Tempat-tempat Wisata Di Jakarta Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan!

Seperti yang kita ketahui, Jakarta adalah kota yang paling aktif dan sibuk di Negara Indonesia ini. Tapi, di samping itu juga, Jakarta memilki tempat-tempat wisata yang menyenangkan untuk kita kunjungi bersama keluarga, sahabat atau teman-teman. Jadi, buat Anda yang bisa meluangkan waktu sibuknya untuk berlibur di Jakarta, berikut adalah tempat-tempat wisata di Jakarta yang tidak boleh Anda lewatkan versi AngkutKoper.com

responsive
  1. Kandank Jurank Doank

Kandank jurank doank, sumber: instagram @shansan12

Ya, Kandank Jurank Doank memang ditulis dengan huruf “k” bukan “g”. Wisata ini didirikan pada tahun 1993 oleh artis senior, Dik Doank atau bernama lengkap Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denada Kusuma. Pada mulanya Kandank Jurank Doank adalah sekolah bertemakan alam bagi anak-anak sekitar yang kurang mampu. Tapi, sekarang Kandank Jurank Doank (KJD) ini menawarkan beberapa paket outbond, seperti; hiking di sawah, menanam padi, mandiin kerbau, bermain lumpur atau menggambar pemandangan, mendengarkan dongeng dan lain-lain. Jadi, ini adalah salah satu tempat wisata edukatif yang sejuk dan menyenangkan bagi anak-anak. Kandank Jurank Doank berlokasi di Ciputat, Tanggerang Selatan.

  1. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol berlokasi di Jakarta Utara dan didirikan pada tahun 1966. Di sini banyak sekali beragam wisata yang mengasyikan seperti, Pasar Seni Ancol, Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudera, Dufan dan lain-lain. Harga pintu masuk Ancol berkisar 15 sampai 20ribu.

Ancol, sumber: instagram @maria.hestia

Pasar Seni Ancol

Tempat wisata yang cocok buat Kolektor barang seni atau Anda yang sedang mengalami miskin inspirasi. Para seniman Jakarta, ngumpulnya di sini nih. Karena, di pasar seni ini, kita bisa menjumpai kegiatan seni dan kerajinan yang ada di Jakarta. Di Pasar Seni Ancol ini juga, kita bisa dengan mudah menjumpai berbagai Galeri Pameran, berbagai Cinderamata yang keren, lukisan-lukisan, karya seni yang kreatif atau menikmati panggung pertunjukan mengenai seni. Setiap malam Sabtu dan malam Minggu, di Pasar Seni ini rutin menyelenggarakan yang namanya “Night Art Market”. Khusus menjual kreasi lukis kaos dan kreasi lukis batu, serta souvenir karya seniman Pasar Seni Ancol dan beragam kuliner tradisional. Jam Buka Senin-Sabtu; 14.00-21.00 dan Minggu; 10.00-21.00.

Ya, Dunia Fantasi. Ini adalah tempat wisata yang menantang adrenalin Anda. Cocok dikunjungi buat Anda yang ingin seru-seruan bersama keluarga, sahabat atau teman-teman. Di Dufan, ada berbagai macam wahana seru seperti; Kora-kora, Tornado dan Histeria.

  1. Kepulauan Seribu

Kepulauan seribu, sumber instagram @ilacitra

Nah, kalau di sini adalah tempat wisata di Jakarta yang cocok untuk menepi dari berisiknya kegiatan Ibukota. Di Kepulauan Seribu memiliki beberapa pulau dan laut yang indah untuk dinikmati dan dikunjungi, seperti; Pulau Tidung. Di sana kita bisa menikmati keindahan alam mulai snorkeling sampai mengabadikan sunset dan sunrise. Biasanya untuk wisatawan, pemberangkatan kapal dari Marina Ancol ke pulau-pulau itu umumnya pada pagi hari jam 08.00 atau jam 09:00 dan kembali dari pulau-pulau resor menuju Marina Ancol pada jam 13:30 atau jam 14:00, tergantung pulau mana yang ingin kita tuju.

  1. Museum

Mengunjungi museum adalah wisata sejarah yang paling tepat. Museum mengingatkan kita mengenai asal muasal. Menyadarkan dengan telak, setiap hal yang terjadi di masa paling baru punya cerita di masa paling lalu. Museum apa aja yang bisa kita kunjungi sebagai tempat wisata di Jakarta?

Museum wayang jakarta, sumber: tripadvisor.com
  • Museum Wayang

Di masa lalu, tempat ini adalah Gereja tua pada zaman Belanda; VOC. Kira-kira ada 4000 wayang di dalamnya. Mulai dari wayang kulit, golek, topeng dan lain-lain. Lengkap.

