Wisata Kuliner Yang Harus Kamu Buru Selama Di Bogor

Di balik tempat wisata yang indah, Bogor juga memilki beraneka ragam kuliner yang membuat penasaran. Di Kota Hujan ini, banyak sekali kuliner yang enggak main-main soal citarasa lezatnya yang ditawarkan. Dan dijamin kita bakal puas dengan suguhan itu. Angper sudah memilih dan menentukan 10 wisata kuliner yang harus kamu buru selama di Bogor, yaitu;

responsive

Artikel terkait: 10 Tempat Wisata Di Bogor Paling Memikat

  1. Pia Aplle-Pie

pia apple pie bogor, instagram @yuricrona

Kuliner satu ini adalah kuliner khas Bogor favorit yang sering dijadikan oleh-oleh wisatawan. Seperti yang kita tahu, Bogor adalah kota yang sering ditimpa hujan. Nah, pia adalah salah satu kuliner yang enak dinikmati saat hujan. Di Pia Apple Pie ini tempatnya memang sederhana, tapi nyaman untuk bersantai. Makanan andalan di sini, tentu saja Pia Apple Pie. Rasanya kuliner satu ini, manis, asem dan segar. Nagih deh. Ada beberapa menu pilihan di Pia Apple Pie ini, seperti; Chees Pie, Chocholate Pie, Strawberry Pie, Black Cofee Pie, Chicken Pie dan lain-lain.

Pia Apple Pie ini berlokasi di Jl. Pangrango No. 19, Bogor.
Harga berkisar mulai dari Rp. 35.000 – Rp. 39.000 rupiah. Jam buka; 07.00 – 21.00 Wib.

  1. Rumah Cupcakes dan BBQ

rumah cupcakes and bbq, instagram @anisnuna

Wisata kuliner ini sudah terkenal di Bogor. Buat kamu pecinta kue, di sini menyediakan berbagai macam kue yang lucu-lucu. Dekorasi tempatnya juga bagus, warna putih yang menyatu dengan warna pink dan lampion-lampion cantik berhasil menambah ruangan jadi tampak ceria. Adalah Rumah Cupcakes dan BBQ sangat cocok untuk perayaan ulang tahun kamu. Di sini, menyediakan beragam menu cake, mulai dari Cashe, Triple Chocho, Strawberry, Blueberry Chees, Blackforest, dan Red Velvet. Juga menyediakan olahan dengan bumbu barbeque, cream soup, macaroon, dan minuman segar.

Rumah Cupcakes dan BBQ berada di Jl. Sanggabuana 4, Bogor. Telp; 0251-8313051.
Harga berkisar mulai dari Rp. 4.500 – Rp. 25.000 rupiah. Jam buka: 07.00-22.00 Wib.

  1. Toge Goreng Hj. Omah

toge goreng hj omah, instagram @adjiehadipriawan

Toge satu ini enggak seperti yang kamu kira. Makanan satu ini dibuat bukan dengan cara menggoreng toge. Tapi, toge direbus kemudian diirisi potongan ketumpat yang lembut, mie dan tahu kuning dan terakhir disausi toge goreng yang khas dari yang lain. Cara memasaknya masih sederhana, yaitu menggunakan tungku kayu besar dan wajan yang masih dari tanah. Tapi, dengan cara itulah, makanan yang dihasilkan sangkat khas dan nikmat. Rasanya asam tomat segar, pedas menjadi satu leleh di lidah kamu. Mantap! Toge Goreng Hj. Omah ini menyediakan minuman es cendol segar.

Lokasinya di Jalan Jend. Sudirman No. 23 A, Pabaton, Bogor.
Harga berkisar mulai dari Rp. 5.000 – Rp. 12.000 rupiah.

  1. Asinan Gedung Dalam

asinan gedung dalam, instagram @melanyusuf

Asinan satu ini adalah asinan legendaries yang ada di kota Bogor sejak tahun 1978. Tempat ini, enggak pernah terlewati wisata kuliner domestik atau mancanegara. Asinan ini terbuat dari buah-buahan yang masih sangat segar, seperti Anggur Bogor, Kemang, Gandaria, Jambu, Pepaya, Mangga, Bengkoang, Salak Bali dan buah-buahan lainnya. Enggak cuma dari buah, di sini juga menyediakan asinan yang terbuat dari sayuran segar, seperti; kol, lokyu, kimci, toge dan lain-lain. Rasanya pedas sekaligus asam. Tapi, buat kamu yang ingin ke sini, harus sabar mengantri. Karena, setiap harinya Asinan Gedung Dalam ini ramai dikunjungi para wisatawan kuliner. Asinan ini bergizi dan menyehatkan, loh.

Asinan Gedung Dalam berlokasi di Jalan Siliwangi No.27 C, Bogor, Jawa Barat.
Harga berkisar mulai dari Rp. 15.000 saja. Jam buka; 07.00 – 19.00 Wib.

