Tempat Liburan Yang Wajib Kamu Singgahi Di Bandung

Berlibur adalah salah satu solusi untuk membuang kejenuhan hari-hari kamu atas rutinitas yang membosankan. Ada macam-macam liburan yang mencoba membuatmu terhibur, mulai dari wahana permainan, mengunjungi gedung-gedung sejarah atau mengunjungi keunikan daerah itu sendiri yang enggak kamu temuin di tempat lain. Salah satunya adalah Kota Bandung. Berikut, Angper akan memberikan informasi tempat liburan yang wajib kamu singgahi di Bandung, di antaranya;

responsive

Baca juga: Maja House Bandung – Resto Wajib Saat ke Bandung

  1. Jalan Braga
Jalan Braga, instagram @alifaslyana

Siapa yang enggak tahun Jalan Braga? Jalan Braga adalah jalan utama Kota Bandung yang sudah akrab dikenal dari zaman colonial Belanda. Di sisi kanan dan kiri jalan ini, terdapat bangunan-bangunan berarsitektur lama pada zaman Belanda. Asli. Jika dulu, jalan ini sangat sepi sampai dinamakan jalan culik karena memang saat itu rawan kejahatan. Tapi, seiring berkembang, jalan ini dijadikan pusat bisnis yang menjual berbagai pakaian, seperti toko-toko butik dan yang enggak kalah menarik adalah penjual lukisan di bibir jalan. Dipamerkan secara langsung di luar ruangan. Nah, katanya, dari tempat inilah pertama kali julukan “Kota Kembang” itu muncul. Karena munculnya hiburan-hiburan malam dan kawasan remang-remang.

  1. Gedung Sate
Gedung sate, instagram @ayudiatna07

Seperti yang kita tahu keunikan dari gedung ini adalah 6 ornament tusuk sate di atas menara sentral atau puncaknya. Eit. Ini bukan di Madura, ya. Hehe. Arsitektur seperti yang terlihat, dibuat oleh orang Belanda yang enggak dipungkiri nuansa klasik dan kerennya. Berarsitektur Indo-Eropa nan eksotis. Gedung Sate dibuat sekitar tahun 1920 dan sampai saat ini masih tegak, kokoh berdiri. Kalau kata orang-orang Bandung, Gedung Sate ini Gedung Putihnya Bandung. Buat kamu yang mengunjungi tempat wisata Kota Kembang satu ini, jangan buang kesempatan untuk masuk ke sini, ya. Dengan mengurus perizinanan yang enggak lama, kamu bisa masuk melihat-lihat isi di dalamnya, antara lain; seperangkat musik, dan lain-lain. Pemandangan Bandung dari lantai 4 gedung ini sangat memanjakan mata.

Gedung Sate berlokasi di Jl. Diponegoro Nomor 22, Bandung.

  1. Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung, instagram @transstudio.bandung

Trans Studio Bandung ini memiliki luas 4,2 hektare sehingga wahana permainan yang diberikan sangat luas dan lengkap di Bandung. Mulai dari wahana permainan yang menantang adrenalin sampai wahana yang seru dimainkan bersama teman atau keluarga. Di Trans Studio Bandung memiliki 20 wahana permainan yang kemudian dipecah lagi menjadi 3 kawasan. Apa aja? Pertama, The Lost City (suasana alam). Kedua, Magic Corner (suasana horror atau mistis). Ketiga, Studio Central (suasana broadway).

Trans Studio Bandung berlokasi di Jl. Gatot Subroto No. 289, Jawa Barat.

Harga tiket masuk:

  • Senin – Jum’at; Rp. 150.000 rupiah
  • Sabtu – Minggu; Rp. 250.000 rupiah
  • Hari Libur; 250.000 rupiah

Jam buka mulai dari:

  • Senin – Jum’at; 10:00 – 21:00 Wib
  • Sabtu – Minggu; 09:00 – 22:00 Wib
  • Hari Libur; 09:00 – 22:00 Wib
  1. Villa Isola
Villa Isola, instagram @nurdiansyah_zang

Tempat liburan satu ini adalah mengunjungi bangunan tua yang berarsitektur Art Deco pada masa Belanda. Luas Villa Isola ini sekitar 1 hektar lebih, yang di sekelilingnya memiliki, antara lain; taman, kolam, kebun anggur dan lain-lain. Membangun Villa Isola menghabiskan dana sekitar 250 milyar. Wow. Namun, karena perkembangan zaman, bangunan ini sudah dibeli dan sekarang menjadi Universitas Pendidikan Indonesia.

