Tengkleng Gajah, Sensasi Makan Tengkleng Porsi Gajah

Tengkleng gajah, Kulier Tengkleng Khas dari kota Jogja. Tengkleng gajah ini bukan tengkleng yang terbuat dari gajah loh ya. Bukan itu bahan utama tengkleng gajah. Bahan utamanya masih daging kambing sama dengan tengkleng pada umumnya. Namun porsinya yang super jumbo itu membuat tengkleng ini dinobatkan menjadi tengkleng gajah.

responsive
Tengkleng gajah, instagram @ridojuliasmanto

Sudah tahu belum nih tengkleng itu apa? Tengkleng itu adalah sejenis sup yang isinya adalah daging kambing, jeroan dan tulang kambing yang dicampur jadi satu. Hampir mirip dengan gulai kambing, namun tengkleng kuahnya lebih encer. Sebenarnya tengkleng ini adalah sajian khas Solo. Namun berkat ukurannya yang tak lazim dan memang tengkleng gajah lokasiny ada di wilayah Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman, jadilah ini sebagai salah satu makanan khas Jogja.

Kuliner Jogja lainnya: Raminten Jogja Bikin Kamu Kangen Jogja

Awal Mula dinamakan tengkleng Gajah

Pada awalnya tengkleng ini adalah tengkleng yang biasa saja. Belum dikenal sebagai tengkleng gajah seperti sekarang ini. Nama warung makannya sebelum menjadi warung makan tengkleng gajah adalah Warung sate kambing Sari Roso Mulyo.

Warung yang berdiri sejak 2006 ini memang hanya menyajikan aneka menu olahan kambing. Kemudian tengkleng yang dijual dengan porsi besar ini mulai menjelma menjadi makanan andalan di warung makan ini karena promo yang dilakukan oleh konsumen dari mulut ke mulut dengan nama tengkleng gajah.

Keunikan Tengkleng Gajah

Selain porsinya yang besar pastinya ada hal lain yang membuat tengkleng gajah begitu terkenal. Apakah itu? Yupst. Bumbu dan cara mengolahnya.

Untuk mengolah tengkleng gajah, daging kambing , jeroan dan tulang kambing akan dimasak dengan bumbu selama 4 jam. Jadi saat kamu makan bumbunya akan sangat terasa dan nikmat sekali.

Tengkleng gajah goreng, instagram @inantqh

Apakah kamu hanya bisa makan saja? Ternyata tidak. Kamu juga bisa menyaksikan langsung cara mengolahnya karena dapurnya memang sengaja dibuat dengan luas sehingga pengunjung bisa melihat langsung nih cara mengolahnya.

Tengkleng gajah yang kamu makan akan selalu dalam keadan top. Disajikan dalam keadaan panas yang menggugah selera. Dagingnya juga masih menempel pada tulang. Untuk memakan sumsum yang ada ditulang kambing, jangan ragu untuk menggunakan tangan anda karena makan dengan tangan langsung akan memberikan anda sensasi yang luar biasa.

Bagi yang tidak suka pedas dan lebih suka makanan yang manis, kami bisa memilih tengkleng goreng atau sate kambing karena di warung makan ini tidak hanya ada tengkleng gajah.

Jam Buka Tengkleng gajah

Warung makan ini biasanya mulai buka setiap pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 21,00 WIB. Untuk hari libur biasanya tutup lebih awal karena memang masakannya sudah habis. Jadi kalau mau menikmati kuliner ini dengan santai dan tidak takut kehabisan datanglah dijam – jam kerja saja. Namun jangan mendekati jam tutup juga, takutnya sudah habis.

Harga tengkleng Gajah

Untuk menikmati satu porsi jumbo tengkleng gajah kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 30.000. untuk menu – menu lain selain tengkleng gajah harga yang ditawarkan untuk setiao menunya adalah Rp 12.000 – Rp 30.000.

Menu – menu lain yang bisa kamu pilih diantarany sate bakar kambing, sate goreng kambing, tongseng kambing dan nasi goreng kambing yang rasanya tidak kalah nikmat dengan tengkleng gajah.

Itulah liputan dan pembahasan mengenai tengkleng Gajah khas Jogja yang porsinya sebesar porsi gajah. Tengkleng gajah bisa kamu jadikan sebagai salah satu makana yang bisa kamu pilih saat berwisata kuliner ke jogja.