  • Museum Fatahillah

Museum ini dibangun sekitar tahun 1707-1710. Berlokasi di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi. Di dalamnya kita bisa lihat peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran. Di museum ini juga, mereka ngabadiin penemuan arkeolog di Jakarta. Jadi, kalau Anda mau tahu budaya Jakarta, tempat yang tepat adalah museum ini. Karena di dalamnya, lengkap mengoleksi tentang budaya Betawi.

  • Museum Bank Indonesia

Di dalam museum ini, kita bisa tahu bagaimana sistem keuangan yang ada di Negara ini dari masa Belanda tempo dulu. Tempatnya nyaman, kok. Ruangan bersih dan ber-AC. Di dalam sini nih, kita bisa nyaksiin gimana peran Bank Indonesia selama di tanah air ini.

  1. Gedung Joang 45’

Gedung joang 45, sumber: instagram @fayrezha24

Ini merupakan museum yang ada di Jakarta. Di dalamnya menyimpan jejak perjuangan Kemerdekaan Indonesia dan peninggalan pada masa pejuang dulu. Di Gedung Joang ini juga menyimpan mobil yang dipakai Presiden dan Wakil Presiden dulu, loh.

  1. Ragunan

Kebun binatang ragunan, sumber: specindo.com

Ragunan berlokasi di Jakarta Selatan. Berdiri sekitar tahun 1864. Dulu, tempat ini pernah sempat ditutup sekitar tahun 2005 karena ada hewan yang terinfeksi flu burung. Tapi sekarang sudah dibuka lagi sekitar tahun 2005 di bulan Oktober. Di Ragunan, kita bisa lihat dan memberi makan berbagai hewan-hewan lucu itu. Cocok jadi tempat berlibur Anda bersama keluarga. Harga tiket masuk Ragunan cukup terjangkau sekali, mulai dari Rp. 3 ribu rupiah untuk anak-anak dan Rp. 4 ribu rupiah untuk orang dewasa.

  1. Masjid Istiqlal

Masjid istiqlal, sumber: instagram @scottharris0412

Masjid Istiqlal ini adalah Masjidnya Indonesia terbesar se-Asia Tenggara. Jadi, jangan sampai terlewat, ya. Bangunan Masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar dengan kubah berdiameter 45 meter dan disanggah 12 tiang besar yang mampu nampung 200ribu jamaah. Masjid ini berlokasi di pusat Ibukota.

  1. TMII (Taman Mini Indonesia Indah)

Keong mas TMII, sumber: sekilasharga.com

TMII berlokasi di Jakarta Timur. Di dalamnya bermacam-macam jenis wisata asik. Dari mulai keagamaan seperti masjid, gereja dan lainnya. Sampai sarana rekreasi untuk anak-anak, orang dewasa, seperti Istana Anak-anak Indonesia, Theater Keong Mas, Thater 4 Dimensi, Aeromovel, Kereta Gantung, Dunia Air Tawar dan Serangga, Aneka Taman, Aneka Museum, PP Ilmu pengetahuan teknologi dan Snowbay. Harga pintu masuk TMII berkisar 15.000rupiah dan harga setiap wahana bermacam-macam. Mulai dari 10 sampai 120ribu. Tergantung wahana yang dipilih.

  1. Lapangan Medan Merdeka

Lapangan medan merdeka, sumber: flickr.com

Medan Merdeka ini masih berlokasi di tengah Jakarta. Ini adalah lapangan pada masa Belanda dulu yang dinamai Lapangan Raja. Lokasi lapangan ini tidak jauh dari monas. Ada banyak orang yang berjualan makanan kecil di sekitar lapangan. Disini kamu bisa bersantai sambil melihat monas dari jarak dekat.

  1. Monas (Monumen Nasional)

Monumen nasional monas, sumber: instagram @rvaldi62

Monas menjadi identitas kota Jakarta. Ikon-nya Jakarta itu Monas dan sebaliknya. Monas adalah syarat terpenting kalau Anda sudah berwisata di Jakarta. Tugu ini dibuka setiap hari, mulai dari jam 09.00 pagi sampai 16.00 sore. Jadi, untuk Anda yang ingin pergi ke Tugu Monas ini, disarankan datang lebih pagi karena waktu tidak begitu lama. Tiket masuk Tugu Monas ini masih berkisar Rp. 10 ribu untuk anak-anak dan Rp. 20 ribu untuk orang dewasa.

Nah, itu dia tempat-tempat wisata di Jakarta yang tidak boleh Anda lewatkan. Semoga liburan Anda lancar dan menyenangkan!