Taman Safari Indonesia yang Mendunia

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Bogor kalau tidak mampir ke Taman Safari Indonesia yang terletak di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Taman Safari Indonesia karena bisa menyaksikan aneka satwa yang hidup bebas. Saat ini Taman safari sudah ada di tiga lokasi yaitu taman safari Indonesia 1 di Cisarua Bogor, Taman Safari Indonesia 2 di Prigen, Jawa Timur dan Taman Safari Indonesia 3 di Gianyar, Bali.

responsive
Taman Safari Indonesia, instagram @claudiaaudie_

Ketiganya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai lembaga Konservasi yang sudah diakui oleh dunia. Saat ini usia dari Taman Safari Indonesia sudah mencapai usia 28 tahun. Akan tetapi prestasinya yang mampu mengeloloa berbagai jenis satwa yang berasal dari 5 benua dengan habitat yang berbeda – beda menjadi taman Safari Indonesia mendapat banyak pujian dan dalam maupun dari luar negeri.

Taman Safari Indonesia

Keinginan kuat Taman Safari Indonesia untuk melindungi dan melestarikan aneka satwa terutama yang sudah langka dan terancam punah sudah dimulai sejak Taman Safari Indonesia belum berdiri. Kiprah awalnya adalah ikut dalam menykseskan operasi ganesha pada 1982. Setelah itu komitmennya sebagai lembaga konservasi yang terbaik di Indonesia terus berlanjut dengan mendirikan Lembaga Pelatihan Gajah di Lampung, Bengkulu dan Aceh.

Kemudian mendirikan Sumatran Rhino Sachtuary di Way Kambas, mendirikan rumah sakit gajah di Lampung, melakukan pelepas liaran burung Curik di Taman Nasional Bali Barat dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan dunia satwa. Selain itu Taman Safari Indonesia yang ada di Cisarua Bogor juga dipercaya oleh lembaga dunia IUCN untuk menjadi Lembaga Konservasi satu – satunya dalam melestarikan harimau Sumatera.

Wisata Taman Safari Indonesia

Kalau kamu mau menikmati wisata dunia satwa yang dibuat dengan konsep alam bebas maka kamu bisa datang ke Taman Safari Indonesia, baik yang ada di Bogor, Pasuruan, maupun Gianyar. Semua menawarkan sensasi yang sama. Namun yang paling bersejarah adalah taman yang ada di Cisarua Bogor karena ini adalah Taman Safari Indonesia pertama yang ada.

Banyak Satwa yang bisa kamu saksikan selam berkeliling dan berwisata di taman Sfari Indonesia. Selama berada di taman Safari Indnonesia kamu bisa menikmati wisata dengan aneka fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Ada Gajah Tunggang, Bus Safari, Danau Buatan, Sepeda Air, Kano, Kolam Renang dengan tambahan seluncur ombak, Kereta api mini untuk kamu yang ingin berkeliling keliling kampung mini ala Afrika, Kuda Tunggang, Babyi Zoo, Kincir Raksasa, Komedi Putar, Pentas Sirkus, Sirkuit Gocart, Bom Bom Car, Wahan Permainan Anak, Rumah Setan, Kesenian Tradisional dan yang terakhir adalah Pertunjukan Supa di Panggung terbuka Balai Ruyung Safari.

Fasilitas diatas hanya baru ada di taman Safari Indonesia Cisarua Bogor, Untuk Taman Safari Indonesia lainnya juga memilik fasilitas wisana lainnya yang tidak kalah menarik dengan yang di Cisarua Bogor ini.

Harga Tiket Masuk Taman Safari Indonesia

Harga tiket masuk Taman Safari Indonesia untuk satu orangnya adalah Rp 75.000 untuk yang dewasa. Tarif ini berlaku sama baik hari biasa maupun akhir pekan. Untuk karcis mobil anda harus membayar tiket lagi sebesar Rp 15.000. setelah membayar tiket masuk, kamu akan mendapatkan peat rute Taman Safari Indonesia yang bisa dikunjungi ditambah infprmasi mengenai pertunjukan yang berlangsung hari itu.

Jam Buka Taman Safari Indonesia

Jam buka Taman Safari Indonesia adalah mulai dari pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB. Untuk yang ingin berwisata di malam hari Taman Safari buka kembali dari pukul 19.00 – 21.00 WIB.

Kegiatan di Taman Safari Indonesia

Untuk wisata siang hari kamu bisa memakai mobil pribadi, tapi kalau kamu datang di malam hari lebih baik kamu memakai shutle yang sudah disedikan oleh pengelola taman safari karena akan ada pemandu yang mendampingi dan dijamin lebih aman.

Setelah sampai di Zona bebas maka kamu sudah bisa memarkirkan kendaraan kamu dan melanjutkan wisata dengan berjalan kaki sambil menikmati aneka wahana wisata serta hiburan yang ada di taman Safari Indonesia. Sebaiknya kamu datang di siang dan malam hari karena akan kamu rasakan dua sensasi yang berbeda tentunya.

Di zona bebas kamu bisa membeli wortel yang nantinya bisa kamu berikan kepada para gajah. Kegiatan lain yang harus kamu coba adalah naik mobil gantung. Dari mobil gantung kamu bisa menyaksikan dari atas seberas luas dan besarnya sih Taman Safari Indonesia.

Di zona Wild – Wild West, setiap jam 2 siang selalu diadakan pertunjukan koboi. Kamu akan merasakan sensasi yang mendebarkan karena selama pertunjukan berlangsung kamu bisa mendengar jelas Sound Efek pertunjukan dari tribun tempat duduk yang sudah disediakan.

Demikian ulasan mengenai Taman Safari Indonesia yang mendunia karena keberhasilannya dalam mengelola para satwa layaknya hidup di habitat aslinya.