Menikmati Kesegaran Taman Suropati Ditengah Hiruk Pikuk Ibu Kota

Jakarta sudah sangat terkenal dengan macet dan kesibukan yang tidak pernah ada habisnya. Semua orang di Jakarta bekerja dengan sangat cepat dan tanpa kompromi. Mulai dari bangun pagi sampai pulang larut malam di tambah kemacetan sudah menjadi hal yang biasa bagi kamu yang tinggal di Jakarta.

responsive
Taman Suropati, instagram @veraayanuarr_

Banyak taman – taman di Jakarta yang harusnya menjadi ruang publik malah beralih fungsi dan banyak juga yang sudah tidak terurus. Sungguh sangat disayangkan sekali. Lantas bagaimana dengan Taman Suropati? Tenang saja karena Taman Suropati masih terjaga keasrian dan kesegarannya sampai hari ini. Untuk kamu yang setiap minggu sibuk dengan pekerjaan di ibukota yang tidak ada habisnya, maka cobalah untuk datang ke taman Suropati di akhir pekan dan nikmati kesegarannya.

Lokasi Taman Suropati

Taman Suropati sangat mudah sekali untuk kamu jangkau karena merada di antara 3 jalan utama kota Jakarta yaitu jalan Teuku Umar, Jalan Diponegoro, dan Jalan Imam Bonjol. Taman ini benar – benar menjadi primadona bagi warga sekitar karena memang udaranya masih sangat segar dan sejuk. Momen yang sangat langka untuk bisa dijumpai di Jakarta.

Sejarah Berdirinya Taman Suropati

Usia taman suropati sampai hari ini sudah mencapai 95 tahun. Taman ini awal mulanya adalah sebuah bukit. Bukit itu kemudian dipangkas dan mulai di tanami aneka pepohonan sejak tahun 1920. Namanya dahulu adalah Burgemeester Bisschopplein. nama ini diambil dari nama gubernur Burgemeester (Batavia) G.J Bisschop.

Di Taman Suropati juga terdapat aneka patung yang dibuat oleh para pengrajin patung dari seluruh ASEAN. Luar biasa tuh.

Taman Suropati saat menjadi objek wisata favorit warga Jakarta untuk menghilangkan kepenatan Ibukota. Pepohonan yang rindang memang sudah sangat jarang dan sulit sekali di temui di Jakart maka dari itu Taman Suropati ini menjadi taman yang sangat Di Favoritkan sebagai objek wisata dan rekreasi.

Selain berwisata atau hanya ingin sekedar mencari udara segar, kamu juga bisa bertemu dengan beberapa komunitas yang mengasyikan di Taman Suropati. Salah satu komunitas yang sering menghibur di taman Suropati adalah komunitas pemusik.

Komunitas Di Taman Suropati

  1. Suropati Chamber

Suropati Chamber adalah sebuah komunitas musik alam yang dibentuk sejak tahun 2006 oleh Agustinus Esthi Dwiharsono atau yang lebih dikenal dengan Mas Ages. Awal mula keinginan Mas Ages untuk mendirikan komunitas ini adalah saat dia berkunjung ke Deen Hag untuk mengikuti sebuah worksop. Di sana dia melihat banyak pemusik yang bermain musik di taman kota.

Sesampainya dari Deen Hag Mas Ages langsung mengajak teman – temannya membuat Komunitas Musik Taman Kota dan memilih Taman Suropati sebagai panggung pertunjukan mereka.

Dan tahu gak sih? Kalau Suropati Chamber adalah satu – satunya komunitas musik alam terbesar dan pertama di dunia yang bisa pentas setiap tahun. Sungguh amazing.

Mas Ages juga merasa sangat prihatin dengan kehidupan anak muda Jakarta yang hanya bisa menghabiskan waktu bermain di mall-mall saja dan tidak bisa menikmati suasana permainan yang lain. Jadi kalau kamu ingin melihat aksi dari Suropati Chamber maka kamu harus datang ke Taman Suropati ini.

  1. Fotografi
Taman suropati menteng, instagram @aditya_pradanaa

Untuk kamu yang suka dengan dunia seni fotografi maka kamu juga bisa bergabung dengan komunitas fotografi yang ada di sini. Komunitasi fotografi taman biasanya lebih dikenal dengan fotografer jalanan. Tapi jangan salah banyak loh fotografer yang sudah profesional, sering datang kemari.

Baca Juga : Trans Studio Bandung, Theme Park Terbesar Di Indonesia

  1. Jurnalistik

Komunitas yang tak kalah menarik selanjutnya adalah komunitas Jurnalistik. Komunitas bagi para wartawan yang suka mencari berita baik majalah maupun surat kabar sering berkumpul di Taman Suropati untuk mengali berita. Bahkan ada juga sebagaina mahasiswa jurusan jurnalistik yang berlatih mencari informasi di Taman Suropati ini.

Gimana? Menarik bukan? Bisa berwisata ditengah hiruk pikuk kota Jakarta yang memusingkan. Selain berjumpa dengan berbagai komunitas, kamu juga bisa menikmati taman ini untuk berjalan-jalan, mencari udara segara atau bahkan pikini bareng keluarga.

Kamu dijamin gak bakal nyesel deh datang ke Taman Suropati apalagi pas kamu datang sedang ada performance dari Suropati Chamber. Ayo anak muda jakarta, jangan nongkrong di mall terus, datangin nih Taman Suropati juga dan nikmati kesegarannya.