Pantai Baron, Melihat Air Laut dan Air Tawar Yang Bersahabat

Apa yang dimaksud melihat air laut dan air tawar yang bersahabat? Sebelum kami jelaskan tentang itu, kita bahas terlebih dulu mengenai Pantai Baron ini.

responsive

Pantai ini berada di kawasan Gunung Kidul. Seperti yang kita tahu, Gunung Kidul emang sudah cukup tenar menghadiahkan panorama alam yang bikin kita nahan napas sejenak karena kekaguman dan terpukau sekaligus. Salah satunya adalah Pantai Baron ini.

Pantai Baron ini berasal dari sebuah nama seorang bangsawan di zaman dahulu yang pernah mendaratkan kapalnya di pantai ini, yaitu Baron Skeber. Meskipun di Pantai Baron ombak cukup besar dan berbahaya, kamu tetap diperbolehkan berenang sepuasnya asalkan enggak melebihi garis pembatas yang telah dipasang dan diperingatkan. Bagi kamu yang gemar bermain surfing atau menyelam, pantai Baron cukup menjanjikan keindahan yang luar biasa.

Saat kamu menginjakkan kaki di hamparan pasir yang lembut di bibir pantai ini, kamu bakal melihat perahu-perahu nelayan yang biasa dipakai untuk mencari ikan. Enggak heran, kalau pantai Baron ini adalah tempatnya penjualan ikan yang paling banyak diburu wisatawan karena kualitas ikan dan harga. Di tempat ini terdapat TPI, yaitu tempat pelelangan ikan.

Selain harga yang terjangkau dan kualitas ikan masih segar yang bisa kamu temui dan beli di sini, jangan lupa untuk menikmati panorama dan sajian seafood segar, seperti olahan lobster, ikan bawal, ikan kakap, ikan tongkol dan lain sebagainya yang ada di sekitar pantai. Soal rasa, sudah enggak ada yang bisa dikomentari selain menggugah selera. Banyak tempat makan yang bisa kamu pilih, lengkap dengan menu khas tradisionalnya.

Pantai baron jogja, instagram @windybrmntio

Di sisi kanan dan kiri pantai ini terdapat perbukitan hijau yang mengapit. Di bukit itulah kamu bisa membuat perkemahan, trekking, lintas alam atau berpetualang sambil menikmati suasana alam Pantai Baron. Lebih cantik lagi jika pada malam hari. Dari atas sana, kamu bisa melihat pemandangan laut pantai Baron, debur ombak yang menggetarkan sampai ke dada dan perahu-perahu yang berjejer rapih dengan hamparan buih pasir yang pindah ke langit alias bintang. Tetapi, untuk sampai ke sini kamu mesti hati-hati, karena melewati jalan yang terjal dengan banyak bebatuan karang. Berani dengan tantangannya?

Hal Paling Menarik Di Pantai Baron

Ada tempat menarik yang bakal bikin kamu terpukau dan mensyukuri Maha Indah Karya yang Tuhan ciptakan. Ini yang saya sebut dengan melihat air laut dan air tawar yang bersahabat tadi. Maksudnya, di sini kamu bisa melihat pertemuan air laut dan air tawar. Terang dan jelas. Pertemuan antara air laut dan air tawar itu mungkin enggak bisa kamu temui di tempat lain. Warna air laut biru yang jernih dengan warna air sungai yang kecoklatan saling bertemu dan bersisian yang terlihat jelas perbedaannya. Ambil foto terbaik kamu untuk mengabadikan moment itu dan selalu ingat untuk menjaga kebersihan serta apa yang telah Tuhan ciptakan. Jangan buang sampah sembarangan, ya. Menurut mitos, bagi dua orang dari status dan golongan berbeda bisa bersatu. Percaya?

Baca Juga: Menyimak Kehidupan Pelukis Paling Diakui Se-Dunia di Museum Affandi

Kebiasaan Nelayan Setiap Tahun Di Pantai Baron

Jika kamu penasaran dengan apa yang dilakukan nelayan setiap tahunnya, datanglah ke sini pada bulan Syuro (baca; nama bulan pada kalender Jawa). Para nelayan akan melakukan upacara yang dinamakan upacara sedekah, yaitu sebuah bentuk rasa syukur atas rejeki yang Tuhan berikan kepada mereka selama satu tahun penuh. Khususnya, hasil tangkapan laut.

Fasilitas Yang Disediakan Pantai Baron

Ada beberapa sarana pendukung untuk memudahkan kamu saaat berwisata ke pantai Baron ini, antara lain; camping ground, hotel atau pengingapan dengan harga terjangkau, pemancingan ikan, restaurant atau rumah makan, tempat parikir yang luas, toko-toko cinderamata atau oleh-oleh pantai Baron, wahana bermain anak, perahu mesin dan lain sebagainya.

Harga Tiket Masuk Pantai Baron

Harga tiket masuk objek wisata satu ini cukup terjangkau, yaitu;

Per orang; Rp. 5.000 rupiah saja (sudah termasuk deretan pantai lainnya; Pantai Sundak, Pantai Krakal dan Pantai Kukup).

Parkir motor; Rp. 1.000 rupiah.

Parkir mobil; Rp. 2.500 rupiah.

Lokasi Pantai Baron

Pantai Baron bisa kamu temui di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta – Indonesia. Sekitar 65 km dari arah Jogja.

Kalo kamu dari stasiun tugu Jogja ke pantai ini bisa dengan; bus Transjogja trayek 1 A – shelter Bandara Adisucipto – pindah jalur bus ke trayek 2 B – Terminal Giwangan – naik bus jurusan Jogja Wonosari (lama waktu sekitar 1 – 2 jam) – Sampai di Wonosari, naik minibus atau angkutan umum jurusan Pantai Baron. Sampai.

Jalan menuju Pantai Baron memang cukup melelahkan dan harus melewati jalanan yang berkelok-kelok. Tapi, kamu bakal ditemani dengan pemandangan alam seperti, bukit-bukit hijau, lanskap yang indah dan persawahan penduduk yang bikin perjalanan kamu enggak terasa.

Jadi, bagaimana menurut kamu? Tertarik pergi ke objek wisata satu ini? Angkut kopermu dan temukan keindahannya…