  1. Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung, instagram @hilda_silvya

Berwisata ke kebun binatang adalah hal yang mengasyikan dan menyenangkan. Melihat hewan-hewan lucu dan menambah wawasan seputar dunia binatang dan alam. Dulu, ketika masa Jepang, kebun binatang bandung ini memprihatinkan dan enggak terkelola dengan baik. Sehingga pada tahun 1948, ketika Jepang terusir dari Indonesia, kebun binatang Bandung ini dilakukan rehabilitas atau perbaikan sehingga menjadi seperti sekarang. Di kebun binatang Bandung ini ada sekitar 213 jenis satwa dan 79 di antaranya adalah satwa yang dilindungi. Tempatnya sejuk, udaranya seger. Damai. Enggak cuma itu, Kebun Binatang Bandung ini menyediakan wahana permainan juga, seperti; taman bermain anak-anak, flying fox, kolam perahu dan lain sebagainya.

Kebun Binatang Bandung berlokasi di Jl. Kebun Binatang No 6 Taman Sari Bandung Jawa Barat Indonesia.
Harga tiket masuk berkisar mulai dari Rp. 25.000 rupiah (untuk rombongan minimal 30 mendapat diskon 50% bagi pelajar dan 20% bagi orangtua, murid atau pembimbing).
Mulai buka jam 07.00 – 18.00 Wib.

  1. Kebun Strawberry Petik Sendiri
Kebun Strawberry, instagram @tifanaafif

Di sini kamu bisa memetik Strawberry langsung sambil menikmati udara segar dan persawahan kebun the, dan pegunungan yang indah. Tempat wisata satu ini sangat diminati wisatawan, pada hari biasa ada sekita 10 – 20 pengunjung sedangkan pada hari libur, ada sekitar 50-an pengunjung. Ada kurna lebih 7000 pohon strawberry yang ditaruh dalam pollybag. Bau strawberry dan daun basah sangat khas di Kebun Strawberry ini. Membuat kamu nyaman dan tentunya senang.

Kebun Strawberry Petik Sendiri ini bisa kamu temui di Ciwidey, Jawa Barat.
Harga tiket masuk gratis. Kamu hanya membeli strawberry yang kamu petik; Rp. 35.000 – Rp. 45.000/kg.

  1. Saung Angklung Mang Udjo
Saung Angklung Mang Udjo, instagram @citraningputri

Kalau kamu ingin berlibur untuk mengenal music sunda, Saung Angklung Mang Udjo pilihan yang tepat. Di sini kamu bisa belajar memainkan alat music angklung, yang merdu, yang bikin seru. Di sini juga, kamu bisa melihat pertunjukan adat, mulai dari Demonstrasi Wayang Golek, Helaran, Tari Topeng, Angklung Orkestra, bermain angklung dan menari bersama. Enggak cuma itu, jika kamu tertarik dengan alat musik ini, kamu bisa membelinya di sini, seperti angklung, calung, arumba dan lain-lain.

Saung Angklung Mang Udjo bisa kamu temui di Jl. Padasuka No. 118, Jawa Barat.
Mulai buka jam; 07.00 – 17.30 Wib.

Harga tiket masuk;

  • Anak-anak di bawah umur 3th: Gratis.
  • Dewasa (WNI): Rp. 60.000 rupiah
  • Pelajar (WNI): Rp. 40.000 rupiah
  • Dewasa (WNA): Rp. 100.000 rupiah
  • Pelajar (WNA): Rp. 60.000 rupiah

Nah, itulah tadi tempat liburan yang wajib kamu singgahi di Bandung. Jika ada tambahan lain lagi, silakan share di kolom komentar. Terima kasih.