Menikmati 4 Gunung Sekaligus Di Puncak Suroloyo

Enggak ada definisi yang bener-bener tepat untuk menggambarkan pemandangan dan panorama keindahan yang dihadiahkan dari Puncak Suroloyo ini. Beneran! Dijamin kamu enggak pernah nyesel dan justru bangga, Indonesia ternyata memiliki keindahan yang enggak bisa dibayar oleh apa dan siapa. Di Puncak Suroloyo inilah kamu bakal menyadari itu. Kami akan menceritakannya sedikit, karena apa yang kami tulis enggak mewakili semua keindahan yang bakal kamu lihat di sini.

responsive

Puncak Suroloyo ini adalah salah satu objek wisata di daerah Kulonprogo. Seperti yang kita tahu, Kulonprogo mungkin ditakdirkan menjadi destinasi favorit yang sering dikunjungi wisatawan. Baik dalam negeri ataupun luar negeri. Sebelum kamu berada di Puncak Suroloyo, kamu mesti mengakrabi sebanyak 286 anak tangga dengan tingkat kemiringan yang lumayan terjal. Kuat? Menurut kami, itulah keseruan dari perjalanan berwisata di tempat ini; Puncak Suroloyo. Untuk mencapai keindahan kadang emang harus ada yang ditukar. Seperti malas ditukar dengan rajin, seperti kesuksesan ditukar dengan kerja keras dan seperti keindahan yang mesti ditukar dengan pengorbanan. Dalam hal ini energy dan tenaga. Tapi, pertukaran itu enggak buat kamu rugi, kan?

Puncak suroloyo yang indah, instagram @ublak_untul

Selanjutnya, setelah kamu berhasil mengakrabi 286 anak tangga (tentunya boleh beristirahat di anak tangga ke berapa pun). Kamu akan disambut bak tamu spesial oleh kawanan kupu-kupu yang berjumlah puluhan, juga capung, burung gereja dan lain sebagainya yang terbang di atas kepala kamu. Ini belum apa-apa, loh. Setelah berada di Puncak Suroloyo dengan ketinggian kurang lebih 1.019 meter dari permukaan laut, kamu berhak menikmati keindahan alam yang luar biasa dari sudut manapun.

Di Puncak Suroloyo ini, kamu bisa melihat Candi Borobudur seperti miniature. Kecil. Sepertinya enggak lebih dari sekepal tangan. Dan sebagai bonus dari 286 anak tangga yang berhasil kamu lewati itu, kamu bebas menyaksikan 4 gunung sekaligus dalam satu waktu, yaitu; Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Enggak hanya itu, kamu juga bisa melihat Kota Magelang, Pantai Glagah dan kebun teh. Pesona alam yang disajikan benar-benar indah. Perbukitan dan areal persawahan hijau dan langit biru dengan gumpalan awan. Di Puncak Suroloyo ini sudah disediakan 3 “gardu pandang”. Tempat kamu menikmati semua keindahan itu. Lebih jelas, lebih dekat, lebih benderang.

Kami sarankan, sebaiknya jika kamu ingin mengunjungi Puncak Suroloyo ini adalah pada musim kemarau. Kenapa? Pemandangannya lebih indah dan tak tertutup kabut karena cuaca yang pastinya cerah. Juga diusahakan agar tak meninggalkan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam. Itu akan menambah album foto untuk mengabadikan Maha Indah Karya Tuhan yang diciptakan.

Legenda Objek Wisata Puncak Suroloyo

Ada sebuah kisah atau legenda mengenai Puncak Suroloyo ini, yaitu dikisahkan seorang pemuda mendapat wangsit bahwa ia akan menjadi penguasa tanah Jawa, namanya Raden Mas Rangsang yang kemudian mendapat gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. Dalam wangsit itu, Raden Mas Rangsang harus berjalan dari Keraton Kotagede menuju Perbukitan Menoreh (sekarang bernama Puncak Suroloyo) untuk melakukan tapa ksatrian di salah satu puncak Perbukitan Menoreh. Semua itu harus dilakukan agar pantas menjadi penguasa Jawa.

Kegiatan Tiap Tahun Yang Diselenggarakan Di Puncak Suroloyo

Setiap tahun yang bertepatan pada tanggal 1 Sura dalam kalender Jawa atau 1 Muharram dalam kalender islam, diselenggarakan acara yang namanya “Upacara Adat Jamasan Pusaka”. Adapun pusaka yang dijamasi adalah tombak Kyai Manggala Murti dan Songsong Kyai Manggolo Dewo. Semua pusaka itu adalah pemberian dari Kraton Kasultanan Yogyakarta.

Fasilitas Yang Ada di Objek Wisata Puncak Suroloyo

Beberapa fasilitas yang disediakan Objek Wisata Puncak Suroloyo, antara lain;

  1. Area Parkir

Tentu disediakan area parkir yang luas dan dengan keamanan yang terjaga. Soal keramahan, di kawasan ini enggak diragukan lagi. Penduduk sangat ramah dan akrab.

  1. Flying Fox

Jika kamu suka tantangan atau wahana yang memacu adrenalin, sebaiknya mencoba flying fox ini. Kamu akan di ajak melintasi tebing dan jurang yang sangat dalam sambil melihat puncak Suroloyo yang begitu indah dan tentunya dengan keamanan yang terjaga.

  1. Penerangan Pada Malam Hari

Kalau kamu datang ke sini dan menunggu matahari terbit, tenang saja, karena di puncak Suroloyo ini sudah disediakan lampu penerangan untuk kamu yang ingin menikmati malam sampai pagi.

  1. Tempat Makan

Di sini menyediakan menu yang menggugah selera. Jika kamu sudah berada di sini, jangan lupa untuk mencicipi kuliner sate yang memang tenar di tempat wisata satu ini sebagai tempat menjamu tamu-tamunya Bupati Kulonprogo.

  1. Kedai Kopi dan Teh

Untuk kamu yang lelah menikmati Puncak Suroloyo ini, kamu bisa bergeser sebentar untuk bersantai di kedai khas Suroloyo, sambil menikmati teh atau kopi.

Lokasi Objek Wisata Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo bisa kamu temui di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta – Indonesia.

Ada dua cara atau akses untuk kamu yang ingin mengunjungi Puncak Suroloyo, antara lain;

Dari Jogja; Jogja – Jalan Godean – Kenteng – Nanggulan – Kalibawang – Suroloyo.

Dari arah Semarang atau Magelang; Magelang – Muntilan – Jalan Wates – Kalibawang – Suroloyo.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Puncak Suroloyo

Harga tiket masuk bervariasi mulai dari

  • 3.000 rupiah per orang.
  • 1.000 rupiah biaya parkir kendaraan roda dua
  • 3.000 rupiah biaya parkir kendaraan roda empat

Penasaran dengan objek wisata Puncak Suroloyo dan segala keindahan di dalamnya? Angkut kopermu dan selamat berwisata….