Menggali Sejarah Bumi di Museum Geologi Bandung

Museum yang ada di kota Bandung, atau lebih tepatnya di Jalan Diponegoro No. 57, Bandung 40122 (Telp. 022-7213822 ) ini berisi banyak sekali penemuan-penemuan sejarah dunia. Museum Geologi namanya. Di Museum geologi ada fosil, artefak, Bebatuan, Mineral dan masih banyak lagi penemuan-penemuan purbakala dan benda-benda dari masa pra sejarah dan manusia purba.

responsive

Di dalam museum geologi ini kamu bisa menggali sejarah awal mula terbentuknya Indonesia sampai kenapa banyak sekali gunung-gunung aktif di Indonesia, bisa kamu cari tahu di sini. Barang-barang yang ada di dalam museum geologi sudah mulai dikumpulkan sejak tahun 1850.

Museum Geologi Bandung, instagram @ardidirgantoro

Daya tarik utama dari museum geologi bandung adalah fosil manusia purba Homo erectus, fosil gajah purba atau mamot Stegodon trigonocephalus dan replika dari fosil dinosaurus karnivora
terbesar dan terganas, Tyrannosaurus rex atau lebih dikenal dengan sebutan Tirex yang hidup pada zaman kapur.

Sejarah dan Profil Museum Geologi Bandung

Musem Geologi Bandung sudah ada sejak tahun 1929 atau lebih tepatanya 16 mei 1929 dengan nama Geologische Museum. Semula museum geologi adalah tempat penelitian sekaligus laboratorium serta tempat penyimpanan hasil – hasil penelitaan yang berhubungan dengan keadaan geologi dan pertambangan yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Semakin bertambah usia dari museum geologi ini, fungsinya juga semakin berkembang sebagai saran untuk melakukan penelitian, objek pendidikan, penyedia berbagai informasi yang berhubungan dengan bumi, dan juga menjadi objek pariwisata edukatif yang menyenangkan.

Saat ini seiring berkembangnya jaman, museum geologi bandung juga sudah beralih fungsi menjadi tempat pendidikan di luar sekolah yang berkaitan dengan mempelajari bumi serta bagiamana cara agar bisa melestarikannya. Museum geologi juga sering dijadikan sebagai pusat kajian awal sebelum melakukan penelitian. Jadi fungsi dari museum geologi adalah sebagai pusat penelitian yang berhubungan dengan ilmu kebumian serta bisa mengetahui gambara geologi Indonesia karena banyak alat peraga di sini.

Jam Buka Museum Geologi Bandung

Museum yang penuh dengan benda-benda bersejarah ini dari senin sampai kamis, lalu sabut sampai minggu. Untuk hari senin sampai kamis dibuka pukul 09.00 – 15.30 WIB. Untuk hari Sabtu sampai Minggu dibuka pukul 09.00 – 13.30 WIB. Pada hari Jum’at tutup dan hari besar nasional juga biasanya museum akan tutup.

Baca Juga : Jangan Datang Ke Paskal Food Market Saat Weekend

Tiket masuk Museum geologi Bandung

Harga tiket masuk museum geologi bandung adalah Rp 2.000 untuk pelajar dan mahasiswa. Rp 3.000 untuk masyarakat umum. Sedangkan untuk warga atau pelajar asing biaya masuknya adalah Rp 10.00.

Kategori Ruangan Museum geologi Bandung

Museum geologi Bandung memiliki 3 kategori ruangan yang setiap ruangan berisi benda – benda sejarah yang berharga dan sudah dikelompokan agar lebih mudah dalam mempelajarinya. Ada ruangan apa sajakah yang bisa kamu lihat dan pelajari di Museumu Geologi ini? Ini dia 3 ruangan tersebut.

Kerangka gajah purba, instagram @rizkipratiwiabdullah
  1. Ruangan Geologi Untuk Kehidupan Manusia

Ruangan ini berada di sayap sebelah timur lantai 2 meseum geologi. Di ruangan ini kamu bisa mempelajari tentang cara penambangan dan pengelolaan dari mineral alam dan minya serta gas bumi. Selain itu kamu juga bisa mengetahui cara pendayagunaan dari sumber dan cadangan air bawah tanah yang memiliki manfaat sungguh besar bagi keberlangsungan hidup manusia.

  1. Ruangan Sejarah Kehidupan

Ruangan ini berada di sayap sebelah timur lantai 1 museum geologi. Kamu bisa mempelajari sejarah awal mula adanya kehidupan dari waktu ke waktu dimulai dari awal mula terbentuknya bumi 4,6 milyar tahun silam.

  1. Ruangan Geologi Indonesia

Ruangan ini berada di sayap barat lantai 1 museum geologi. Di ruangan ini kamu bisa mempelajari tentang proses terbentuknya bumi serta prose perkembangan terbentuknya kepualan – kepulauan Indonesia berdasarkan teori lempeng tektonik.

Banyak hal yang bisa kamu pelajari dengan sangat detail di museum geologi Bandung. Pokoknya kamu benar – benar akan mengerti tentang sejarah Indonesia dari sebelum berbentuk kepualan seperti sekarang ini, sejarah terbentuknya bumi, fosil – fosil bersejarah sampai awal mula pemanfaatan aneka mineral untuk dijadikan alat keseharian manusia.

Kamu dijamin gak bakal nyesel berkunjung ke museum geologi bandung ini. Ingin tahu seperti apa saja kah fosil, bebatuan sejarah, asal usul Indonesia segera deh kamu datang saj ke museum geologi Bandung ini.

Demikian ulasan singkat mengenai museum geologi bandung, semoga bermanfaat dan bisa menambah informasi untuk kamu tentang sejarah – sejarah yang ada di Indonesia.