  1. Bapatong (Bakso Kupat Gentong)

bakso kupat gentong bapatong, sumber: makanmakan.com

Bapatong atau kepanjangan dari Bakso Kupat Gentong ini adalah kuliner Bogor yang banyak diminati. Yang berbeda dari bakso pada umumnya, Bapatong ini disajikan dengan potongan dadu ketupat ditambah daging iga sapi yang membuat citarasanya bertambah. Kuah yang dihasilkan menjadi harum, gurih dan segar. Ketupatnya pun sangat lembut ditambah bakso yang khas karena dibuat sendiri dengan resep legendaris. Enggak cuma itu, di sini menyediakan bakso bbq, mie ayam panggang dengan toping krim keju panggang.

Bapatong dapat ditemukan di Jl. Taman Kencana Bogor atau Jl. Pangrango No. 1, Bogor.
Harga berkisar mulai dari Rp. 15.000 saja. Jam buka; 09.00 – 21.00 Wib.

  1. Cungkring Pak Jumat

cungkring pak jumat, instagram @makanberdua

Lucu, ya, namanya. Cungkring adalah kuliner yang terbuat dari kikil dan bagian kepala sapi yang dimasak dengan bumbu kuning yang khas kemudian ditaburi bumbu kacang. Cungkring atau makanan yang hampir mirip sate ini sangat digemari warga Bogor. Makanan ini cocok sebagai teman nasi ketan putih yang dicampur kelapa parut dengan oncom atau tempe. Rasa kenyalnya sangat khas dilidah, ditambah bumbu kacang dan kepala sapi gurih yang nyatu.

Cungkring bisa kamu temui di Jl. Surya Kencana Bogor, Gang Aut.
Harga berkisar mulai dari Rp. 7.000 saja. Jam buka; 07.00 – 22.00 Wib (Jika belum habis).

  1. Macaroni Panggang Bogor

macaroni panggang bogor, instagram @denythio7

Kuliner satu ini enggak asing lagi di telinga orang-orang Bogor. Karena, inilah salah satu ikon kota Hujan itu. Macaroni seperti pasta dari Italia. Macaroni ini dibalut dengan keju panggang yang harum. Rasanya gurih, asin dan renyah saat dimakan, tapi ketika dimulut, keju-kejunya meleleh. Ada tiga ukuran di tempat ini, antara lain; Macaroni Kecil, Macaroni Medium dan Macaroni Jumbo. Selain Macaroni, tempat ini menyediakan menu lain, seperti; iga bakar, ayam bakar, nasi goreng spesial, nasi timbel peda bakar, lontong sayur dan lain-lain.

Macaroni Panggang Bogor berada di Jl. Salak No. 24 (di depan Taman Kencana Bogor)
Harga berkisar mulai dari Rp. 18.000 – Rp. 172.000 rupiah. Jam buka; 07.00 – 22.00 Wib.

  1. Bir Kotjok Bogor

Bir kotjok bogor, instagram @kakefoodie

Eit… bir satu ini enggak mengandung alkohol, ya. Bir satu ini malah menyehatkan dan menyegarkan tubuh kita. Karena, kuliner satu ini terbuat dari bahan rempah-rempah, seperti; jahe, kayu manis dan gula aren. Seperti namanya, Bir Kotjok Bogor ini dibuat dengan cara dikocok hingga berbusa seperti minuman alkohol pada umumnya. Lebih nikmat disajikan dengan penambahan es agar makin segar.

Bir Kotjok Bogor bisa kamu temukan di Gang Suryakencana.
Harga berkisar mulai dari Rp. 3.000 – Rp. 10.000 rupiah saja.

  1. Sop Buah Pak Ewok

Sop buah pak ewok, instagram @ersiyoma

Kata Owner-nya kalau ada yang tanya tentang kuliner satu ini jawabannya adalah “segar, enak dan murah!” Dan semua yang sudah mencicipi setuju dengan itu. Yang membedakan Sop Buah Pak Ewok dengan sop buah pada umumnya adalah karena dibuat dari potongan nangka, strowberi, jambu biji, anggur, semangka, melon, apel, pir, mangga, alpukat, kelapa muda dan konyal. Konyal itu seperti sejenis Markisa. Ditambah berbagai pilihan kuah yang terbuat dari suu, jeruk, yoghurt dan durian. Enggak cuma itu, di sini juga menyediakan pempek, batagor, nasi timbel, nasi ayam, otak-otak, siomay, mie ayam hamur, roti, sate ayam, iga bakar dan lain-lain.

Sop Buah Pak Ewok berlokasi di Jl. Tunggul No. 5, Taman Kencana Bogor.
Harga berkisar mulai dari Rp. 8.000 – Rp. 13.000 rupiah.

  1. Pizza Kayu Bakar Kedai Kita

Pizza kayu bakar kedai kita, instagram @krizz_k

Keunikan pizza satu ini adalah cara memasaknya dibakar dengan menggunakan kayu dalam sebuah tungku. Yang mana citarasa yang dihasilkan menjadi berbeda dari pizza pada umumnya. Aromanya lebih wangi dan rasanya lebih gurih. Ukurannya juga memang agak besar karena terdiri dari 7 potong pizza yang ditaburi banyak keju.

Pizza Kayu Bakar Kedai Kita dapat kamu jumpai di Jalan Pangrango No. 21, Bogor.
Harga yang ditawarkan berkisar mulai dari Rp. 60.000 rupiah yang sebanding dengan kenikmatan rasanya.

Nah, mana yang ingin kamu cicipi lebih dulu?