Pantai Pok Tunggal, Pohon Langka dan Segala Keindahan Di Dalamnya

Kembali lagi meneruskan wisata di kawasan Gunungkidul. Belum habis? Masih banyak. Di kawasan Gunungkidul ini, kamu akan menemukan Pantai yang masih terbilang baru, yang dibuka pada tahun 2012 silam. Yaitu, pantai Pok Tunggal. Berada di 2 km arah timur dari Pantai Indrayanti. Sebelum kita bahas lebih lanjut apa menariknya Pantai Pok Tunggal ini, bolehlah kita mengenal dari mana asal nama pantai ini. Ada beberapa versi yang menyebutkan mengenai nama Pantai Pok Tunggal ini. Pertama, nama Pantai Pok Tunggal berasal dari nama kelompok yang mengelola dan merintis objek wisata pantai ini, yaitu Kelompok Tunggal. Kedua, nama Pantai Pok Tunggal diambil dari kata “Tuk Tunggal”, yang artinya sumber mata air yang berada di bawah pohon Ambal.

responsive
Pantai pok tunggal jogja, instagram @pangeran.m.thoha

Selanjutnya, saat kamu mengunjungi Pantai Pok Tunggal, kamu akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang lembut, ombak yang lumayan kalem, pepohonan hijau serta tebing-tebing karang yang dengan angkuhnya berdiri tegak lurus dengan ketinggian kurang lebih 50 meter. Cocok buat kamu yang suka adrenalin panjat tebing. Yang lebih menarik lagi dari Pantai Pok Tunggal dan enggak bisa kamu temui di tempat lain adalah adanya pohon langka yang dijaga ketat dan dikelola dengan baik. Namanya Pohon Duras yang cukup besar. Tetapi, seperti yang saya bilang sebelumnya, kita enggak boleh sembarang menduduki atau menaiki pohon ini.

Selain melihat dan mengabadikan pohon Duras dalam foto, hal lain yang terkenal dari Pantai Pok Tunggal ini adalah pesona matahari berwarna orange atau matahari tenggelam yang sudah pasti pamali untuk dilewatkan. Di pantai Pok Tunggal ini kamu bisa membuat tenda untuk menginap dan bermalam agar tak ketinggalan menikmati jamuan sunset dan sunrice. Karena, di sini belum disediakan penginapan atau hotel seperti pantai lainnya. Tapi, menurut kami membuat tenda dan bermalam di dekat pantai justru menambah seru kebersamaan kita bersama teman-teman (jika bersama teman-teman). Jangan khawatir soal tenda, Pantai Pok Tunggal menyediakan jasa penyewaan tenda dome, kok. Dan kamu enggak bakal nyesel, karena sunset di Pantai Pok Tunggal terlihat amat indah, bergerak pelan-pelan membentuk siluet lalu tenggelam diganti gelap malam. Pertukaran tugas semesta yang menyenangkan untuk dinikmati. Dan tentunya kamu juga bisa melakukan kegiatan di Pantai Pok Tunggal ini, seperti olahraga volley pantai, trekking tebing atau makan malam bernuasa romantis sambil menikmati langit di Pantai Pok Tunggal.

Ngomongin Pohon Duras Yang Ada Di Pantai Pok Tunggal

Sebatang pohon yang rimbun berdiri kokoh dan menjadi ikon-nya Pantai Pok Tunggal ini ternyata enggak sembarang bisa tumbuh. Menurut warga sekitar, pohon jenis ini sangat sulit tumbuh dan mempercayai Pohon Duras di sinilah satu-satunya Pohon Duras yang bisa tumbuh. Hal yang langka. Enggak heran, kalo kamu mendekat ke pohon untuk memanjat, kamu akan ditegur dan diperingatkan. Hal itu demi menjaga kelestarian Pohon Duras yang ada di sini. Gitu.

Wisata Menarik Lainnya: 10 Hotel Murah Jogja Yang Cocok Untuk Backpacker

Fasilitas Yang Disediakan Objek Wisata Pantai Pok Tunggal

Ada beberapa fasilitas yang disediakan objek wisata satu ini untuk menunjang dan memudahkan kita saat berwisata di sini, antara lain; Parkir yang luas dan terjamin, Musholla yang bisa ditemukan dengan mudah, beberapa payung pantai untuk berteduh dan bersantai, kamar mandi dan wc umum, penyewaan tenda dome, warung makan dan lain sebagainya.

Lokasi Objek Wisata Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal bisa kamu temui di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta – Indonesia.

Kalau kamu dari kota Jogja bisa melewati; Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi – Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Wonosari – Jalan Saptosari – Tepus – Pantai Pok Tunggal.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Pantai Pok Tunggal

Biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tiket masuk;

  • Per orang; Rp. 4.000 rupiah (sudah termasuk 7 pantai lainnya, yaitu; Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Pulang Syawal).
  • Biaya sewa tenda dome; Rp. 60.000 rupiah
  • Biaya sewa payung pantai; Rp. 20.000 rupiah

Tertarik untuk mengunjungi pantai satu ini untuk memburu sunset dan sunrice atau berkenalan dengan Pohon Duras-nya itu? Silakan dinikmati bersama sahabat, teman-teman kamu. Sst! Jangan lupa bawa tenda sebelum berangkat, ya, biar menghemat biaya. Hehe. Selamat berwisata ke Pantai Pok Tunggal!