Surga Kecil Di Danau Batur Kintamani

Danau Batur merupakan salah satu objek wisata alam favorit di Bali. Keindahan alamnya memiliki daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan rela datang meskipun mereka berada di ujung dunia. Setiap harinya Danau Batur kedatangan wisatawan yang ingin menikmati surge kecil dunia ini. Di hari-hari besar seperti liburan akhir tahun, Danau ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

responsive
Danau batur kintamani bali, sumber: instagram @aguswiradharma

Nama Danau Batur sendiri berasal dari nama gunung yang berada bersebelahan dengan danau ini, yaitu gunung Batur. Danau Batur tepatnya terletak di kaki gunung Batur. Danau batur merupakan danau yang paling luas yang ada di Bali. Berada di ketinggian 1.050 meter dari permukaan laut, membuat air di danau ini sangat alami karena karena berasal dari rembesan air hujan dari hutan yang berada di badan gunung.

Wajib dibaca: Jangan Pernah Lewatkan 10 Tempat Wisata Di Bali Ini

Keindahan Alam Danau Batur Bali

Danau Batur memiliki keelokan alam yang sangat luar biasa. Dengan dikelilingi hutan dari pegunungan Batur, membuat area sekitar danau Batur terasa sangat sejuk. Kamu bisa berkeliling di danau ini dengan menggunakan perahu-perahu kecil yang disediakan oleh warga sekitar. Selain menyediakan perahu, warga sekitar juga menyediakan alat pancing yang bisa kamu gunakan untuk memancing ikan disini.

Ada banyak hotel dan penginapan yang terletak di ketinggian. Dari sini kamu bisa lebih leluasa menikmati indahnya warna kebiruan danau dan gunung-gunung yang mengelilingi danau Batur dari ketinggian sambil menyantap makan malam bersama keluarga.

Selain enak dipandang, danau Batur juga memiliki kekayaan bawah air yang terdiri dari berbagai macam jenis ikan. Itulah sebabnya kamu dapat memancing ikan disini sepuasnya. Disisi lain, tepatnya di sebelah barat danau Batur terdapat sebuah desa tua yang bernama desa Trunyan. Desa ini cukup terkenal karena keunikannya dalam ritual pemakaman orang yang telah meninggal.

Gunung Batur yang mengililingi danau merupakan gunung aktif yang pernah meletus pada tahun 1917. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena gunung ini selalu dipantau oleh pihak terkait dan dinyatakan aman karena ketenangannya.

Kalau kamu merasa sudah merasa kedinginan dan ingin mandi air panas, disini juga terdapat pemandian air panas yang bernama Batur Natural Hot Spring. Disini kamu akan merasakan sensasi mandi air panas sambil melihat pemandangan yang menakjubkan. Inilah sebuah perpaduan yang kreatif dan inovatif antara pemandangan alam berupa gunung dan danau Batur, dengan pemandian air panas yang akan membuat tingkat stres kamu menjadi minus.

Lokasi Danau Batur Dan Tips Sebelum Berangkat

Danau Batur terletak di Kintamani. Kalau kamu datang dari Sanur,Ubud, atau Nusa Dua, kamu akan menempuh perjalanan selama 1-2 jam dengan menggunakan sepeda motor atau mobil sewaan. Kalau kamu mengambil paket turd an wisata, biasanya agen-agen travel selalu menyertakan Danau Batur sebagai tempat yang wajib dikunjungi.

Sebelum berangkat, persiapkan pakaian hangat karena udara di kawasan danau cukup dingin. Kalau kamu ingin mendaki gunung, ada baiknya untuk membawa seorang pemandu atau teman yang sudah berpengalaman mendaki gunung ini. Dan terakhir, jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan panorama danau Batur yang tidak akan pernah kamu temukan sebelumnya di tempat lain.