang bisa kamu pilih untuk bermalam, tersedianya tempat-tempat makan yang menyediakan menu khas daerah dan olahan hasil laut, adanya hiburan dan atraksi wisata di panggung terbuka untuk pengunjung dan lain sebagainya.

Tips Berwisata di Objek Wisata Pantai Krakal

  1. Dianjurkan untuk membawa sandal atau alas kaki, karena batu-batu karang di pantai ini cukup tajam.
  2. Jika membawa anak kecil, harap dijaga dan diperhatikan. Karena, ombak di Pantai Krakal ini cukup besar.
  3. Membawa papan surfing sendiri bagi yang ingin bermain surfing. Karena, di sini belum disediakan penyewaan papan surfing.

Lokasi Objek Wisata Pantai Krakal

Pantai Krakal bisa kamu temui di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta – Indonesia (memakan waktu berkisar 2-3 jam dari kota Jogja).

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Pantai Krakal

Harga tiket masuk bervariasi, antara lain;

  • 5.000 rupiah per orang pada hari-hari besar
  • 4.000 rupiah per orang pada hari-hari biasa

Penasaran dengan gemuruh ombak besar yang menghajar karang di Pantai Krakal ini? Bagi kamu pecinta surfing, pantai Krakal mesti kamu coba. Selamat berwisata di Pantai Krakal dan selamat berkenalan dengan segala keindahan di dalamnya. Semoga selalu menyenangkan, ya.